Nama pelatih unik di beberapa kota, dari Bandros hingga Domapan - WisataHits
Jawa Barat

Nama pelatih unik di beberapa kota, dari Bandros hingga Domapan

TEMPO.CO, jakarta – Tourbus adalah jasa tour yang mengantar pengunjung pada suatu rute di sekitar tempat wisata. Bus ini kini hadir di beberapa kota untuk memudahkan wisatawan berkunjung dan mengetahui semua titik kota. Namun, bus ini masih terbatas.

Kota-kota memiliki bus wisata

Tidak semua kota memiliki bus wisata, beberapa kota di Indonesia memiliki bus wisata. Kota mana itu?

bidang 1

Salah satu kota di pulau Sumatera yang memiliki layanan bus wisata adalah Padang. Bus wisata dari Padang ini hanya beroperasi pada akhir pekan dan hari libur, mulai 06/09 – 06/18. WIB dengan sembilan titik keberangkatan gratis. Dalam sehari, bus ini hanya berjalan sekitar 5 kali, yang memakan waktu 1,5 jam dalam satu putaran, seperti dilansir Antaranews.

Cukup menuju pos keberangkatan bus yang terletak di Biro Pariwisata Padang untuk memulai perjalanan dan berakhir di Pantai Air Manis. Begitu juga dengan rute sebaliknya untuk kembali ke Kantor Pariwisata Padang.

2. Jakarta

PT Transport Jakarta telah mengelola hingga 22 bus tingkat gratis untuk angkutan wisata. Bus wisata bersusun bernama Jakarta Explorer Bus ini gratis digunakan untuk seluruh warga yang memiliki 7 rute wisata yang berbeda yaitu Rute Sejarah Jakarta, Jakarta Modern Baru, Seni dan Kuliner, Pencakar Langit, Ruang Terbuka, Cagar Budaya Jakarta dan Belanja di Jakarta.

kutipan transjakarta.co.idbus wisata ini dilengkapi dengan audio untuk menjelaskan latar belakang tempat yang dikunjungi dan busnya pendamping (OnBoard) untuk menjelaskan ikon-ikon Jakarta.

3. Bogor

Bus wisata Bogor bernama Bus Uncal beroperasi secara gratis setiap akhir pekan. Namun, warga atau wisatawan yang berminat naik bus Uncal harus melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan link di akun Instagram @uncal.bogor.

Uncal Day beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu WIB dari pukul 08:00 hingga 14:00, sedangkan Uncal Night beroperasi pada Sabtu dan Minggu malam dari pukul 18:30 hingga 20:00 WIB. Pagi hari bus berangkat dari Balai Kota Bogor, malam hari dari Bogor Town Square. Rute bus wisata ini melewati sejumlah ikon Bogor seperti Kebun Raya Bogor, Suryakencana dan Empang.

Baca: Bergabunglah dengan kami dalam tur malam kota Bandung dan menunggang kuda di Bandros

4. Bandung

Bandung memiliki bus wisata bernama Bandros (Bandung Tour on Bus) yang dapat menampung 16 orang dalam sekali perjalanan. Bandros yang hadir sejak masa pemerintahan Ridwan Kamil memiliki dua jalur yakni Alun-Alun Bandung dan Jalan Diponegoro. Bandros buka setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Namun, berbeda dengan bus wisata di kota sebelumnya, seseorang yang ingin naik Bandros harus menyiapkan uang Rp 20.000,00 untuk sekali tumpangannya.

5.Solo

Solo memiliki bus wisata bernama bus tingkat Werkudara yang beroperasi setiap hari termasuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, dengan waktu keberangkatan tiga kali sehari yaitu pada pukul 09.00, 12.00 dan 15.00 WIB. Hanya akan dikenakan biaya Rp 20.000.

Ada dua rute yang ditempuh dalam perjalanan sekitar dua jam dengan bus tingkat Werkudara. Rute pertama adalah rute keberangkatan yang dimulai dari kantor Dishub Surakarta dan berakhir di Jurug. Sedangkan jalur kedua adalah jalur pulang-pergi yang dimulai dari Jurug dan kembali ke kantor Dishub Surakarta.

6. Yogyakarta

mulai asitajogja.org, Bus tingkat Yogyakarta bernama Domapan (Podho Mapan artinya duduk bersama) berangkat dari Taman Pintar Yogyakarta dan berakhir di Jalan Malioboro tanpa dikenakan biaya. Putaran Dopaman berlangsung selama 20 menit. Jam operasional bus setiap hari pukul 10.00 WIB. Bus ini berkapasitas 35 penumpang dengan rincian 20 penumpang di bawah dan 15 di atas.

RACHEL FARAHDIBA R

Baca juga: Bus Wisata Bertingkat Resmi Beroperasi

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button