7 Tur Hungaria yang Mungkin Membuat Anda Terpesona - WisataHits
Jawa Tengah

7 Tur Hungaria yang Mungkin Membuat Anda Terpesona

Gaya hidup VIVA – Kota Ungaran merupakan ibu kota Kabupaten Semarang yang kesemuanya berpusat di kota ini. Selain itu, Ungaran juga merupakan pusat industri menengah hingga besar, jadi tidak heran jika di sini Anda sering menemukan pabrik.

Letak Kota Ungaran juga bisa dibilang strategis karena berada di jalur utama Semarang-Solo dan Yogyakarta. Hal ini pula yang membuat Ungaran mendapat julukan “Kota Seribu Restoran”. Ada banyak restoran di sepanjang rute.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Hungaria yang telah dirangkum Viva untuk Anda yang pasti akan membuat Anda terkesan dan takjub!

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo.

Nama Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa yaitu Gedong yang berarti bangunan dan Songo yang berarti sembilan. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno yang dibangun sekitar abad ke-8.

Terletak di kaki Gunung Ungaran di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, pura ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan sejuk. Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan candi dan alamnya, tetapi juga menyewa kuda sambil berjalan-jalan menikmati kawasan sekitar candi.

2. Taman Bunga Celosia Bandungan

Belanja oleh-oleh dan oleh-oleh, foto oleh IG: @taman_bunga.celosia

Belanja oleh-oleh dan oleh-oleh, foto oleh IG: @taman_bunga.celosia

Mencari inspirasi untuk feed baru di Instagram? Taman Bunga Celosia di kawasan Bandungan bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengisi Instagram Anda dengan warna-warna baru.

Situasinya sebenarnya tidak terlalu rumit. Kawasan wisata ini searah dengan jalur wisata menuju Candi Gedong Songo. Dari SPBU Gedong Songo, berjalan 100 meter menuju candi dan Anda akan menemukan tempat ini.

Beberapa spot foto yang ditawarkan seolah mewakili keinginan Anda untuk keliling dunia. Mulai dari replika patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, kincir angin di Belanda, hingga ragam bunga cantik yang ditawarkan di sini.

3. Air Terjun Semirang

Air Terjun Canggu

Tempat wisata pertama yang akan kita bahas adalah air terjun yang memiliki ketinggian hingga 45 meter dan terletak di lereng utara Gunung Ungaran.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Semirang atau Air Terjun Semirang. Terdapat sebuah kolam yang cukup luas dengan air yang jernih dan hijau. Untuk menuju Air Terjun Semirang harus mendaki terlebih dahulu, jarak dari tempat parkir menuju air terjun sekitar 500 meter.

Keindahan alam Air Terjun Semirang tidak pernah luput dari perhatian pengunjung. Tempat wisata alam yang indah ini selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional. Beberapa bahkan dijadikan sebagai lokasi wisata malam.

4. Benteng Diponegoro

Bale yang digunakan Pangeran Diponegoro untuk beribadah di Museum Diponegoro Magelang.

Bale yang digunakan Pangeran Diponegoro untuk beribadah di Museum Diponegoro Magelang.

Objek wisata selanjutnya adalah wisata sejarah tematik di Hungaria. Yaitu Benteng Diponegoro atau Benteng Willem II yang merupakan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda.

Diperkirakan benteng ini dibangun antara tahun 1743 dan 1746. Dan kini benteng yang dijuluki Benteng Ungaran ini digunakan sebagai kantor polisi dan asrama anggota POLRI.

Meskipun demikian, Benteng Diponegoro atau Benteng Willem II tetap dapat dikunjungi oleh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh sejarah bahwa benteng ini merupakan tempat persinggahan Pangeran Diponegoro sebelum diasingkan ke Makassar, serta beberapa cerita sejarah lainnya.

5. Curug Lawe dan Benowo

Air Terjun Lawe

Selanjutnya masih berupa air terjun atau air terjun. Kali ini saya akan memberikan referensi wisata air terjun di satu kawasan yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo. Orang sering menyebutnya CLBK, yaitu Curug Lawe Benowo Kalisidi.

Untuk sampai ke CLBK Anda harus melewati jalan sempit di sepanjang saluran pembuangan dan kemudian menyeberangi jembatan merah yang ikonik. Jarak dari tempat parkir ke Curug Benowo sekitar 2,5 km.

Jauh memang, tapi keindahan alam yang akan kamu dapatkan nantinya sungguh luar biasa. Airnya sangat jernih dan menyegarkan, namun rasa lelah Anda akan tetap terbayar.

6. Museum Kereta Api

Naik kereta uap ke Museum Kereta Api Ambarawa.

Naik kereta uap ke Museum Kereta Api Ambarawa.

Foto:

  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Tidak jauh dari Rawa Pening, Anda dan keluarga bisa menyempatkan diri mengunjungi museum yang kaya akan sejarah ini. Sebelum digunakan sebagai objek wisata, museum kereta api ini berfungsi sebagai stasiun kereta api yang aktif pada masa pendudukan Belanda.

Sekitar tahun 1970 jalur kereta api ditutup dan akhirnya berubah menjadi museum sejarah yang bisa dikunjungi hingga saat ini. Berkunjung ke sini kamu bisa menemukan peninggalan-peninggalan antik seperti lokomotif uap, kereta api dll. Selain itu, ada spot foto bergaya vintage untuk kamu yang suka selfie untuk diunggah ke media sosial.

7. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti merupakan objek wisata alam pegunungan yang berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 m dpl. Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah kolam renang berdinding batu yang airnya berasal dari mata air Pegunungan Hungaria.

Umbul Sidomukti memiliki tiga kolam renang bertingkat dengan kedalaman yang berbeda. Kolam renangnya juga cocok untuk segala usia sehingga tidak perlu khawatir jika ingin bermain air. Tempat wisata di Hungaria ini tidak hanya menawarkan kolam renang tetapi juga wahana perkebunan, gua buatan dan wahana outbond lainnya.

Nah itulah sederet wisata hemat yang bisa Viva bagikan untuk kamu! Jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang disebutkan!

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button