Oleh-oleh Khas Purwakarta, murah dan terpopuler - WisataHits
Yogyakarta

Oleh-oleh Khas Purwakarta, murah dan terpopuler

INSIDENCE24.COM-Purwakarta tidak hanya memiliki beragam destinasi wisata populer yang membuat penasaran untuk dikunjungi. Namun kabupaten di Jawa Barat ini juga memiliki kuliner dan oleh-oleh yang lezat untuk ditawarkan.

Saat Anda berkunjung ke kota Purwakarta, jangan lupa untuk mampir ke berbagai toko suvenir atau mall untuk membeli oleh-oleh lezat ini.

Jika Anda penasaran dengan oleh-oleh khas Purwakarta, berikut daftarnya yang dikutip dari tempatwisataseru.com:

semprong

Disebut kue semprong karena bentuknya yang menyerupai semprong. Untuk membuat kue semporng ini unik, adonan tepung beras ditempatkan dalam cetakan, setelah itu dijepit hingga berbentuk pipih, kemudian bisa langsung dipanggang dengan oven atau arang.

ke samping

Meski sudah ada sejak lama, namun masih banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini. Simpingnya berbentuk bulat dan pipih dengan tekstur hampir menyerupai kerupuk opak dengan rasa gurih.

Simping Kencur (cikur), jajanan khas Purwakarta ini bisa dijadikan oleh-oleh. Camilan ringan dan renyah yang terbuat dari campuran tepung tapioka, tepung plus bumbu dan berbagai bumbu rasa.

Selain permintaan pasar yang cukup baik, jajanan tersebut dibuat dengan berbagai rasa, mulai dari rasa simping seperti Durian, Pandan, Strawberry, Cokelat, Nangka, Keju, Cabai dan simping rasa asli Kencur.

Kerupuk yang malang

Disebut “kerupuk kerupuk” karena menggunakan pasir pantai yang sudah dicuci sebagai pengganti minyak goreng untuk menggorengnya.

Meski namanya kerupuk jelek, bukan berarti bentuknya tidak menarik, karena kerupuk ini memiliki warna yang sangat bagus dan terbuat dari olahan tepung aci yang dibentuk bulat memanjang setelah diiris tipis-tipis. sudah siap untuk digoreng.

rengginang

Rengginang terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dibentuk menjadi bentuk bulat pipih, setelah itu di jemur. Terakhir goreng rengginang dalam minyak panas dan siap dihidangkan.

Meski mudah ditemukan di kota-kota lain, Rengginang kini juga menjadi salah satu komoditas kuliner unggulan di Purwakarta. Bahkan bagi warga sekitar, rengginang digunakan sebagai kue saat lebaran atau sebagai camilan di pesta pernikahan dan sebagainya.

Salak Pusaka Mulya

Jika di daerah Jogja dan Jawa Tengah banyak terdapat varietas Salak Pondoh, maka di daerah Purwakarta banyak terdapat tanaman Salak Purwakarta.

Untuk rasa dari buah salak pusaka ini lebih gurih dan nikmat jika disantap dengan ukuran yang lebih kecil dari jenis salak lainnya.

Gula Cikeri

Gula cikeris ini terbuat dari nira aren dan setelah lama direbus ditambahkan campuran gula pasir dan dibentuk seperti gulali, kemudian dibentuk dengan bambu dan dibiarkan kering.

Karena terbuat dari nira aren, sudah pasti gula cikeris ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti: B. Mendukung kesehatan pencernaan dan pembuluh darah. Selain berbagai khasiat yang dikandungnya, gula cikeris ini memiliki aroma dan rasa yang nikmat.

Jadi oleh-oleh khas Purwakarta yang murah dan juga populer, silahkan pilih makanan lezat ini untuk dibawa pulang.***

Source: www.insiden24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button