Keindahan Danau Bidadari di Batam, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona - WisataHits
wisatahits

Keindahan Danau Bidadari di Batam, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam Alamat: Kabil, Kecamatan. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Banyak mitos yang beredar tentang Telaga Bidadari yang berada di tengah kawasan hutan kuning kota batam. Benar tidaknya semua mitos tersebut, danau yang tingginya 3 meter ini merupakan tempat wisata alam yang sangat indah dan nyaman untuk bersantai dan bermain air.

Telaga Bidadari adalah satu-satunya wisata air terjun di kota Batam. Namun, untuk mencapai tempat wisata alam ini, wisatawan harus melakukan trekking yang cukup berat. Jalur perjalanannya juga cukup sulit, sehingga wisatawan yang ingin mengunjungi danau ini perlu mempersiapkan fisik dan tenaga ekstra.

Karena danau ini jauh dari keramaian dan berada di tengah hutan, beberapa fasilitas umum tidak terdapat di lokasi wisata tersebut. Fasilitas seperti warung makan dan toilet umum, misalnya, tidak terdapat di tempat wisata ini. Jadi, bagi wisatawan yang berlibur ke lokasi danau di kota Batam disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Daya tarik Danau Bidadari

Daya Tarik Lac des AngesKredit gambar: Facebook Ondo Pasaribu

Ada beberapa objek wisata yang dimiliki danau ini di kota Batam. Alam yang selalu asri dan air sungai yang begitu jernih. Berikut beberapa tempat wisata di Telaga Bidadari.

1. Alam yang Indah

Dengan letak danau yang berada di tengah hutan muka kuning, banyak dijumpai pepohonan tinggi di sekitarnya. Pepohonan menyegarkan udara dan suasana menjadi lebih tenang dan nyaman.

Angin yang bertiup di antara dedaunan kemudian menciptakan suara alam yang tenang, dan suara air yang jatuh dari ketinggian membuat suasana menjadi sangat tenang dan nyaman. Momen ini akan membuat wisatawan sejenak melupakan hiruk pikuknya dan stresnya suasana hiruk pikuk dunia perkotaan.

Bagi yang menyukai kegiatan berkemah, sangat disarankan juga untuk mencoba bermalam di tempat-tempat di sekitar danau. Jangan lupa untuk membawa obat nyamuk untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk saat tidur di luar ruangan.

2. Air Terjun

Daya tarik Telaga Bidadari selanjutnya adalah air terjun dengan ketinggian 3 meter. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah air terjunnya, dengan ketinggian yang relatif rendah untuk ukuran air terjun pada umumnya, namun dengan ketinggian yang relatif rendah justru membuat danau ini menjadi favorit para wisatawan.

3. Air sungai

Daya tarik terakhir adalah air yang mengalir di sepanjang danau. Air yang jernih dan sejuk ini akan langsung membuat wisatawan ingin bermain air. Saat sampai di lokasi wisata, wisatawan akan melihat beberapa wisatawan lain sibuk bermain air danau.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Danau BatamKredit Gambar: Instagram Fredrica Natalia

Untuk lokasi Telaga Bidadari Batam berada di provinsi Kepulauan Riau atau lebih tepatnya di tengah hutan berwajah kuning yang termasuk dalam wilayah kecamatan Nongsa kota Batam. Jarak antara danau dan kota Batam kurang lebih 9,3 kilometer, dapat diakses dengan kendaraan bermotor selama 20 menit melalui Jl. Ahmad Yani.

Untuk rute menuju lokasi danau bisa dimulai dari Batam Center lalu ambil Jl. Ahmad Yani menuju ke Pt. Epson Batam atau Panbil Mall. Setelah sampai di Pt. Epson Batam, putar balik dan belok kiri di pertigaan dekat Pt. Epson Batam. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan tempat parkir untuk kawasan wisata ini.

Setelah sampai di tempat parkir, wisatawan harus berjalan cukup jauh. Selama perjalanan ini, wisatawan akan melintasi lembah dan bukit, kemudian melintasi beberapa jembatan kayu yang dibuat dengan bahan seadanya. Perjalanan normal ke lokasi wisata akan memakan waktu 1 jam hingga 1 jam 30 tergantung pada kecepatan wisatawan.

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh wisatawan ketika ingin memasuki tempat wisata ini yaitu gratis tiket masuk. Namun, wisatawan harus membayar untuk memarkir kendaraannya Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Telaga Bidadari

Kegiatan menarik di Danau BidadariKredit Gambar: Facebook Visit Batam

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar tempat wisata alam Batam. Kegiatan yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok. Berikut aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata alam ini.

1. Nikmati keindahan alam

Bersantai sambil menikmati suara angin yang bertiup melalui dedaunan dan suara air yang jatuh dari ketinggian bisa membuat siapa saja lebih rileks. Ditambah dengan kicau burung yang bersiul di bawah rindangnya hutan, wisatawan yang menghabiskan liburannya di tempat ini akan sejenak melupakan kebisingan dunia perkotaan.

2. Permainan air

Kegiatan selanjutnya adalah bermain air di Telaga Bidadari bersama orang-orang terdekat. Kegiatan ini patut dicoba karena airnya yang sangat jernih dan segar, sehingga siapa pun yang membenamkan diri di danau akan merasakan rasa segar yang luar biasa.

Akan banyak orang yang bermain di danau ini karena airnya yang jernih. Selalu berhati-hati saat bermain di air danau ini. Memang aliran airnya cukup deras hingga mengharuskan siapa pun untuk lebih berhati-hati, apalagi anak-anak yang bermain di sana harus tetap dalam pengawasan orang tua atau walinya.

3. Lompat dari atas air terjun

Tidak hanya bermain air, wisatawan juga bisa mencoba melompat dari atas air terjun ke danau di bawahnya. Ketinggian air terjun hanya 3 meter sehingga aktivitas ini tergolong aman. Pertama pastikan untuk memperhatikan bagian bawah tempat Anda akan melompat untuk menghindari kecelakaan terhadap batu atau orang lain.

Posisi yang tepat untuk melompat ke danau ini adalah di sebelah kiri atau jika Anda berdiri menghadap air terjun, lokasinya ada di sebelah kanan. Karena bagian ini memiliki batu loncatan yang cukup untuk berdiri. Di bawah kaki juga terdapat air yang cukup dalam sehingga wisatawan yang melompat tidak menyentuh dasar danau.

4. Perkemahan

Aktivitas di Danau BidadariKredit gambar: Facebook Pindo Satriandi

Bagi Anda yang menyukai kegiatan menghabiskan malam di luar ruangan atau camping, Anda bisa mencobanya di sekitar Telaga Bidadari. Disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup dan meminta izin kepada warga sekitar untuk membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena lokasinya yang berada di tengah hutan, beberapa satwa liar dapat ditemukan di sekitar tenda. Oleh karena itu Anda harus selalu waspada, terutama bagi ular yang ada di hutan. Jangan lupa untuk menggunakan obat nyamuk agar tidak digigit nyamuk hutan.

5. Ambil gambar

Dan kegiatan terakhir adalah hunting foto. Kegiatan ini cukup populer karena semua wisatawan yang datang harus menyempatkan diri untuk berpose di depan kamera yang dibawanya. Tempat paling populer di sekitar danau adalah air terjun. Banyak orang berfoto dengan background air terjun.

Banyak juga yang berfoto sambil bermain air. Selain berfoto, wisatawan juga bisa membuat video untuk mengenang momen tersebut. Suara gemericik air dan kicau burung akan terdengar jelas dalam video saat merekam di tempat wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Telaga BidadariKredit Gambar: Google Maps Rahmadani Suci

Karena tempat wisata yang satu ini berada di tengah hutan, masih banyak fasilitas umum yang belum ada di dekatnya. Sebut saja warung makan dan toilet umum. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar Telaga Bidadari.

1. Area parkir kendaraan

Fasilitas pertama adalah area parkir yang dapat digunakan wisatawan untuk memarkir kendaraannya. Diharapkan kendaraan terkunci dengan baik dan membawa barang berharga yang dimiliki. Kalaupun parkiran dijaga penjaga, apa salahnya mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Jalan menuju tempat wisata

Fasilitas selanjutnya adalah jalur pendakian atau jalur yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju lokasi danau. Jalur ini sangat ekstrim, sehingga disarankan untuk menggunakan sepatu yang kokoh agar dapat menopang tubuh dan terhindar dari terpeleset akibat pemilihan sepatu yang buruk.

3. Jembatan Koneksi

Di sepanjang jalan yang menuju ke lokasi danau menawan ini, wisatawan akan menemukan beberapa jembatan yang dibangun menggunakan batang pohon seadanya. Jembatan ini digunakan untuk membantu wisatawan menyeberangi sungai di bawahnya. Perhatikan kaki karena jembatan improvisasi ini sangat sederhana.

Lokasi Telaga Bidadari Batam yang berada di tengah hutan akan membuat wisatawan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya. Namun, ketika sampai rasa lelah, itu akan terbayar lunas dengan pemandangan yang disediakan. Tetap perhatikan kebersihan lingkungan agar danau ini bisa dinikmati oleh wisatawan lainnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button