Pada hari terakhir liburan sekolah, arus lalu lintas di Lembang menuju objek wisata Bandung padat - WisataHits
Jawa Barat

Pada hari terakhir liburan sekolah, arus lalu lintas di Lembang menuju objek wisata Bandung padat

Pada hari terakhir liburan sekolah, arus lalu lintas di Lembang menuju objek wisata Bandung padat

Laporan wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT – Pada hari terakhir libur sekolah, Minggu (08/01/2023), kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sejumlah ruas jalan dari Lembang hingga Kota Bandung macet karena banyak wisatawan yang kembali ke tempat asal setelah berlibur bersama anak-anaknya di sejumlah tempat wisata.

Kemacetan terjadi di sekitar Pasar Panorama Lembang dan jalan-jalan utama seperti Beatrix Junction serta kawasan objek wisata Farmhouse Lembang dan The Great Asia Africa (TGAA).

“Arus lalu lintas pada hari terakhir libur panjang di Lembang mengalami peningkatan. Untuk mengurangi kepadatan, kami menerapkan teknologi kendaraan di jalur utama,” kata Kapolres Lembang Kompol Hadi Mulyana, Minggu (1/8/2023).

Menurut dia, kemacetan terjadi pada sore hari karena wisatawan sudah meninggalkan Lembang dan sekitarnya untuk kembali ke tempat asalnya, sehingga arus lalu lintas meningkat.

Baca Juga: Terlibat Korupsi Aset Desa Senilai Rp 30 Miliar, Kepala Desa Cibogo Lembang Diberhentikan

“Untuk mengurai kemacetan, anggota Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi melakukan penertiban buka tutup agar kendaraan tidak macet,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengoptimalkan beberapa jalur alternatif menuju Kota Bandung karena kondisi lalu lintas di jalur alternatif seperti Punclut dan Dago Giri yang padat dan lancar.

“Bagi masyarakat yang keluar Lembang, kami ingatkan untuk berhati-hati karena siang ini cuaca sedang dilanda gerimis,” kata Hadi.

Humas Floating Market, Intania Setiati mengatakan, sejak libur Natal dan Tahun Baru 2023 hingga libur sekolah dalam satu hari, ribuan wisatawan menyerbu objek wisata Pasar Terapung.

Baca Juga: Wisata Religi Sejarah di Pulau Penyengat Kepualan, Riau, Ada Masjid Unik Berbahan Albumen

“Ada peningkatan 30 persen wisatawan karena cuacanya bagus sekarang juga,” katanya.

Kunjungan wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru serta liburan sekolah, kata Intan, selama ini didominasi wisatawan dari luar seperti Jakarta, Bogor, Depok, dan Karawang.

“Bahkan ada yang dari Sumatera dan Jawa Tengah. Tapi Jabodetabek masih mendominasi,” kata Intan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button