Nikmati wisata candi di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Nikmati wisata candi di Jawa Tengah

Indonesia merupakan negara dengan banyak peninggalan sejarah berupa candi-candi yang tersebar di berbagai tempat. Di Jawa Tengah misalnya, ada sejumlah candi yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Kuil-kuil ini adalah saksi bisu kehidupan masa lalu yang perlu dilestarikan. Berikut adalah beberapa candi untuk menambah daftar wisata sejarah untuk liburan Anda.

Candi Borobudur

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah adalah candi terbesar di Indonesia dan situs budaya pertama di Indonesia yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia.

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Dunia (UNESCO) memiliki alasan untuk memasukkan Candi Borobudur ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. Diantaranya, candi ini merupakan candi Budha terbesar di dunia. Selain itu, candi yang terletak sekitar 40 kilometer barat laut Yogyakarta ini dikenal memiliki nilai pendidikan dan religi yang tinggi, khususnya bagi agama Buddha Mahayana.

Hingga saat ini, cagar budaya yang juga menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Indonesia ini masih digunakan sebagai tempat ziarah agama Buddha. Pada 11 Februari 2022, pemerintah secara resmi mendeklarasikan candi ini sebagai tempat ibadah massal bagi umat Buddha di Indonesia dan di seluruh dunia.

Selain fungsinya sebagai tempat pemujaan, Candi Borobudur patut dikagumi. Ada berbagai cara untuk menikmati keindahan dan keagungan candi ini. Selain melihat secara detail batu andesit yang menjadi bahan penyusun struktur candi, pengunjung juga bisa menikmati suasana di kawasan Taman Lumbini.

Selain melihat lebih dekat candi terkenal ini, kita juga bisa menjelajahi kawasan sekitar Candi Borobudur dengan menggunakan kereta atau sepeda. Udara sejuk dan pepohonan hijau yang diselingi persawahan menambah pengalaman liburan bersama keluarga atau orang tersayang.

Tak kalah menarik, keindahan Candi Borobudur juga bisa kita lihat saat kita berkunjung ke Punthuk Setumbu. Bukit di desa Karangrejo di kabupaten Borobudur berjarak sekitar 4 kilometer dari candi yang terkenal ini.

Di atas bukit kita bisa melihat betapa indahnya Candi Borobudur yang diselimuti hijaunya alam sekitar. Tak heran jika objek wisata ini menjadi salah satu lokasi syuting Ada apa dengan cinta 2.

Cara lain yang tak kalah menarik untuk menikmati keagungan Candi Borobudur adalah dengan mengikuti Borobudur Marathon. Lomba lari ini berlangsung pada 13-12-12. November 2022 dengan motto “Lebih Kuat Menuju Kemenangan”. Selain rute yang menantang, pelari juga disuguhi pemandangan alam pedesaan yang menakjubkan.

Candi Pawon dan Candi Mendut

Nikmati wisata candi di Jawa TengahCandi Pawon, Magelang, Jawa Tengah

Selain Candi Borobudur, Magelang memiliki sejumlah candi lainnya antara lain Candi Pawon dan Candi Mendut. Candi Pawon berjarak sekitar 2 km dari Candi Borobudur dan 1 km dari Candi Mendut.

Candi Pawon berbentuk persegi dan didirikan pada abad ke-8 Masehi. Proses pembangunannya konon bertepatan dengan pembangunan Candi Borobudur.

Nikmati wisata candi di Jawa TengahCandi Mendut, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut diperkirakan dibangun pada abad ke-9 sebelum Candi Borobudur dan Candi Pawon. Candi di desa Mendut ini dihiasi dengan ornamen menarik berupa ukiran makhluk surgawi. Ada juga sejumlah relief dengan cerita yang layak didengar.

Garis lurus letak ketiga candi tersebut menimbulkan kecurigaan bahwa candi-candi tersebut berkerabat dekat.

Candi Prambanan

Selain candi Budha, ada juga Candi Prambanan di Jawa Tengah. Meskipun gerbang administrasi terletak di Jawa Tengah, kompleks candi secara keseluruhan terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sama seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Candi ini merupakan situs warisan budaya Hindu terbesar di Indonesia.

Kuil yang diyakini dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 ini menawarkan pemandangan yang mengesankan. Tak heran jika candi yang terletak di pinggir jalan raya Yogyakarta-Solo ini menjadi objek wisata idaman baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kawasan kompleks candi terdiri dari tiga bangunan utama yang melambangkan Trimurti, yaitu Candi Siwa (tengah), Candi Brahma (selatan) dan Candi Wisnu (utara). Pada hari-hari tertentu, pengunjung tidak hanya dapat menikmati bangunan candi, tetapi juga menikmati berbagai pertunjukan seni. Biasanya penonton yang ingin melihat special show harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Nikmati wisata candi di Jawa TengahCandi Prambanan, Jawa Tengah.

Candi Plaosan

Dibangun pada abad ke-11, Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Peninggalan sejarah ini sangat menarik karena meskipun merupakan candi Budha, bangunannya memadukan arsitektur Budha dan Hindu.

Kompleks Candi Plaosan terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kompleks Candi Plaosan Lor (Utara) dan Kompleks Candi Plaosan Kidul (Selatan). Jika diperhatikan lebih dekat, patung-patung di candi ini mirip dengan yang ada di candi Buddha lainnya seperti Candi Borobudur dan Candi Sewu yang berjarak sekitar 800 meter dari Candi Prambanan.

Ada banyak candi lain di Jawa Tengah. Namun perlu diingat bahwa saat berkunjung ke pura yang juga merupakan tempat peribadatan ini, Anda harus mengikuti semua peraturan yang berlaku untuk menjaga kenyamanan dan kelestarian bangunan bersejarah tersebut.

Baca Juga: Perhatikan Etika Saat Berkunjung ke Candi Borobudur

B Adi Yuwono 4 November 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button