Curug Hordeng, Pesona Eksotis Air Terjun dengan Panorama Menakjubkan di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Hordeng, Pesona Eksotis Air Terjun dengan Panorama Menakjubkan di Bogor

Harga tiket: Rp35.000 Jam operasional: 07.00–15.00 WIB, Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamuka, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika Anda berkunjung ke Bogor, jangan lupa menyempatkan diri untuk ke Curug Hordeng. Keindahan alam yang dihadirkan oleh air terjun ini tentunya tidak akan mengecewakan Anda. Air terjun ini masih berada di kawasan Sentul, jadi jangan heran jika Anda menjumpai banyak pepohonan rindang di sepanjang jalan. Bagi Anda yang suka berwisata sambil menguji nyali, air terjun Kampung Cibeureum ini menawarkan tantangan rasa yang berbeda dari yang lain.

Banyak turis pergi ke sana, terutama pada hari libur nasional. Kebanyakan tidak kecewa dengan apa yang disajikan, baik dari segi alam maupun dari udara pegunungan yang segar. Apalagi letaknya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar, seperti Jakarta, Depok, dan Bekasi. Hanya saja sebagian besar jalan belum diaspal dan banyak tanjakan dan turunan yang terjal. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati untuk alasan keamanan.

Disebut Curug Hordeng karena bentuknya yang mirip dengan Hordeng, yaitu tirai dalam bahasa setempat. Uniknya, air terjun ini tidak turun secara langsung, melainkan secara diagonal. Ini karena arusnya yang cukup deras dan juga terdapat bebatuan di ujungnya sesaat sebelum air masuk ke dalam kolam. Airnya jernih dengan semburat kehijauan, Anda bisa melihat bebatuan di dasar kolam. Kedalamannya sekitar 2 meter untuk kolam renang yang berada tepat di bawah air terjun. Sedangkan kolam di sekitarnya cukup dangkal, sehingga Anda bisa memainkannya di air.

Daya tarik Curug Hordeng

Obyek wisata Curug HordengKredit gambar: Google Maps Uya Setiawan

Setiap tempat wisata memiliki pesona tersendiri, termasuk air terjun ini. Inilah alasan mengapa banyak orang berkunjung, bahkan ingin datang dari jauh. Berikut objek wisata Curug Hordeng yang bisa Anda temukan, baik di lokasi maupun saat bepergian!

1. Panorama alam pegunungan dan hutan

Di mana Curug kalau bukan di hutan dan pegunungan! Selama perjalanan, Anda akan menemukan pemandangan alam berupa pohon pinus dan jenis pohon lain yang biasanya terdapat di dalam hutan. Kawasan Sentul masih alami karena belum banyak dijamah manusia. Bahkan penduduknya masih minim, terutama yang masih berada di lokasi wisata.

Udara disana masih bersih, tidak ada polusi dari pabrik atau kegiatan sejenis. Kalaupun ada, mungkin saja asap dari kendaraan bermotor yang melintas. Apalagi lokasi Curug Hordeng yang ketinggiannya sekitar 700 meter di atas permukaan laut, udara dingin dan segar pasti sangat terasa. Untuk ini ada baiknya jika tidak terbiasa dengan hawa dingin lebih baik memakai jaket.

2. Keindahan Curug Hordeng

Sesampainya di sana, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang disajikan oleh salah satu air terjun Bogor. Airnya sangat jernih dengan warna hijau cerah, kejernihannya mampu menembus bebatuan di bawah kolam. Jangan khawatir, untuk kolam yang jauh dari air terjun cukup dangkal. Cocok untuk anak-anak bermain atau anda yang tidak bisa berenang.

Air terjun ini terdiri dari dua undakan yang masing-masing undakan memiliki kolam tersendiri. Anak tangga pertama tentunya berada di dekat air terjun, tidak disarankan untuk berenang di kolam tersebut karena kedalamannya mencapai 3 meter. Sedangkan cekungan kedua berada di aliran setelah cekungan pertama yang membentuk air terjun mini. Namun bukan air terjun karena airnya mengalir melewati bebatuan yang landai.

Dari atas, Anda juga bisa melihat keindahan air terjun yang ditumbuhi tumbuhan. Kebanyakan tumbuhan biasa, yang tidak terlalu besar dan tinggi. Akar pohon terkadang menonjol dari bebatuan. Pemandangan alam yang disajikan di Curug Hordeng terbilang lengkap. Jangan heran jika akhir pekan tiba, banyak wisatawan yang datang dan pergi dari lokasi wisata tersebut.

3. Seri Curug

Objek wisata yang dimiliki oleh Curug HordengKredit Gambar: Instagram Ridwan adimuliya

Bukan hanya satu air terjun, melainkan beberapa tempat yang jaraknya tidak jauh, makanya disebut rangkaian air terjun. Sebelum atau sesudah menikmati pemandangan air terjun utama, Anda bisa menuju Air Terjun Kembar. Persis seperti namanya, ada dua air terjun yang berdampingan. Airnya mengalir dari sungai yang sama, makanya disebut Curug Kembar.

Tidak butuh waktu lama untuk mencapai lokasi, hanya 10 menit dengan jalan setapak. Berhati-hatilah karena jalan yang Anda tempuh cukup licin, terutama saat musim hujan. Kondisi kolam tidak jauh berbeda dengan air terjun utama, masih jernih, dan warnanya agak putih. Kedalaman kolam tidak terlalu dalam, sehingga lebih aman untuk berenang.

Lalu ada Curug Ciburial yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Sama seperti air terjun lainnya, jangan berharap jalan beraspal saat Anda berkunjung. Jalan tanah dengan garis bebatuan kecil dan besar siap menghalangi upaya Anda untuk menikmati keindahannya. Air terjun di tempat ini memang tidak terlalu tinggi, namun kedalamannya tidak disarankan untuk berenang. Sekitar 4-5 meter, pastikan Anda adalah perenang ahli atau lebih baik menghindarinya. Apalagi arusnya juga cukup kencang, bahkan lebih kuat dari semua air terjun yang ada di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Hordeng BogorKredit gambar: Google Maps Ray Restu Fauzi

Alamat Curug Hordeng di Jl.Gunungwangun, Kp. Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Banyak rute yang bisa dilalui, tergantung dari arah mana Anda berasal. Jika Anda berangkat dari kawasan Jonggol, silakan ambil jalan Sukamakmur yang mengarah ke Cibadak. Lanjutkan perjalanan ke Cibeureum, anda bisa melihat papan petunjuk dari sana untuk menuju lokasi wisata.

Sedangkan bagi yang berada di Sentul, ambil jalan Jungle Land dan arahkan kendaraan menuju Gunung Pancar. Anda akan menemukan desa Loji sebelum tiba di kawasan Cibeureum. Jalan di sini menanjak, Anda harus berhati-hati untuk melanjutkan perjalanan ke stasiun masuk. Berbeda dengan yang datang dari Citerap, ambil jalan dari Tajur menuju Cibadak kemudian berakhir di Cibeureum.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Hordeng BogorKredit Gambar: Google Maps hasan sadiq shahab

Untuk menikmati keindahan alam dan pesona air terjun tentu ada harga yang harus dibayar karena penduduk setempat telah mengelola lokasi tersebut dengan baik. Dengan 35.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati semua yang ada di tempat wisata ini. Harga tiket juga berlaku untuk hari libur nasional, artinya tidak ada perbedaan antara weekdays dan weekend.

Namun demi kenyamanan dan kepuasan beraktivitas di Curug Hordeng, akan lebih baik jika Anda datang pada hari yang aktif karena tidak terlalu banyak orang. Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau. Tidak hanya akses jalan yang licin saat hujan, air kolam juga tetap jernih saat musim kemarau. Hal ini disebabkan arus yang kuat dan aliran air yang lebih besar pada musim hujan, yang membuat aliran air dan tambak menjadi keruh.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Hordeng

Aktivitas air terjun Bogor HordengKredit gambar: Google Maps Sugeng Riyanto

Tidak hanya pemandangan alam yang indah dan menakjubkan saja yang bisa dinikmati di tempat wisata. Banyaknya aktivitas menarik yang bisa dilakukan juga menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang rela datang dari luar kota. Buat kamu yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata alam berupa air terjun dan ragu memilih aktivitas seru, berikut rekomendasi kami!

1. Berenang di Curug Hordeng

Jika Anda sedang berada di sebuah kolam, entah itu pemandian atau danau air terjun yang indah itu, aktivitas yang wajib dilakukan sudah pasti berenang. Anda bebas berenang di sini karena airnya tidak terlalu dalam, asalkan tidak langsung berada di bawah air terjun. Selain mencapai kedalaman lebih dari 2 meter, arusnya juga cukup kencang. Bermain air di tepi kolam juga menyenangkan, terutama untuk anak-anak.

Selain berenang di Curug Hordeng, Anda juga bisa bermain air di Curug Kembar. Kedalaman kolam air terjun yang terletak sekitar 70 meter dari lokasi utama hanya sedalam mata kaki. Kolam renang di bawah air terjun tidak disarankan untuk berenang karena terlalu dalam. Sama halnya dengan Curug Ciburial yang hanya bisa digunakan sebagai tempat bermain air atau berfoto selfie. Kedalaman kolam mencapai lebih dari 4 meter jadi lebih baik tidak berenang di dalamnya.

2. Sulit untuk diikuti

Jalanan yang mulus dan datar ternyata jauh dari ekspektasi, malah Anda disuguhi jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang ekstrim. Meski kendaraan bermotor bisa melewati hingga gerbang, namun lebih baik hati-hati karena jalannya terkadang licin. Pastikan juga kondisi sepeda motor dalam keadaan prima atau pilihlah mobil yang tidak terlalu besar. Bukan tanpa alasan, jalannya cukup sempit jika dilalui bersamaan, atau saat berpapasan dengan mobil lain.

Kendaraan tidak bisa langsung menuju Curug Hordeng, harus parkir terlebih dahulu dan jalan kaki untuk menuju ke sana. Jalan yang dilalui juga tidak mulus, bebatuan khas kontur gunung menjadi teman selama perjalanan. Ada keuntungan dalam perjalanan ini, yaitu keindahan pemandangan hutan dan perkebunan milik penduduk setempat. Sewaktu-waktu, Anda bisa berhenti sejenak untuk beristirahat sambil menikmati indahnya alam hijau perkebunan.

3. Foto selfie

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto atau dengan berfoto. Tidak ada yang perlu dikeluhkan, karena panorama alam sekitar selalu menggoda untuk dilakukan. Selain itu, ada banyak spot foto cantik yang menanti Anda, baik saat menuju ke tempat tersebut maupun saat Anda tiba di tempat tersebut. Misalnya saat Anda sedang dalam perjalanan, ada tempat unik berupa teras atau jembatan kayu. Latar belakang yang diambil berupa pepohonan hutan hijau membuat foto-foto tersebut layak untuk diunggah ke media sosial.

Ada juga pendopo berbentuk bunga yang bisa dijadikan alternatif. Keduanya menawarkan keindahan alam yang menjanjikan dan menghasilkan foto yang sempurna. Tempat yang tak kalah indah tentunya saat anda berada di situs Curug Hordeng. Bebatuan besar di samping air terjun bisa dijadikan titik pemotretan. Bagus atau tidaknya, hasil foto sebenarnya tergantung dari sudut pengambilan gambar. Namun kali ini Anda tidak membutuhkan fotografer profesional karena setiap titik memiliki sudut yang dijamin indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Pemasangan Hordeng Curug BogorKredit gambar: Google Maps Muhammad Yoan Al Rasyid

Perlengkapan yang disediakan benar-benar terjamin karena pihak pengelola juga tidak ingin mengecewakan pengunjung. Mulai dari tempat ibadah, toilet, hingga tempat parkir, semuanya tersedia di sana.

Selain itu, ada juga warung makan di sekitar tempat parkir yang bisa Anda beli selama perjalanan. Belum ada akomodasi, namun Anda bisa bermalam di Puncak Masigit yang tidak jauh dari lokasi air terjun.

Berbicara tentang wisata alam berupa air terjun memang tidak ada habisnya. Oleh karena itu, Anda harus datang langsung ke tempat tersebut untuk membuktikan sendiri keindahannya. Selain itu, lakukan aktivitas seru di Curug Hordeng seperti yang direkomendasikan di atas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button