Negara paling kotor di dunia yang penuh dengan sampah dan polusi udara - WisataHits
Yogyakarta

Negara paling kotor di dunia yang penuh dengan sampah dan polusi udara

YOGYAKARTA – Disebut sebagai negara terkotor di dunia tentu bukan hal yang baik. Gelar ini diberikan kepada beberapa negara yang disebut-sebut luput dari masalah sampah sehingga tingkat polusi udaranya di atas rata-rata.

Negara paling kotor di dunia

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan masyarakat, tingkat kebersihan negara juga mempengaruhi sektor pariwisata. Berikut beberapa negara yang dikenal jorok yang dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Bangladesh

Beberapa artikel menempatkan Bangladesh sebagai masalah negara paling kotor. Negara berkembang ini termasuk sebagai negara Asia Selatan.

Selain hilangnya pekerjaan di sektor ekonomi, Bangladesh juga berkutat dengan masalah sampah.

Luas negara ini adalah 147.000 kilometer persegi. Sementara itu, jumlah penduduk negara ini akan mencapai 171.932.042 pada tahun 2022 menurut laporan World Population Review. Populasi yang besar membuat Bangladesh menjadi salah satu negara yang paling padat penduduknya. Hal ini mempengaruhi jumlah sampah.

Selain itu, Bangladesh juga memiliki tingkat polusi di atas rata-rata. Menurut Statisca, negara ini akan memiliki konsentrasi rata-rata partikel halus (PM2.5) pada tahun 2021 sebesar 76,9 mikrogram per meter kubik udara (µg/m3). Hal ini menunjukkan tingkat pencemaran yang cukup tinggi.

  1. Pakistan

Kondisi Pakistan tidak jauh berbeda dengan Bangladesh. Menurut City Air Index (AQI), negara ini bahkan disebut-sebut sebagai negara dengan tingkat polusi tertinggi di dunia.

Negara Muslim di Asia Selatan ini memiliki tingkat polusi 66,8 µg/m³. Nilai tersebut tergolong tinggi karena melebihi skala pengukuran WHO sebesar 55,5 µg/m³.

Populasi Pakistan juga sangat padat. Pada tahun 2022 akan mencapai 235.820.000 menurut World Population Review. Kepadatan penduduk yang tinggi membuat negara tersebut mengalami masalah sampah. Negara ini menghasilkan 49,6 juta ton sampah per tahun.

  1. India

Negara India juga kerap digambarkan bermasalah karena sampah dan polusi udara. Sampah dikatakan mencemari sungai dan jalan. Pembuangan air di negara ini juga menjadi masalah yang harus diselesaikan dengan cepat.

Pada tahun 2022, populasi negara ini adalah 1.421.245.170 menurut laporan World Population Review. Karena kepadatan penduduk yang tinggi, negara ini menghasilkan lebih dari 62 juta ton sampah. Masalah kebersihan juga mengancam kesehatan.

India tidak hanya memiliki masalah sampah, tetapi juga tingkat polusi udara yang tinggi. Menurut Data Kualitas Udara Dunia 2020, orang di India berpotensi kehilangan sembilan tahun usianya akibat polusi udara.

Mengutip data dari u-earth.eupolusi udara di India mencapai 58,1 µg/m³. Angka ini berada di atas skala pengukuran WHO.

  1. Republik Chad

Negara ini terletak di Afrika Tengah dan berbatasan dengan Libya di utara. Pada tahun 2022 jumlah penduduk di Republik Chad akan mencapai 17.953.306. Kepadatan penduduk tidak hanya menimbulkan masalah penumpukan sampah, tetapi juga berdampak pada tingginya tingkat pencemaran udara.

Mengutip data dari u-earth.eupolusi udara di negara Chad mencapai 75,9 µg/m³. Hal ini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah karena dapat membahayakan kesehatan penduduk.

  1. Oman

Kesultanan Oman adalah sebuah negara kecil di ujung tenggara Jazirah Arab. Negara ini terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Namun siapa sangka Oman memiliki masalah serius dengan kebersihan udaranya.

Menurut situs tim U-Earth, negara berpenduduk 4.604.032 jiwa itu memiliki tingkat polusi udara 53,9 µg/m³. Negara ini juga menghasilkan lebih dari 1,7 ton sampah per tahun.

Itulah beberapa negara terkotor di dunia. Untuk informasi menarik lainnya, kunjungi VOI.ID.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button