Waduk Jatigede, Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Mempesona - WisataHits
wisatahits

Waduk Jatigede, Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Mempesona

Waduk Jatigede, Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Mempesona

Waduk Jatigede di Sumedang tidak hanya sangat bermanfaat untuk pencegahan banjir, tetapi juga bermanfaat sebagai tempat rekreasi dengan pemandangan yang indah.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Cijeungjing, Kec. Jatigede, Kab. Sumedang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Di Jawa Barat terdapat waduk yang sangat besar, terbesar ke-2 di Indonesia. Waduk tersebut adalah Waduk Jatigede yang menahan aliran Sungai Sumedang Cimanuk. Proyek pembangunan waduk ini sebenarnya sudah ada sejak lama, yakni sekitar tahun 1980. Namun pembangunannya baru dilakukan pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2015.

Tujuan dibangunnya waduk ini adalah untuk menampung air hujan, mencegah banjir, menyediakan air irigasi, membangkitkan listrik, dll. Namun karena keindahan alamnya, banyak wisatawan yang mengunjungi waduk ini. Selain itu, beberapa objek wisata baru juga bermunculan di sekitar waduk.

Hal ini tentunya semakin menarik minat wisatawan untuk mengunjungi waduk dan tempat-tempat wisata di sekitarnya. Beberapa kegiatan rekreasi yang menarik dapat dilakukan di waduk yang indah ini. Dengan demikian, sebagian besar wisatawan tidak bosan mengunjungi waduk secara berulang-ulang.

Daya Tarik Waduk Jatigede

Objek Wisata Waduk JatigedeFoto oleh Senandung Kasih di Flickr

Menuju Waduk Jatigede dan tempat wisata di sekitarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Satu hal yang membuat kegiatan ini menarik dan menyenangkan adalah daya pikat yang ditawarkan waduk cantik dan kawasan sekitarnya. Apa saja atraksinya?

✦ Pemandangan indah seperti Raja Ampat

Waduk ini memiliki hamparan air yang sangat luas dengan daya tampung air hampir 980 juta meter kubik. Hamparan airnya berwarna kebiruan seperti lautan. Apalagi di waduk ini juga terdapat gundukan seperti pulau. Jadi, jika dilihat dari kejauhan pemandangan yang indah akan terlihat seperti pemandangan alam Raja Ampat yang indah.

Pemandangan ini semakin indah dengan latar pegunungan di beberapa sisi Waduk Jatigede. Jadi jika mengambil foto dari sisi kanan, wisatawan akan mendapatkan foto yang sangat menarik. Namun, pemandangan ini hanya ada saat musim hujan. Saat musim kemarau, air di waduk akan surut dan terlihat reruntuhan desa kuno yang tenggelam.

✦ Tempat wisata di sekitar waduk

Daya tarik lain dari waduk yang mempesona ini adalah tempat wisata yang mengelilinginya. Tempat-tempat wisata ini biasanya menawarkan pemandangan waduk yang menakjubkan, tempat foto yang Instagrammable, tempat piknik, dan banyak lagi. Dengan demikian, wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu hari.

✦ Olahraga air yang menyenangkan dan mengasyikkan

Saat musim hujan atau saat waduk banjir, wisatawan bisa mencoba berbagai olahraga air saat berkunjung ke Waduk Jatigede. Wisatawan yang menyukai olahraga air atau ingin tantangan pasti akan tertarik menjajal berbagai olahraga air di waduk cantik ini.

✦ Kuliner Khas Sumedang

Kuliner Sumedang menjadi daya tarik lain dari kawasan waduk terbesar di Jawa Barat dan sekitarnya ini. Di sekitar waduk cantik ini terdapat banyak tempat kuliner Sumedang yang bisa memanjakan lidah Anda. Beberapa resto atau rumah makan juga menawarkan pemandangan bendungan yang megah.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Waduk JatigedeFoto oleh Senandung Kasih di Flickr

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Waduk Jatigede wajib mengetahui lokasi dan jalur menuju waduk cantik ini. Lokasi bendungan besar ini berada di Jatigede Kulon, Cijeungjing, Sumedang, Jawa Barat. Jarak dari waduk ke pusat kota Sumedang sekitar 40 km atau sekitar 50 menit berkendara.

Sayangnya, belum ada angkutan umum seperti bus yang bisa mengantarkan wisatawan ke waduk ini. Bus biasanya akan menurunkan wisatawan di desa atau terminal tujuan. Kemudian mereka harus melanjutkan perjalanan dengan transportasi online. Alhasil, sebagian besar wisatawan memilih datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa bus.

Untuk menuju waduk cantik ini wisatawan bisa mengikuti jalur ini yaitu dari Alun-alun Sumedang silahkan ambil jalur Jl Sumedang-Wado menuju Alun-alun Situraja. Sampai di alun-alun ini, belok kiri menyusuri Jl Raya Cikopo menuju desa Pajagan. Lalu belok kiri dan ikuti jalan menuju Lingkar Barat Jatigede.

Wisatawan akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 saat memasuki kawasan wisata melalui Pintu Gerbang Bendungan Jatigede. Selain biaya tiket, mereka juga harus membayar biaya parkir kendaraan mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000. Wisatawan bisa datang ke Waduk Jatigede pada hari Senin hingga Minggu antara pukul 08:00 hingga 17:00.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Waduk JatigedeKredit gambar: Google Maps Althafi Assyifani

Selama berada di kawasan sekitar Waduk Jatigede, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Kegiatan tersebut ada yang dilakukan di tepi waduk dan ada pula yang dilakukan di zona perairan waduk. Beberapa kegiatan tersebut juga gratis sehingga wisatawan dapat menghemat anggaran liburannya.

1. Memancing

Waduk ini tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan, tetapi juga tempat memancing yang menjanjikan. Kegiatan memancing di waduk cantik ini memang bisa membuat wisatawan merasa rileks dan tentunya puas jika berhasil menangkap ikan. Sebelum memancing, wisatawan bisa menyewa rakit atau kabin terlebih dahulu. Biaya sewa stan umumnya terjangkau.

2. Berjalan di perahu

Untuk merasakan keindahan Waduk Jatigede dari dekat, wisatawan harus mencoba wisata perahu dengan menggunakan perahu sewaan. Kegiatan ini menawarkan pengalaman wisata yang cukup mengesankan. Sedangkan untuk biaya sewa perahu, wisatawan bisa mengajukan permohonan jasa sewa perahu di waduk ini terlebih dahulu.

Biaya sewa kapal mencapai ratusan ribu per hari jika menggunakan sistem borongan. Sehingga, wisatawan perlu menyiapkan budget ekstra untuk menikmati aktivitas ini. Meski begitu, biaya sewanya cukup terjangkau karena penyewa bisa menggunakannya sepanjang hari bersama rombongan wisatanya.

3. Piknik

Bagi wisatawan yang lebih suka bersantai dan menikmati pemandangan waduk yang menakjubkan dari tepiannya, piknik bersama orang tersayang adalah pilihan terbaik. Agar pengalaman liburan ini semakin menyenangkan, pilihlah tempat piknik yang teduh. Selain itu, lakukan piknik ini di sore hari agar Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang indah.

4. Ambil gambar

Wisatawan tidak boleh lupa untuk mengabadikan keindahan Waduk Jatigede, yang terbesar di Jawa Barat. Ada banyak spot foto instagenic yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto di kawasan waduk cantik ini. Agar hasil foto semakin menarik, jangan lupa siapkan kamera terbaik di rumah Anda.

5. Kamp

Sunset di waduk ini sangat indah dan megah. Untuk menyaksikannya, wisatawan bisa berkemah di sekitar waduk cantik ini. Ada beberapa bumi perkemahan yang bisa digunakan wisatawan untuk berkemah. Semua tempat perkemahan ini menawarkan keindahan waduk, namun tidak semuanya menawarkan jasa persewaan tenda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Waduk JatigedeFoto oleh Senandung Kasih di Flickr

Saat berwisata ke Waduk Jatigede, wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang akan didapat selama menginap. Kawasan wisata waduk memiliki fasilitas rekreasi dan penunjang yang lengkap. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati aktivitas rekreasinya dengan cara yang menyenangkan dan nyaman. Fasilitas tersebut adalah:

  • persewaan gubuk dan rakit untuk memancing;
  • persewaan perahu;
  • Gazebo untuk bersantai menikmati panorama waduk yang megah;
  • Spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan;
  • Area berkemah;
  • ruang sholat;
  • warung makan;
  • Area parkir; Dan
  • Toilet/kamar mandi.

Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar di Jawa Barat dan terbesar ke-2 di Indonesia. Waduk ini dibangun untuk membendung Sungai Cimanuk untuk mencegah banjir, menyediakan air untuk irigasi, dan sumber pembangkit listrik tenaga air. Apalagi waduk dengan pemandangan indah ini juga berfungsi sebagai tempat wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button