Spot Selfie Instagramable di Wisata Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo - WisataHits
Jawa Tengah

Spot Selfie Instagramable di Wisata Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo

Spot Selfie Instagramable di Wisata Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo

Spot Selfie Instagramable di Wisata Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo

Oleh Marcellinus Julian Vito Ivan Kurniawan (G.431.22.0014)

S1 kursus pariwisata

Hutan Pinus Kalilo merupakan salah satu tempat wisata di Purworejo yang berkonsep wisata kekinian dan sangat cocok untuk semua kalangan. Hutan pinus Purworejo telah menempuh perjalanan sejarah yang panjang hingga menjadi tempat wisata yang populer dan diminati. Dan semua informasi tentang hutan pinus kalilo akan kami ulas sebagai bahan referensi pertama untuk menentukan tujuan wisata saat liburan tiba.

Sejarah Hutan Pintu Kalilo Kaligesing bermula sebagai kawasan hutan tanaman jati di bawah administrasi Dinas Kehutanan. Seiring berjalannya waktu, kawasan hutan jati tersebut berubah menjadi kawasan hutan pinus, yang sekaligus menegaskan bahwa kawasan tersebut merupakan hutan produksi penghasil getah pinus.

Pada tahun 2017, fungsi kawasan hutan meningkat yaitu fungsi wisata. Penataan tempat wisata tentunya tidak merugikan kelestarian lingkungan alam. Juga pengelola wisata Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo berada di bawah Karang Taruna dan bekerja sama dengan LMDH Rukun Lestari dan Perum Perhutani.

Lokasi Hutan Pinus Kalilo berada di kaki Gunung Menoreh. Alamat Hutan Pinus Kalilo berada di Dusun Kalilo, Desa Telogoguo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Jika perjalanan Anda dimulai dari pusat kota atau Alun-alun Purworejo, jarak tempuh menuju wisata Hutan Pinus Kalilo sekitar 17 kilometer.

Waktu tempuh sekitar 30-40 menit dengan mobil. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Pasalnya, jalan menuju Hutan Pinus Kalilo memiliki banyak tanjakan, tanjakan dan tikungan. Apalagi saat kondisi hujan membuat jalan agak licin.

Harga tiket masuk Hutan Pinus Kalilo adalah Rp 5.000 per orang, harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir. Hutan pinus Kalilo buka mulai pukul 07:00 hingga 17:00. Fasilitas Hutan Pinus Kalilo:

  • area parkir
  • Toilet
  • ruang sholat
  • bisnis
  • menemukan kehidupan
  • tempat tidur gantung
  • rumah pohon
  • tempat perkemahan
  • keluar

Hutan Pinus Kalilo memiliki luas total sekitar 72 hektar yang didominasi oleh hutan pinus. Di sana pengunjung merasakan suasana tenang, nyaman dan teduh. Suasana di sana sangat cocok untuk berkumpul bersama teman atau keluarga.

Selain itu, Hutan Pinus Kalilo menjadi wisata populer di Purworejo karena memiliki banyak lokasi kekinian atau spot selfie yang instagramable. Tidak berhenti sampai di situ, ada juga jalur tracking yang nyaman dan unik di titik ini. Cocok banget buat kamu yang hobi ngeblog atau bikin video film.

Perlu diketahui bahwa objek wisata Hutan Pinus Kalilo secara umum masih terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, pengunjung tidak boleh mencemari alam, apalagi merusaknya. Terakhir, kepuasan wisatawan di hutan pinus Kalilo sangat ditentukan oleh faktor cuaca. Dan jangan abaikan aspek keamanan hanya untuk mencari konten keren.

Tentang penulis posting

Marcellinus Julian Vito Ivan Kurniawan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button