Museum Harimau - WisataHits
wisatahits

Museum Harimau

Museum Harimau

Jika Anda berada di Jakarta dan ingin bersantai sambil mengunjungi tempat wisata, tidak ada salahnya memilih Museum Harimau. Khusus bagi Anda yang menyukai dan menyukai karya seni, Museum Jakarta Macan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Tak kurang dari 800 karya seni lokal dan mancanegara siap memanjakan mata.

Namun sebelum berkunjung ke sana, mari simak dulu ulasan kami berikut ini tentang Museum Jakarta Macan yang terkenal dengan ragam pameran seni rupa kontemporernya. Ada apa di dalamnya, berapa harga tiket masuknya, di mana, Anda akan segera tahu jawabannya. Yuk, scroll ke bawah dan baca terus artikel ini.

museum-harimau-jakarta

Museum Harimau

Selain Museum Macan, Jakarta sebenarnya memiliki beberapa tempat rekreasi yang memiliki konsep agak mirip dengan Museum Harimau. Misalnya ada Taman Ismail Marzuki, Planetariaum Jakarta, Galeri Salihara atau Galeri Nasional yang semuanya menyuguhkan pertunjukan seni atau performance sebagai suguhan utama bagi pengunjung.

Namun, yang membedakan Museum Macan atau yang juga dikenal dengan Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara dengan tempat lain yang sejenis adalah di museum atau galeri seni ini Anda akan menemukan banyak karya seni dari luar Indonesia. Bahkan, jumlah karya seni kontemporer karya seniman asing di museum ini mencapai setengah atau 50% dari total karya seni yang ada.

Di dalamnya terdapat karya seni yang dihasilkan oleh seniman dari Jepang, Amerika, China, Eropa dan negara-negara Asia lainnya. Beberapa seniman asing yang karyanya dipamerkan di museum ini antara lain Yoyoi Kusama dari Jepang, Lee Mingwei dari Thailand, On Kwara dari Jepang, dan Arahmaiani dari Amerika. Mereka adalah penampil kawakan yang telah diakui sebagai penampil kelas dunia.

museum-harimau-manavia instagram/dickynugrh

Lokasi Museum Harimau Jakarta

Lokasi Museum Jakarta Macan berada di tempat yang cukup strategis. Hal ini membuat objek wisata ini mudah diakses dari manapun Anda berasal.

Alamat lengkap Museum Macan ada di Jln. Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia.

Lokasinya dekat dengan beberapa tempat rekreasi lain yang tak kalah terkenal di Jakarta, seperti Monumen Monas yang hanya berjarak sekitar 9,5 kilometer dari Museum Macan. Lalu ada juga lokasi wisata Central Park yang hanya berjarak 3 kilometer dari museum ini.

Untuk rutenya, kamu bisa memilih salah satu dari 2 referensi rute menuju Museum Macan berikut ini:

Petunjuk arah dari Pusat Kota Jakarta

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, perjalanan menuju Museum Macan dapat dimulai dengan naik bus Transjakarta atau Bus Kopaja T57 dengan rute Terminal Blok M.

jalan-ke-harimau-museummelalui instagram/museummacan

Dari terminal, Anda kemudian arahkan ke halte Kebayoran Lama menggunakan Metromini tipe S70 atau S74.

Kemudian dari halte Kebayoran Lama, terus naik Transjakarta menuju Kebon Jeruk sebelum naik angkot KWK B03 ke Museum Macan.

Petunjuk arah dari luar kota

Rute ini diasumsikan dimulai dari arah Bekasi. Mulailah dengan naik kereta menuju stasiun Manggarai, lalu menuju Kampung Bandan, lalu turun di stasiun Tanah Abang, Jakarta.

Dari stasiun, lanjutkan ke stasiun Serpong dan kemudian ke halte pasar Kebayoran Lama. Nah dari halte ini, ambil Transjakarta koridor 8 yang akan mengarah ke halte Kebon Jeruk.

Dari halte Kebon Jeruk, Anda dapat mengakses Museum Macan dengan naik angkot merah KWK B03.

harimau-museum-tiketvia instagram/naomikristina

Kedua rute di atas sebenarnya sangat mudah untuk diikuti. Namun jika masih bingung, silahkan cari peta lokasi Museum Macan dan rute terdekat melalui app. Google Maps di android dan iOS.

Biaya masuk ke Museum Harimau

Biaya masuk ke Museum Harimau itu agak mahal. Tapi itu akan sepadan dengan apa yang bisa Anda nikmati nanti saat berada di dalam.

Berikut harga tiket yang harus dibeli pengunjung untuk masuk ke Museum Macan Jakarta:

  • Dewasa – Rp.100.000 per orang
  • Anak-anak – Rp 80.000 per orang
  • Pelajar – Rp 90.000 per orang

Selain tiket umum di atas, pengelola museum juga menyiapkan sistem tiket dengan program keanggotaan. Berikut adalah harga:

  • Anggota perorangan – Rp 300.000
  • Anggota Pelajar – Rp 180.000
  • Anggota keluarga – Rp 750.000 (2 anak dan 2 dewasa)

museum harimau-yayoi-kusamavia instagram/wiliansoni

Fasilitas Museum Harimau

Tentang Fasilitas Museum Harimau tentu saja, itu sepenuhnya tersedia. selain fasilitas berupa jalan-jalan wisata. Terdapat juga fasilitas umum seperti area parkir, ruang menyusui, penitipan bagasi, ruang P3K, tempat ibadah dan toilet penyandang cacat.

Baca juga: Atlantis Ancol Jakarta

Akomodasi di dekat Museum Harimau

Khusus untuk Anda yang ingin menginap di dekat Area Rekreasi Museum Macan, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap yang bisa Anda pilih.

Hostel atau hotel di dekat Museum Harimau:

  • Crowne Plaza Hotel – Rp 964,000 per malam
  • Hotel Ciputra Jakarta – Rp 550.000 per malam
  • Hotel 88 Kedoya Jakarta – Rp 370.000 per malam
  • Hotel Menara Peninsula – Rp 508.000 per malam
  • Business Hotel Tomang & Airy – Rp 150.000 per malam

Selain 5 hotel di atas, di sekitar lokasi museum juga banyak terdapat penginapan dengan harga sewa yang lebih cepat dan lebih mahal. Cukup sesuaikan dengan keinginan Anda dan anggaran yang Anda miliki.

harimau-museum-tiketvia instagram/soehardihartono

Wahana dan aktivitas yang menarik untuk dilakukan

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk liburan Museum Macan. Selain melihat berbagai bentuk seni, di dalamnya Anda juga akan menemukan beberapa tempat atau wahana yang cukup menarik instagramable sebagai lokasi foto. kamu adalah anak-anak milenial Anda benar-benar menyukainya, bukan?

Nah berikut ini beberapa wahana menarik di Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara (MACAN).

Obsesi dengan poin

Tempat atau kendaraan ini akan menyambut Anda saat pertama kali memasuki gedung museum. Tempat Ini berisi bola kuning besar, yang dihiasi dengan titik-titik hitam yang tersebar secara acak di seluruh bola.

Wahana ini adalah karya seniman Jepang Yayoi Kusama. Di sini kamu bisa melihat bolanya, atau kamu juga bisa berfoto dengan bolanya.

Baca juga tempat keren lainnya di Jakarta seperti Ocenpark BSD

Pengalaman di Jepang

Wahana ini juga merupakan karya seni Yayoi Kusama. Bentuknya berupa objek tanaman yang terbuat dari beberapa bahan seperti labu, bunga, dan bintik-bintik yang mirip dengan wahana Dots Obsession. Ternyata keberadaan polkadot memang menjadi salah satu ciri khas karya Yayoi Kusama.

harga-tiket-museum-harimauvia instagram/md.renal

Oh ya, karya seni Experiments In Japan ini konon dibuat oleh Yayoi karena terinspirasi dari perubahan kondisi di Jepang pada tahun 1973. Entah apa arti atau arti penting dari karya tersebut. Namun yang pasti, karya seni ini terlihat cukup unik dan membuat siapa pun berpikir keras untuk menemukan makna yang dikandungnya.

kamar tidur cermin infinity

Ini adalah tempat paling menarik dan unik, serta instagenic sangat suka tempat untuk berfoto. namun sayang, pengunjung yang memasuki wahana Infinity Mirrored Room hanya memiliki waktu sekitar 10 detik.

Karya yang kembali diciptakan oleh Yayoi Kusama ini berupa ruangan yang dipenuhi kaca dan diisi bola-bola warna-warni dengan ukuran berbeda-beda. Keindahan dan keunikannya akan benar-benar terlihat setelah difoto atau dibuat konteks Foto.

Anda akan melihat bola berwarna seperti bintang yang tak terhitung jumlahnya memenuhi langit di malam hari. Pokoknya sangat indah dan sangat unik.

Baca juga: Museum Fatahillah, Jakarta Barat

Cinta selamanya

Tempat Ini adalah ruangan yang didekorasi dengan lukisan monokromatik karya Yayoi Kusama. Lukisan-lukisan yang dibuat antara tahun 2004 dan 2007 ini sedikit berbeda dengan seni Yayoi pada umumnya yang memiliki ciri khas yang mengkilat.

tiket-antara-museum-macan-jakartavia instagram/jktgo

Tapi satu hal yang pasti. Tempat Ini juga sangat menarik dan bisa dicoba sebagai tempat mengambil gambar. Namun ingat, sebelum Anda mulai mengambil foto sana-sini, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada petugas atau pengelola museum apakah diperbolehkan mengambil foto di dalam museum atau tidak. tempat Cinta ini selamanya.

Baca juga: Kota Tua Jakarta

Kunjungan di dekat Museum Harimau

Pada jarak yang tidak terlalu jauh dari Museum Macan, Anda dapat menemukan tempat liburan lain yang tak kalah menarik. Ini mungkin diperlukan bagi Anda yang ingin menjelajahi dua tempat wisata atau lebih dalam sekali menginap.

Berikut beberapa tempat wisata yang dekat dengan lokasi Museum Macan dan perkiraan jaraknya dari Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara:

  • Kidzania Jakarta – 6 kilometer
  • Mal Taman Anggrek – 3 kilometer
  • Akuarium Jakarta – 3 kilometer
  • Taman Suropati – 7 kilometer
  • Monas – 7 kilometer
  • Taman Ismail Marzuki – 12 kilometer

Terjauh dari museum adalah Taman Ismail Marzuki. Namun jika Anda memang pecinta seni, sayang sekali jika belum berkunjung. Ada berbagai karya seni dan pertunjukan seni yang menarik untuk Anda nikmati.

Baca juga: Seaworld Ancol Jakarta

pintu masuk-harimau-museummelalui instagram/bagaskoroo

Tips menuju Museum Harimau

Tidak lengkap rasanya jika Anda tidak menyertakan beberapa tips wisata agar liburan Anda lebih maksimal. Oleh karena itu, berikut beberapa tips wisata Museum Macan yang harus Anda ikuti.

Baca juga: Museum Geologi Bandung

  • Selalu periksa kesehatan dan kebugaran Anda sebelum pergi berlibur, ke mana pun Anda pergi. Jika Anda sedang tidak sehat atau tidak dalam kondisi yang baik, lebih baik liburan dibatalkan atau ditunda.
  • Persiapkan segala sesuatu yang perlu Anda bawa ke tempat liburan Anda suatu hari nanti atau paling tidak pada malam hari keberangkatan. Cukup penting bahwa keesokan harinya Anda tidak akan terburu-buru untuk mencari dan menyiapkan barang bawaan Anda.
  • Selalu datang lebih awal untuk memiliki lebih banyak waktu untukmengeksplorasi semua wahana atau tempat yang ada.
  • Sebelum berangkat, Anda harus mengecek terlebih dahulu jadwal pameran karya seni yang akan dipamerkan di Museum Macan. Informasi mengenai jadwal pameran dapat Anda temukan di akun media sosial tempat wisata ini atau di situs resmi Museum Macan.
  • Agar situs Anda tidak terlalu ramai dengan pengunjung lain, sebaiknya Anda datang pada hari kerja. Karena jika Anda datang berlibur, bersiaplah, museum ini akan ramai dikunjungi banyak pengunjung.
  • Yang terakhir selalu mentaati aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola tempat wisata, tidak melanggar apalagi sengaja melanggar aturan.

beli-tiket-museum-harimauvia instagram/farnoorisya

Baca juga Tempat Wisata Menarik di Jakarta

Warga Jakarta atau pendatang yang ingin bersenang-senang atau menghabiskan waktu luang tidak perlu lagi bingung mencari tempat wisata yang tepat. Tidak perlu jauh-jauh dari kota, cukup kunjungi tempat-tempat wisata yang banyak tersebar di kota Jakarta termasuk Museum Jakarta Macan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button