Museum Ullen Sentalu, tempat wisata estetik, belajar tentang budaya dan kehidupan bangsawan kerajaan Mataram - WisataHits
Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu, tempat wisata estetik, belajar tentang budaya dan kehidupan bangsawan kerajaan Mataram

Museum Ullen Sentalu, tempat wisata estetik, belajar tentang budaya dan kehidupan bangsawan kerajaan Mataram

JURNALACEH.COM- Museum Ullen Sentalu adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan bangsawan di Dinasti Mataram yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran dan Kadipaten Pangkualam, yang juga mencakup berbagai jenis batik Jogja dan Solo.

Nama Ullen Sentalu sebenarnya berasal dari akronim bahasa Jawa yaitu “ULating blENcong SEjatiNe TAtaraning Lumaku” yang berarti nyala lampu Blencong yang digunakan sebagai pedoman umat manusia dalam berjalan dan berjuang hidup.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Wisata Unik di Boyolali yang Bikin Kamu Puas, Yuk Intip!

Di museum ini pengunjung bisa melihat banyak lukisan dan foto para bangsawan semasa kerajaan Mataram, koleksi kain batik Solo dan Jogja, gamelan kuno, arca Hindu dan Budha serta peninggalan lainnya.

Meski memiliki begitu banyak koleksi unik, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto di hampir semua area museum ini.

Tapi jangan khawatir, sudah disediakan spot foto khusus di luar museum yang tentunya instagenic.

Salah satu spot foto yang banyak diminati pengunjung adalah replika miring relief Candi Burobudur. Replika ini dibuat sedemikian rupa sehingga benar-benar menggambarkan kemerosotan minat generasi muda terhadap seni budaya Jawa.

Baca Juga: Sangat Instagrammable! Inilah tempat wisata di kudu yang cocok dikunjungi di tahun 2023

Kehadiran objek wisata rancangan Ullen Sentalu ini bisa menjadi jendela peradaban seni dan budaya Jawa yang pernah berjaya dengan koleksinya yang beragam.

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan pegunungan Sleman dan luasnya mencapai 1,2 hektar. Berada di lereng Gunung Merapi, udara di sekitar museum ini terasa sejuk dengan suhu berkisar 25 derajat Celcius.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button