Tiket dan Aktivitas AIR TERJUN MADAKARIPURA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas AIR TERJUN MADAKARIPURA

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura : Rp 22.000 – Rp 45.000

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Madakaripura ditempatkan sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa. Dengan ketinggian sekitar 200 meter, air terjun ini juga merupakan yang tertinggi kedua di Indonesia.

Air terjun ini juga dikenal sebagai Air Terjun Abadi. Sebuah destinasi wisata alam yang buka sejak tahun 1991. Kawasan air terjun di kaki Gunung Bromo ini konon merupakan lokasi pertapaan Gajah Mada.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung perlu membayar tiket. Biaya masuk daerahnya bisa dibilang cukup terjangkau, cukup bayar Rp 22.000 saja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura
Tiket domestik reguler Rp22.000
Tiket reguler ke luar negeri Rp45.000

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan SEA SAND BROMO Probolinggo

Informasi pengunjung harus memperhatikan:

  • Pengunjung wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis 1.
  • Pengelola tidak mewajibkan pengunjung untuk menggunakan jasa pemandu lokal. Jika ada pemaksaan bisa langsung melapor ke Air Terjun Madakaripura.

Bagi wisatawan mancanegara, silakan baca artikel ini untuk informasi lengkap mengenai air terjun ini (biaya masuk luar negeri dan aktivitas utama).

Jam Buka Air Terjun Madakaripura

Wisatawan bisa datang ke air terjun setiap hari. Buka pagi hingga sore, hari kerja dan akhir pekan.

Waktu operasional
Senin minggu 07.00 – 16.00 WIB

Berbagai kegiatan wisata

tumpahan air dari perbukitan di sekitar area air terjun MadakaripuraAir terjun dari ketinggian 200 meter, menjadikannya air terjun tertinggi di pulau Jawa. Foto: Instagram/airterjunmadakaripura

Air Terjun Madakaripura berjarak 1 jam dari kota Probolinggo atau sekitar 37 kilometer. Kawasan ini memiliki pengelolaan yang jelas dimana kegiatan wisata diawasi oleh pengawas.
Pelajari sejarah Madakaripura

Nama Madakaripura diambil dari kata “Mada” yang mengacu pada Gajah Mada. Dan untuk “Kari” berarti peninggalan, sedangkan “Pura” berarti tempat untuk berdoa atau bersemedi. Air terjun ini juga dipercaya sebagai tempat pertapaan para Patih kerajaan Majapahit.

Cerita tersebut didukung dengan adanya patung Gajah Mada di tempat parkir tempat wisata ini. Patung tersebut memulai perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Coban Rondo Malang

Pendakian Air Terjun

trekking ke air terjun madakaripuraMendaki ke air terjun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan pemandangan indah di sekitar penawaran air terjun. Foto: Google Maps/Kun Tek Ng

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, wisatawan harus melewati kawasan hutan terlebih dahulu. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Rute jalan setapak di lembah berbukit berada di sebelah sungai di sepanjang jalan melakukan perjalanan.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan ditemani tebing-tebing menghijau di kanan kiri sungai. Saat musim hujan, beberapa air terjun kecil muncul dan tampak mengalir di tepi tebing. Disarankan untuk memakai sandal non-slip karena beberapa titik cukup licin.

Baca: Tiket Masuk Coban Talun dan Wana Wisata

Mendekati ujung air terjun, lembah sungai menyempit seperti ngarai dan wisatawan disarankan untuk memakai jas hujan. Karena meski cuaca bagus, di sekitar air terjun sepertinya akan turun hujan. Airnya tidak hanya mengalir ke air terjun utama, tetapi juga dari tepian tebing yang sempit.

Menikmati keindahan Madakaripura

keindahan pemandangan air terjunKeindahan pemandangan air terjun sangat menawan dengan jurang dan perbukitan. Foto: Google Maps/Gustiawan Godi

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Bromo pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Udara segar berpadu dengan suasana alam yang hijau. Panorama air yang jatuh melalui tebing vertikal yang ditumbuhi tanaman hijau begitu memesona.

Di ujung ngarai, Anda bisa melihat air terjun Madakaripura yang megah. Gemericik air terjun terlihat seperti hujan, yang memberikan efek relaksasi bagi wisatawan. Konon di beberapa relung kecil di sekitar air terjun, Gajah Mada bertapa.

Madakaripura dijuluki air terjun abadi karena aliran airnya selalu melimpah meski di musim kemarau. Kondisi airnya selalu jernih dan sejuk, terlihat seperti gerimis yang membasahi seluruh ngarai. Air mengalir di antara dua dinding batu yang seolah menghalangi masuknya sinar matahari.

Jelajahi pesona unik air terjun

Kekhasan air terjun Madakaripura adalah bentuk tebing yang mengelilinginya yang menyerupai ceruk. Relung dan perbukitan ini membuat wisatawan merasa seperti berada di dalam botol. Percikan air di air terjun ini tidak hanya satu, tapi hampir merata di seluruh bagian tebing.

Hal ini membuat cipratan air terlihat seperti tetesan air hujan, terkadang membentuk pelangi. Air tidak hanya di air terjun utama, tetapi juga dari tepi tebing yang sempit. Beberapa di antaranya bahkan meluber hingga membentuk air terjun lain, setidaknya empat air terjun pendamping.

Baca: Tiket Masuk dan Tiket Aktivitas Coban Rondo Labyrinth

Air terjun utama terletak di tiga tebing dengan aliran sungai yang kuat di atasnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah menjelang akhir musim hujan. Karena curah hujan mulai berkurang, jadi tidak perlu khawatir akan banjir.

Mandi di air terjun

wisatawan mandi dan berenang di air terjunTidak lengkap rasanya datang ke sini jika tidak merasakan kesejukan air terjun ini. Foto: Google Maps/Iffan Permana

Kegiatan berenang dipersilakan untuk wisatawan renang yang kuat. Di bagian bawah, kedalamannya mencapai 6-7 meter. Untuk mandi wisatawan berpegangan pada balok kayu yang berfungsi sebagai pelampung.

Saat hari gelap dan mendung, larangan pergi ke air terjun diberlakukan. Memang, datangnya air hujan dan banjir dari hulu tampaknya tidak bisa diprediksi. Selain rawan banjir, Air Terjun Madakaripura juga rawan longsor karena dipenuhi tebing terjal.

Meredakan

Di dekat pintu masuk utama Air Terjun Madakaripura terdapat tempat parkir khusus sepeda motor. Fasilitas seperti toilet, kamar mandi, toko suvenir, dan mushola terdapat di sekitar stasiun berbayar. Toilet di kawasan wisata ini bersih, langsung dari air terjun.

Di sepanjang jalan, ada banyak kotak sarang lebah yang dibuat oleh warga sekitar untuk mendapatkan madu segar. Madu alami banyak dijual di warung dan rumah penduduk setempat. Di depan pintu masuk terdapat warung-warung tempat wisatawan bisa menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan.

Dari pintu masuk menuju air terjun utama, kondisinya masih sangat alami. Beberapa penjual menawarkan jas hujan, sandal, dan jasa Pemandu wisata.

Jalan Menuju Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di perbatasan antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan. Wisatawan umumnya lebih suka mengambil jalur Probolinggo karena medannya lebih mudah dilalui.

Rute dari pusat Kab. Probolinggo juga lebih dekat sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan jika memilih Pasuruan, bisa memakan waktu lebih dari 2 jam.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Wisata air terjun ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tepatnya di Desa Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur 67183.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button