Museum Ullen Sentalu Tempat wisata yang penuh sejarah - WisataHits
Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu Tempat wisata yang penuh sejarah

– Iklan –

SULSELEKSPRES.COM – Ada banyak tempat wisata menarik di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur. Berbagai tema hiburan juga tersedia dan dapat disesuaikan dengan preferensi liburan Anda. Jika Anda menyukai wisata bertema sejarah, maka Museum Ullen Sentalu bisa menjadi salah satu pilihan destinasi.

Anda bisa berwisata sambil menyadari sejarah Museum Ullen Sentalu yang berlandaskan inklusivitas dan menjadi ruang dialog antara budaya masa lalu, budaya masa kini dan budaya masa depan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah, atraksi dan harga yang harus Anda bayar untuk masuk ke museum.

Atraksi Museum Ullen Sentalu

Pixabay

Ada berbagai jenis keunikan Museum Ullen Sentalu yang bisa Anda lihat di artikel ini. Namun, pertama-tama mari kita bicara tentang nama yang asing dan cukup unik bagi orang yang belum pernah mendengarnya.

Nama “Ullen Sentalu” merupakan singkatan atau akronim dari ungkapan bahasa Jawa “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang artinya “Cahaya adalah penuntun di jalan kehidupan”.

Arti dari akronim tersebut terinspirasi dari lampu minyak yang menjadi sumber cahaya ketika ada pertunjukan wayang kulit atau blencong.

Museum ini didirikan atas pemikiran keluarga bangsawan sekaligus pembatik batik, yaitu keluarga Haryono. Mereka adalah bangsawan Keraton Yogyakarta yang ingin ikut melestarikan budaya lokal.

Museum Ullen Sentalu dibangun pada tahun 1990-an setelah disetujui dan didukung oleh generasi penerus Mataram Islam saat itu. Hartini Soekarno juga turut mendukung misi untuk selalu menjaga kelestarian budaya Mataram.

Setelah pekerjaan konstruksi selesai, peresmian museum ini berlangsung pada tanggal 1 Maret 1997 oleh Gubernur Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam VIII. Setelah peresmiannya, masyarakat umum bisa datang untuk wisata berpemandu hingga sekarang.

Koleksi Museum Ullen Sentalu sangat banyak dan unik. Selain itu, konsep arsitekturnya bergaya Gotik Eropa dan dipadukan dengan koleksi peninggalan kerajaan.

Koleksi seni tersebut berada di beberapa ruangan, seperti Guwa Sela Giri, Budaya, Seni Tari dan Gamelan, Desa Kambang, dan Koridor Retja Landa. Selain itu, ada ruangan lain yang menampilkan peninggalan Mataram Islam dan Hindu Budha.

Fakta Museum Ullen Sentalu

Fixabay

Setelah mengenal museum ini, Anda perlu mengetahui beberapa fakta agar bisa menjadi guide dan guide nantinya saat berwisata.

1. Memberikan bimbingan

Untuk kunjungan wisata, pengunjung dibantu oleh pemandu yang disediakan oleh pihak museum. Panduan akan membantu Anda lebih memahami budaya dan sejarah setiap koleksi.

Mengunjungi setiap kamar, panduan ini memberikan penjelasan lengkap. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan banyak wawasan baru setelah tur.

Ini sangat berbeda dari kebanyakan museum. Biasanya pengunjung bisa masuk ruangan sesuka hati dan mendapatkan informasi dari informasi yang tertera.

2. Dilarang mengambil foto

Setibanya di sana, Anda harus mematuhi aturan yang melarang wisatawan mengambil foto di banyak area museum. Namun, masih ada beberapa tempat khusus untuk berfoto agar tidak ketinggalan momen.

Salah satu area foto yang bisa dipilih adalah replika relief miring Candi Borobudur. Hal ini menunjukkan betapa generasi muda semakin tidak tertarik dengan budaya dan seni Jawa.

3. Tawarkan dua paket wisata

Saat mengunjungi Museum Ullen Sentalu Anda dapat memilih antara dua paket wisata. Yang pertama adalah Adiluhung Mataram Tour, yang membawa wisatawan ke sebuah ruangan yang penuh sejarah dan budaya masa lalu dari Mataram.

Selanjutnya adalah Tur Vorstenlanden. Wisatawan dapat memasuki ruangan yang berisi banyak peninggalan sejarah dari Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Harga tiket 2022 terbaru di situs resmi Museum Ullen Sentalu terbagi dua sesuai pilihan wisatawan nantinya. Jika Anda memilih Wisata Adiluhung Mataram, biayanya Rp 50.000. Sedangkan biaya Vorstenlanden Tour adalah Rp 100.000. Jika Anda datang dalam kelompok, Anda harus memesan terlebih dahulu.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi museum ini mulai Selasa hingga Minggu. Wisatawan bisa datang mulai pukul 08.30 WIB. Museum ini terletak di Kaliurang, Kab. Slemann, DIY.

Jika ingin melihat alamat lengkap dan memantau review wisatawan di Museum Ullen Sentalu bisa mengunjungi alamat Jogja agar bisa mempersiapkan wisata yang lebih matang dan mendapatkan informasi lainnya.

Source: sulselekspres.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button