CURUG CIJALU Catatan & Pesona - WisataHits
wisatahits

CURUG CIJALU Catatan & Pesona

CURUG CIJALU Catatan & Pesona

Harga tiket masuk Air Terjun Cijalu: Rp 17.500. Jam buka: 07:30 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 41282.

Air Terjun Cijalu merupakan wisata air terjun yang terletak di Cagar Alam Gunung Burangrang. Ketinggian air terjun ini mencapai 70 meter. Lokasinya berada di perbatasan barat-selatan Kabupaten Subang dan Purwakarta.

Kawasan wisata air terjun ini berada di ketinggian 1.300 mdpl. Jadi, pada hari yang cerah wisatawan bisa melihat kota Subang, Purwakarta dan Waduk Jatiluhur. Tempat wisata ini diresmikan dan dimeriahkan oleh wisatawan sejak 1 September 1984.

Harga Tiket Masuk Curug Cijalu

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata air terjun ini akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket yang diusulkan masih cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Curug Cijalu
Tiket masuk dari Senin sampai Minggu Rp 17.500

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pemandian Air Panas Ciater Subang

Jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi air terjun setiap hari. Buka pagi hingga sore hari pada hari kerja dan akhir pekan.

Jam kerja
Senin minggu 07.30 – 17.00

Beragam kegiatan wisata

bumi perkemahan air terjun cijaluMengunjungi Air Terjun Curug Cijalu Subang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Foto: Google Maps/Amir Udin

Obyek wisata bertingkat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan dan liburan panjang. Curug Cijalu tampak membelah Gunung Sunda dengan air terjun yang tingginya mencapai 70 meter.

lintas alam

Jalur akses dibentangkan dengan cermat di sepanjang jalur menuju Curug Cijalu SubangJalur akses ditata dengan hati-hati di sepanjang jalan menuju air terjun. Foto: Google Maps/Yuli Yulyanie

Setelah melewati pintu masuk, suasana sejuk karena wisatawan diteduhi pepohonan di kanan kiri jalan. Dari kejauhan Anda bisa melihat bukit-bukit di bawah awan yang indah dan sejuk dipandang. Wisatawan juga disuguhkan panorama perkebunan teh dengan udara yang mulai terasa sejuk.

Trek mulai menanjak dengan undakan batu belah yang disusun dengan hati-hati. Beberapa artis terlihat memainkan gitar dan menabuh gendang sambil menyanyikan lagu klasik Sunda.

Jalan kaki ke air terjun sekitar 300 meter dari tempat parkir. Medan trekking cukup mudah dengan jalur tangga yang jelas.

Melewati pesona dua air terjun

Sekitar 100 meter sebelum mencapai curug Cijalu, terdapat curug lain yang berukuran lebih kecil. Air terjun ini bernama Curug Putri (Wanita), sebagian penduduk setempat menyebutnya Curug Cibuntu. Ketinggian Curug Putri sekitar 30 meter dengan air yang mengalir perlahan mengikuti tebing bebatuan.

Turis membandingkan dua air terjun yang berdekatan ini dengan sepasang kekasih. Curug Cijalu dianggap sebagai air terjun ‘laki-laki’, seperti dalam bahasa Sunda ‘jalu’ berarti laki-laki. Sedangkan Curug Cibuntu atau Curug Putri adalah istrinya.

Menikmati keindahan air terjun

suasana hijau di sekitar air terjunTumpahan air terjun yang memiliki ketinggian hingga 70 meter. Foto: Google Maps/Mr.Njooo Trip

Air terjun ini menyuguhkan suasana yang sejuk dan tenang dengan pemandangan alam yang indah. Dipercaya bahwa nama air terjun ini berasal dari kedatangan para pendekar yang kemudian menetap disana. Ci atau ‘cai’ berarti air, dan ‘jalu’ berarti manusia.

Air terjun yang berada di ketinggian 1300 M DPL ini memiliki suhu udara antara 18 hingga 26°C. Suasana kawasan wisata air terjun ini menawarkan kesegaran dan kesegaran bagi para wisatawan. Kicauan burung yang berkicau tiada henti membuat keadaan panorama alam sangat terasa.

Menurut penduduk setempat, dulu banyak juga keturunan Tionghoa yang datang ke sini untuk sembahyang. Mereka menganggap air terjun ini sebagai tempat pemandian bidadari. Keyakinan ini bermula dari fakta bahwa saat matahari pagi bersinar, pelangi kecil terpantul di air terjun.

bermain di air

percikan air terjun sebagai background fotoWisatawan bisa bermain air di bawah air terjun. Foto: Google Maps/zenny anam

Percikan air yang terbawa angin dapat dirasakan bahkan dari jauh. Air yang keluar dari Curug Cijalu mengalir deras melewati perbukitan kawasan Gunung Burangrang. Air yang tumpah dari Gunung Sunda jatuh ke kolam di dasar air terjun.

Wisatawan biasanya bermain-main di kolam yang menyegarkan dan memberikan efek relaksasi. Mereka pun terjun ke kolam untuk merasakan sensasi cipratan air terjun. Namun suhu airnya sangat dingin, sehingga wisatawan biasanya tidak berlama-lama bermain air.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Planet Waterboom Subang

Daya Tarik Mitos Curug Cijalu

Sejak diresmikan pada tahun 1982, pengunjung pertama air terjun ini kebanyakan adalah Indramayu. Datang bertapa dan mandi untuk menyembuhkan krisis kelumpuhan yang dideritanya dan berhasil sembuh. Sejak saat itu, wisatawan khususnya dari Indramayu berdatangan dan mempopulerkan air terjun ini.

Berbagai mitos berkembang di Curug Cijalu, di antaranya adalah mandi di air terjun agar cepat mencari jodoh. Meski mitos ini tidak bisa dijelaskan, namun menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Fotografi

Setiap wisatawan pasti tertarik untuk mengabadikan pemandangan alam Curug Cijalu. Bermacam-macam sudut foto akan menghasilkan hasil gambar yang indah. Menghadap keindahan air terjun dan panorama alam yang luar biasa.

Berkemah

tenda wisata di air terjun CijaluBerkemah memberikan waktu lebih untuk menikmati keindahan alam air terjun Subang Cijalu. Foto: Google Maps/Setyo Budi

Wisatawan dapat menikmati kehidupan malam Curug Cijalu dengan berkemah di kawasan wisata. Dengan bermalam, wisatawan memiliki lebih banyak waktu untuk merasakan nuansa alam air terjun. Diiringi deru suara air terjun yang mengalir membentur bebatuan.

Pelajar, mahasiswa dan sejumlah masyarakat pun menjadikan kawasan wisata ini untuk berkemah bersama. Kawasan objek wisata air terjun ini dipilih karena memiliki kawasan hutan, air terjun, panjat tebing dan tempat perkemahan. Suasana alamnya selalu bersih, dengan rimbunnya pepohonan di beberapa area air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Berkunjung ke Curug Maribaya

Kemudahan

Kawasan Curug Cijalu dilengkapi dengan jalan setapak, fasilitas hidrolik dan berbagai fasilitas penunjang. Toilet, mushola, loket, area parkir diatur dengan baik. Lintasan yang dilengkapi tempat berlindungarea tempat duduk, tempat sampah dan pos jaga.

Aneka makanan dan minuman bisa dibeli wisatawan dari warung-warung yang banyak ditemui di sini. Toko suvenir juga menjual kaos dan daster bagi wisatawan yang membutuhkan baju ganti.

Jalan menuju Curug Cijalu

Kawasan curug Cijalu secara administratif masuk dalam wilayah desa Cipancar, Subang, Jawa Barat. Air terjun ini berjarak 37 km dari kota Subang atau 63 km dari Bandung. Sedangkan dari Purwakarta, air terjun ini berjarak sekitar 40 km ke arah selatan.

Wisatawan dapat melalui jalan raya Wanayasa – Cagak kemudian melewati pintu gerbang kawasan wisata Cijalu. Kemudian wisatawan harus menyusuri jalan desa sekitar 3 km. Saat Anda mendekati Curug Wana Wisata Cijalu, desa dan hamparan perkebunan teh akan menyambut wisatawan.

Kontak dan lokasi Curug Cijalu

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Desa Cipancar, Kec. Seranglong, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button