Museum Gunung Merapi, museum sejarah di Jogja untuk belajar tentang gunung berapi - WisataHits
wisatahits

Museum Gunung Merapi, museum sejarah di Jogja untuk belajar tentang gunung berapi

Museum Gunung Merapi adalah museum sejarah dan unik di Sleman, Jogja yang menjadi tujuan untuk belajar tentang gunung berapi. Objek wisata ini berbentuk trapeze dengan desain futuristik, menawarkan berbagai aktivitas edukasi.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pachem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Salah satu kunjungan paling populer di Sleman Yogyakarta adalah Museum Gunung Merapi. Wisata edukasi yang mampu membekali pengunjung dengan wawasan yang lebih dalam tentang gunung berapi, khususnya Gunung Merapai. Gunung yang sebagian terletak di provinsi Yogyakarya ini memang menjadi ikon tersendiri bagi masyarakat Yogya.

Jika Anda mengunjungi museum yang terletak di lereng Gunung Merapi ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang aspek vulkanik dan isu-isu yang berkaitan dengan geologi secara ilmiah. Semua informasi yang bersifat edukatif disajikan secara menarik sehingga mudah dipahami.

Selain itu, dengan dibangunnya museum ini diharapkan masyarakat nantinya dapat mengetahui bahaya serius dari erupsi Gunung Merapi, sehingga mampu meningkatkan kesadaran dan meminimalisir dampak buruk dari bencana tersebut.

Atraksi Museum Gunung Merapi

Museum Objek Wisata Gunung MerapiKredit gambar: Google Maps Arief Said

1. Teater mini

Saat memasuki lantai 2, Anda masih bisa melihat koleksi artefak peninggalan erupsi Merapi. Di sini terdapat berbagai koleksi menarik seperti simulasi gempa bumi, demonstrasi simulasi tsunami, simulasi simulasi koridor dan lain-lain. Menariknya, beberapa koleksi ini masih berfungsi dengan baik.

Selain koleksi benda-benda tersebut, pengunjung juga akan disuguhkan teater mini bertema erupsi Gunung Merapi. Teater mini ini digambarkan dalam sebuah film pendek berjudul Mahaguru Merapi. Film ini hanya berdurasi sekitar 30 menit dan menceritakan tentang dua sisi berbeda dari Gunung Merapi.

Gunung yang sangat aktif ini memiliki sisi seperti berkah bagi penduduk di sekitar lereng sekaligus bencana yang sangat menakutkan. Keberkahan yang diberikan Merapi kepada warga lereng tersebut tentu saja merupakan lahan pertanian yang subur akibat erupsi sehingga menjadi ladang seadanya bagi para petani di sekitarnya.

Namun di sisi lain, erupsi Merapi juga menimbulkan bencana yang dapat merenggut nyawa siapa saja yang menerjangnya. Tidak hanya manusia, tetapi semua makhluk yang terkena dampak letusan harus binasa.

2. Desain Museum Futuristik

Museum Merapi diresmikan pada tahun 2009, ditandatangani langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral saat itu. Secara umum, museum ini memiliki luas sekitar 4.430 m² dan dibangun di atas lahan seluas hampir 4 hektar.

Museum ini dibangun dengan desain yang agak unik, yaitu berbentuk trapesium dengan salah satu sisi puncaknya membentuk kerucut. Lokasinya yang berada di lereng selatan Gunung Merapi membuat pemandangan di sekitarnya sangat indah. Pengunjung yang datang ke sini bisa dengan jelas melihat kemegahan gunung teraktif di Indonesia ini.

Saat cuaca di sekitar museum cerah dan tidak tertutup kabut, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan Gunung Merapi dan sekitar kota Yogyakarta.

3. Replika Gunung Merapi

Atraksi Museum Gunung Merapi LainnyaKredit gambar: Google Maps Danar Wati

Gedung Museum Gunung Merapi memiliki dua lantai yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Di lantai satu Anda akan menemukan beberapa ruangan yang memiliki koleksi berbeda. Misalnya tema gunung berapi dan manusia, tema gunung berapi, tema diorama, tema bencana tsunami dan lain-lain.

Saat Anda memasuki museum, Anda akan disambut oleh replika gunung berapi ini. Replika tersebut mewakili letusan Merapi yang terjadi setiap tahun. Tidak hanya secara visual, replika ini juga dilengkapi dengan efek suara menderu seperti gunung di tengah letusan.

Replika Gunung Merapi juga dilengkapi dengan 3 kancing yang disesuaikan dengan tahun meletusnya gunung ini seperti letusan tahun 1969, 1994 dan 2006.

Jika salah satu tombol ditekan maka akan muncul tampilan situasi erupsi Gunung Merapi menurut tahun terjadinya. Gempa susulan ini juga menjelaskan sebaran wedus gembel atau awan panas lengkap dengan aliran lava pijar yang dibuat sama persis dengan kejadian aslinya.

Di ruangan lain yang masih satu lantai, Anda akan menemukan berbagai peninggalan erupsi seperti puing-puing dari letusan gunung berapi, kumpulan berbagai foto akibat erupsi yang terjadi di Gunung Merapi. Berbagai foto dokumenter telah dikumpulkan untuk memperingati letusan dari waktu ke waktu. Selain itu, di sini juga terdapat bebatuan dari Gunung Merapi yang dikumpulkan sejak tahun 1930.

Saat memasuki ruangan lain, pengunjung museum dapat menemukan berbagai alat yang digunakan untuk mengamati gunung. Beberapa alat tersebut seperti radio, komputer, seismograf dan masih banyak alat lainnya. Tentu saja alat-alat tersebut sudah tidak digunakan lagi dan telah digantikan oleh alat-alat yang lebih modern.

Di ruangan lain juga terdapat berbagai koleksi peninggalan erupsi yang dibawa oleh museum. Misalnya seperti peralatan rumah tangga, batu, sepeda motor dan benda-benda lain yang rusak akibat erupsi Merapi.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Museum Gunung Merapi

Alamat Museum Gunung MerapiKredit gambar: Google Maps Aprilia Novita Sari

Secara administratif museum ini terletak di DI Yogyakarta, Kabupaten Sleman, tepatnya di Dusun Banteng, Kabupaten Pakem. Untuk mencapai lokasi museum setidaknya perlu menempuh jarak sekitar 25 km. Dari pusat kota Jogja Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Akses menuju lokasi Museum Merapi juga cukup mudah. Dari pusat kota Jogja, Anda bisa menggunakan Jalan Kaliurang. Setelah berkendara sekitar 20 km, belok kiri dan ikuti rambu ke objek wisata Kaliurang.

Nanti ketika sudah menemukan gerbang masuk kawasan wisata Kaliurang, tinggal belok kanan, sudah dekat dengan lokasi museum Merapi.

Untuk menuju lokasi museum, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil, taksi dan sarana transportasi lainnya. Namun bagi anda yang belum begitu familiar dengan jalanan Jogjakarta, anda juga bisa menyewa jasa tour and travel yang banyak tersebar di sudut-sudut kota.

Jam buka museum adalah Selasa hingga Minggu, pukul 8 pagi hingga 4 sore. Namun, untuk hari Jumat, museum ini hanya buka hingga pukul 2 siang. Untuk masuk ke dalam kawasan museum tentunya harus membayar.

Anda tidak perlu khawatir karena tiket yang disediakan sangat terjangkau. Untuk wisatawan lokal, harga tiket yang harus dibayar adalah Rp 5.000. Sedangkan untuk turis asing, harga tiketnya dua kali lipat lebih mahal, yakni Rp 10.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Museum Merapi

Aktivitas Museum Gunung MerapiKredit gambar: Google Maps Sheila Arnetha

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi museum ini. Beberapa kegiatan yang paling seru antara lain:

1. Nonton film pendek tentang Merapi

Seperti dijelaskan di atas, di museum yang indah ini Anda akan disuguhkan film pendek tentang Gunung Merapi. Film berjudul Mahaguru Merapi ini bercerita tentang dua sisi gunung teraktif di Indonesia yang berbeda. Anda dapat melihatnya di teater mini yang terletak di lantai 2 museum.

Dengan menonton film Gunung Merapi, Anda akan belajar lebih banyak tentang dua sisi dari letusan gunung berapi yang luar biasa ini. Dengan begitu, pengetahuan Anda akan semakin bertambah. Inilah sebabnya mengapa museum ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau teman.

2. Kunjungan Edukasi

Tentunya selain menikmati wisata panorama yang menyegarkan, Anda juga akan mendapat manfaat dari pelatihan yang sangat bermanfaat. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Gunung Merapi, seperti sejarah waktu letusan dan potret Gunung Merapi. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang berbagai cara untuk menangani letusan gunung berapi.

Edukasi selanjutnya berkaitan dengan sejarah dimana anda bisa mengetahui sejarah letusan yang terjadi di Gunung Merapi. Penggambaran kedahsyatan Gunung Merapi saat meletus dan menghancurkan semua benda di sekitarnya.

Fasilitas yang ada di Museum Gunung Merapi

Fasilitas Museum Gunung MerapiKredit gambar: Twitter Indonesia yang indah

Fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini cukup lengkap dan memadai. Anda akan menemukan bahwa tempat parkir milik tempat wisata ini sangat luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika harus membawa mobil ke tempat ini. Selain itu, toilet umum dan kantin tersedia di kompleks museum.

Dengan kantin, ketika lelah dan lapar, Anda bisa berhenti sejenak untuk menikmati makanan dan minuman. Soal souvenir juga tidak perlu bingung, karena museum ini juga menyediakan toko souvenir bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh setelah berkunjung.

Di toko suvenir ini, Anda bisa mendapatkan miniatur t-shirt pernak-pernik lain yang berhubungan dengan Gunung Merapi. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga hotel yang nyaman dan terjangkau di sekitar museum.

Pengelolaan Museum Merapi memang dilakukan dengan sangat baik. Bahkan tempat-tempat wisata telah direnovasi kembali sehingga dapat mendukung lebih banyak kegiatan wisata.

Berkunjung ke Museum Gunung Merapi memang sangat menarik. Oleh karena itu bagi anda yang sedang mencari wisata edukasi sangat direkomendasikan untuk mengunjungi museum di Jogja ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button