Sandiaga Uno terus mengeksplorasi ekowisata, wisata alam dan budaya - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga Uno terus mengeksplorasi ekowisata, wisata alam dan budaya

Suara.com – Workshop Pengembangan Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia (KaTa) mengunjungi Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Uno fokus pada pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) di provinsi yang menjadi ibu kota nusantara (IKN).

Kukar menjadi lokasi ke-23 workshop tersebut. Kukar memiliki kualitas dan kreativitas yang sangat potensial bagi perkembangan seni budaya. Selain itu, pada tahun 2019, Kukar masuk dalam ekosistem industri kreatif oleh penilaian mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PMK3I), dengan subsektor industri kreatif unggulan adalah seni pertunjukan.

Sandi mengungkapkan Kukar dinobatkan sebagai salah satu dari 10 kabupaten/kota kreatif di Indonesia tahun 2019. Berdasarkan data Kemenparekraf/Baparekraf, Sandi mengatakan, hingga Minggu (24/7), baru 21 kabupaten/kota yang mendapat predikat kota kreatif/penunjukan pemerintah, dan salah satunya Kutai Kartanegara. Banyak seni pertunjukan Rock In Borneo yang bertaraf internasional.

“Dan hari ini ada TIFAF (Tenggarong International Folk and Arts Festival). Ada film animasi dan video dan banyak dari mereka. Juga dirilis film Ayahku Pulang yang pernah masuk nominasi Film Terbaik Kedua Festival Film Indonesia. Juga film Ranam yang masuk nominasi Festival Film Negara Prancis,” kata Sandi.

Baca juga: Perhatian! Ini 4 Tips Menjadi Pengusaha Sukses ala Menparekraf Sandiaga Uno

Dalam kesempatan ini, Sandi juga memaparkan program Indonesian Tourism Village Award (ADWI). Hal ini merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk merevitalisasi perekonomian nasional melalui sektor pariwisata dan industri kreatif.

“Di tengah pandemi, kunjungan wisatawan ke Bali bisa menurun. Namun untuk desa wisata meningkat 30 persen. Mengapa? karena menciptakan kegiatan ekonomi, produktif dan kreatif, serta memelihara budaya masyarakat,” jelas Sandi.

Sandi mengungkapkan, muncul desa liburan kelas atas dari program tersebut. Seperti desa wisata terbaik dunia tahun 2021 yaitu Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul. Ada desa liburan terbersih di dunia. Yaitu Desa Wisata Penglipuran dari Bangli di Provinsi Bali.

“Jadi dengan cara ini kita bisa mempromosikan pengetahuan budaya lokal. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk membantu para pelaku industri kreatif untuk berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Jadi memiliki nilai tambah yang banyak,” kata Sandi.

Sandi mengatakan kepada tim media bahwa pihaknya telah menerima banyak aspirasi dari para pelaku kreatif dan kreatif. Salah satunya mengharapkan pemerintah memberikan solusi yang berkelanjutan. Oleh karena itu, ada beberapa pendekatan pemerintah untuk menghadapi situasi krisis pangan dan energi dengan aktor-aktor kreatif dan imajinatif.

Baca Juga: Dorong Ekonomi, Sandiaga Uno Bawa 2 Mitra ke Desa Wisata Warna-warni Tigarihit

“Tinggalkan kompetisi, dapatkan kolaborasi. Kutai Kartanegara dikaruniai kekayaan alam yang melimpah oleh Allah SWT. Namun, kita harus memastikan pengelolaannya dengan pendekatan komprehensif yang bermanfaat bagi masyarakat, usaha mikro, kecil dan menengah serta industri kreatif,” kata Sandi.

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button