Kemenparekraf mengadakan perjalanan keluarga influencer India untuk meningkatkan kunjungan wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Kemenparekraf mengadakan perjalanan keluarga influencer India untuk meningkatkan kunjungan wisatawan

KONFERENSI PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF

Kemenparekraf mengadakan perjalanan keluarga influencer India untuk meningkatkan kunjungan wisatawan

Jakarta, 7 Agustus 2022 – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Familiarization Trip (Famtrip) bagi para influencer dari India untuk menjaring lebih banyak wisman ke Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dalam keterangannya, Sabtu (6/6/2022) di Jakarta bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye promosi untuk mendongkrak pariwisata di Indonesia. negara.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai tujuan utama wisatawan asal India,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Regional Tourism Marketing Director I Agustini Rahayu menambahkan, fam trip tersebut dilaksanakan pada tanggal 4-10 Agustus 2022 dengan delapan influencer yang terdiri dari empat selebriti/influencer dan empat crew sebagai peserta fam trip.

“Kemenparekraf bersama Visit Indonesia (VITO) Tourism Officer di New Delhi dan Mumbai membawa para influencer ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia dari India. Wisatawan India menjanjikan, pasarnya ada, maka destinasinya sangat siap,” katanya.

Wisatawan India telah menjadi fokus pasar sejak 2016. Sebelum pandemi COVID-19, India adalah salah satu pasar dengan peningkatan jumlah wisatawan tahunan tertinggi. Pada 2016, jumlah wisatawan India mencapai 353.444 orang. Jumlah ini terus meningkat pada tahun 2017 dan 2018, mencapai 657.300 orang pada tahun 2019.

Para peserta famtrip, kata Agustini Rahayu, akan mengunjungi beberapa destinasi dari Jakarta, Yogyakarta, dan Bali dengan mengedepankan poin utama yaitu destinasi kuliner, budaya, kesehatan, dan bulan madu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye promosi #ItsTimeforBali dan bertujuan untuk menjaga Bali sebagai destinasi pariwisata unggulan.

“Upaya ini sekaligus memperkenalkan potensi wisata Indonesia lainnya kepada wisatawan asal India. Selain Bali, peserta juga akan menjelajah Jakarta dan Yogyakarta,” ujarnya.

Di Jakarta, para influencer ditawarkan urban tour yang merepresentasikan bisnis modern dan pusat perbelanjaan, sedangkan Yogyakarta menawarkan wisata budaya dan alam sebagai atraksi.

Foto dan video yang dihasilkan oleh peserta Famtrip tidak hanya akan diunggah oleh mereka tetapi juga digunakan sebagai salah satu bahan promosi dalam kegiatan kerjasama promosi terpadu untuk pasar India yang direncanakan pada September 2022.

Pelaksanaan fam trip to work di pasar India kali ini merupakan bentuk kerjasama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif dengan berbagai mitra, antara lain mitra co-branding Wonderful Indonesia antara lain AirAsia, Potato Head Village, Plataran Borobudur, Caspla Pesiar, Taman Rahasia, dan Finlandia.

“Mereka mendukung dan menyambut baik pelaksanaan fam trip ini karena mereka yakin dapat menjadi upaya kolektif yang efektif untuk meningkatkan kesadaran, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan untuk memilih destinasi Indonesia sebagai destinasi wisata,” kata Agustini Rahayu.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Dinas Perhubungan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Source: kemenparekraf.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button