Tiket CURUG LEUWI ASIH dan berbagai aktivitas - WisataHits
wisatahits

Tiket CURUG LEUWI ASIH dan berbagai aktivitas

Tiket CURUG LEUWI ASIH dan berbagai aktivitas

Harga tiket masuk Curug Leuwi Asih : Rp 20.000. Jam buka: 08:00-17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat : Jl.Kp. Wangun landeuh, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Air Terjun Leuwi Asih merupakan objek wisata air terjun alami di kawasan Sentul, Bogor. Air terjun ini terkenal dengan sungainya yang lebar dan memiliki kolam alami yang cocok untuk anak-anak. Selain itu, kawasan ini juga populer sebagai destinasi lintas alam Sentul yang sulit. Bagi yang menyukai aktivitas trekking, kunjungan ke air terjun ini bisa menjadi pilihan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Leuwi Asih

Harga tiket masuk air terjun Leuwi Asih memang sedikit lebih mahal dari objek wisata air terjun lainnya. Harga tiketnya Rp 20.000 per orang, belum termasuk biaya parkir. Namun, harga tersebut sebanding dengan kelengkapan fasilitas yang ada di kawasan tersebut.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 20.000

Baca: GOA GARUNGGANG Tiket Masuk dan Kegiatan di Bogor

Jam buka

Curug Leuwi Asih buka setiap hari. Pengunjung bisa datang dari pagi hingga sore hari. Penginapan di sekitar air terjun dibuka untuk reservasi setiap hari selama 24 jam.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Bermain Curug Leuwi Asih

Air Terjun Leuwi AsihBatu-batu besar yang membentuk air terjun – Foto; Google Maps/Leo Kim

Kegiatan di luar ruangan menjadi semakin populer akhir-akhir ini, terutama di kalangan generasi muda. Banyak yang sengaja berwisata alam sebagai sarana rekreasi. Bagi penduduk ibu kota, kegiatan seperti ini membantu menghilangkan stres dan penat. Pemilihan destinasi umumnya dilakukan tak jauh dari sekitar ibu kota, yakni Bogor.

Tentang wisata alam, kegiatan lintas alam tidak pernah sepi peminat. Sekaligus rekreasi di Curug Leuwi Asih di sekitar kawasan indah Gunung Pancar. Air terjun cantik ini sudah tidak asing lagi menjadi destinasi trekking.

Air terjun ini menarik wisatawan bukan hanya karena kesejukan air terjunnya. Namun juga jalan menuju lokasi air terjun yang cukup sulit sebagai jalan setapak lintas alam. Daripada capek, pengunjung akan terpuaskan setelah berjalan sejauh 3 kilometer. Pemandangan suasana pedesaan yang alami dapat menenangkan kaki yang pegal saat berjalan.

Baca Juga: 30 Wisata Curug Terbaik di Bogor

Rute pendakian yang menantang

trekking Menyusuri persawahan menuju air terjun leuwi asihBanyak pemandangan alam yang bisa dinikmati di sepanjang jalur tracking – Foto: Google Maps/Suhendi Ahmad

Ada dua pintu masuk ke air terjun. Pintu depan biasa hanya membutuhkan 5 menit berjalan kaki. Ini cocok untuk pengunjung yang membawa balita dan anak kecil.

Jalan memutar lain melalui perbukitan. Ini adalah jalur yang populer sebagai jalur lintas alam. Pengunjung akan diajak berjalan naik turun bukit dan hutan bambu. Jalan tanah cukup berbahaya jika Anda tidak menggunakan sepatu yang tepat.

Keluar dari bukit, panorama persawahan yang menakjubkan akan langsung menyambut Anda. Wisatawan akan diajak untuk melintasinya melalui jalur pematang. Pemandangan sekitar hanya tanaman hijau dan perbukitan yang indah.

Tak jauh dari sini wisatawan akan turun ke sungai. Eits, meski punya air terjun, tapi itu bukan lokasi Curug Leuwi Asih. Di sini pengunjung bisa beristirahat di warung-warung atau menyejukkan kaki di sungai. Airnya yang jernih dan menyegarkan bisa dijadikan arena berenang lho.

Air Terjun Leuwi Asih

Bermain air di sekitar air terjunPengunjung ramai bermain air dan berenang di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Air Terjun Leuwi Asih

Setelah menyeberangi sungai, masih ada area persawahan yang harus Anda seberangi. Melacak lintas alam kemudian membawa wisatawan kembali ke bukit. Di bukit ini terdapat kandang kambing dan kerbau milik warga setempat sebagai pos penjagaan.

Dari paddock bison, ada jalan setapak yang diapit semak belukar yang harus dilalui. Jalannya pendek dan berakhir di lapangan kecil. Ada pos pengamatan sederhana yang bisa dijadikan spot selfie.

Kawasan ini merupakan medan terakhir sebelum tiba di lokasi air terjun. Jangan heran jika wisatawan harus berjalan sedikit menyusuri sungai terlebih dahulu. Curug Leuwi Asih memang berada di ujung sungai ini.

Keunikan Air Terjun Batu

Berpose di depan bendungan sungai curug leuwi asihArea sungai dibendung di kolam dengan air terjun buatan – Foto: Google Maps/Aminudin

Berjalan ke hulu, ada Curug Leuwi Asih. Air terjun ini bukanlah jenis air terjun yang mengalir dari tebing. Namun akibat perbedaan ketinggian sungai yang terhalang oleh bebatuan besar. Dengan demikian, jadilah air terjun alami yang eksotis.

Di tebing di tepi sungai ada air terjun lain. Pengunjung sering menyamakan air terjun ini dengan Leuwi Asih. Padahal air terjun ini sebenarnya adalah Curug Handeuleum. Aliran airnya cukup deras dan bisa menimbulkan sensasi memijat saat mengenai punggung.

Air yang mengalir ke sungai dari air terjun ini sangat menyegarkan. Warnanya lebih sering agak kecoklatan tapi bukan karena kotor. Ini karena pasir yang terbawa arus ke dasar sungai. Saat berenang, perhatikan tali yang menandai bagian dalam sungai.

Fasilitas Curug Leuwi Asih

Fasilitas pendukung di Curug Leuwi Asih lebih dari lengkap. Terdapat fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet dan kamar kecil, mushola dan warung makan. Beberapa warung juga dilengkapi dengan pendopo atau gazebo untuk beristirahat. Di sekitar air terjun juga terdapat bungalow dan villa untuk menginap.

Fasilitas lengkap

penginapan, tempat makan di tepi air terjun LeuwiasihFasilitas pendukung yang memadai membuat kunjungan ke air terjun ini semakin nyaman dan menyenangkan – Foto: Google Maps/Fardiah Nafisah Oemar

Di sungai ini pengunjung sudah bisa melihat berbagai fasilitas yang ada di tepiannya. Warung makan dengan gazebo bambu berjejer rapi dan bertingkat. Ada juga penginapan bergaya tradisional di bagian atas. Penginapan ini menyajikan panorama sungai yang menyejukkan mata.

Di tengah sungai, ada jembatan bambu. Jembatan ramping ini biasanya menjadi lokasi foto yang tak pernah sepi. Di bawahnya terdapat kolam yang terbuat dari bendungan air sungai.

Namun kolam ini memiliki kedalaman yang aman untuk anak-anak. Pengunjung bisa berenang menggunakan pelampung dan bersantai di sini. Dinding bendungan yang tertata rapi menciptakan air terjun yang semakin melebar. Ini adalah tempat bagus lainnya untuk berpose di depan kamera.

Lokasi Air Terjun Leuwi Asih

Air terjun ini terletak di Desa Wangun Landeuh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Wisatawan dari Bogor bisa menempuh jalan menuju Gunung Pancar. Gerbang masuknya tidak jauh dari objek wisata Teras Wangun. Medan jalan di kawasan Gunung Pancar memang sempit dan menanjak, namun mulus seperti beraspal.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button