Properti Wisata Candi Prambanan, nikmati kemegahan candi peninggalan Hindu terbesar di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Properti Wisata Candi Prambanan, nikmati kemegahan candi peninggalan Hindu terbesar di Yogyakarta

Properti Wisata Candi Prambanan, nikmati kemegahan candi peninggalan Hindu terbesar di Yogyakarta

JURNALACEH.COM- Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pembangunan candi ini diperkirakan dimulai pada pertengahan abad ke-9 dan dibangun oleh Raja Dinasti Sanjaya, Raja Balitung Maha Sambu.

Hal itu dibuktikan dengan isi prasasti Syiwaghra yang ditemukan di sekitar Candi Prambanan dan kini tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

Diketahui dari prasasti bahwa pembangunan candi ini bertujuan untuk memuliakan 3 dewa Trimurti dalam agama Hindu yaitu Dewa Wisnu, Brahma dan Siwa.

Baca Juga: Liburan di Sumedang, Jangan Lewatkan Wisata Populer Ini

Keistimewaan candi ini adalah konstruksinya yang berpijak pada tradisi arsitektur Hindu kitab Wastu Sastra, yaitu pembangunan candi menurut pola mandala khas Hindu dan tinggi.

Candi Prambanan memiliki bentuk yang mengikuti Gunung Mahameru yang suci, yang konon merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Model kompleks itu sendiri juga mengikuti alam semesta, yang dalam agama Hindu dibagi menjadi beberapa lapisan, yaitu tanah, alam, atau lokalitas.

Bangunan candi ini memiliki 3 candi utama yang melambangkan Trimurti agama Hindu yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa.

Selain 3 candi induk, juga terdapat 277 candi yaitu 3 candi Wahana, 2 candi Apit, 4 candi Kelir, 4 candi Patok dan 224 candi Perwara. Jadi total jumlah candi yang ada di kompleks candi Prambanan adalah 240 candi.

Candi ini oleh UNESCO dianggap sebagai salah satu Situs Warisan Dunia di Indonesia. Hal ini karena kemegahan dan keindahan yang dimiliki candi berusia ratusan tahun ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button