MKI Wonogiri, Miniatur Kawasan Pegunungan Sewu - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

MKI Wonogiri, Miniatur Kawasan Pegunungan Sewu – Solopos.com

Solopos.com, WONOGIRI — Pengalihan aset Museum Karst Indonesia (MKI) dari Badan Geologi Kementerian ESDM ke Pemerintah Wonogiri dinilai positif. Transisi tersebut juga menuntut Pemkab untuk memaksimalkan MKI sebagai aset wisata geologi dan edukasi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Departemen Geologi Mineral dan Batubara (Geominerba) Cabang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Sewu Lawu, Yulianto, dalam wawancara dengan Solopos.com, Jumat (198.2022). MKI adalah sebuah kebanggan luar biasa yang bisa memajukan Kabupaten Wonogiri.

PromosiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

“Museum karst ini merupakan miniatur dari keanekaragaman kawasan karst di Pegunungan Sewu, dari Pacitan hingga Gunungkidul, terangkum di Wonogiri. Apa yang ditemukan di kawasan dari ujung timur Pegunungan Sewu hingga ke barat bisa dilihat di Museum Karst,” kata Yulianto.

Museum Karst juga dapat menjadi tempat belajar bagi siswa pendidikan dasar dan tinggi. Karena banyaknya gua, dolin, dan sungai bawah tanah yang ditemukan di sepanjang Pegunungan Sewu, Anda dapat menemukannya di satu tempat tanpa harus menjelajahi Pacitan-Gunungkidul.

Setelah melihat keragaman bentang alam di Pegunungan Sewu, pihaknya berharap pengelola wisata MKI terus mengedukasi wisatawan tentang kondisi geologi di selatan Wonogiri yang dikenal sebagai daerah kering.

Baca Juga: Rencana Hibah MKI, Pemerintah Wonogiri Minta Persetujuan Presiden

“Kalau dilihat sepintas kering. Tapi ada banyak sungai bawah tanah dan airnya bagus di sana. Dari situ, wisatawan dapat disadarkan bahwa Wonogiri sebenarnya tidak kering. Namun, distribusi air di sungai bawah tanah tidak merata. Jadi sekarang bisa dipraktekkan. Padahal, air di sungai bawah tanah itu dimanfaatkan atau tidak,” jelasnya.

Ia juga meminta agar Pemkab Wonogiri dapat mengembangkan MKI sebagai salah satu wisata prioritas di Kabupaten Wonogiri. MKI tidak hanya merupakan miniatur dari Pegunungan Sewu, tetapi juga dinilai mampu mendukung jaringan global Geopark UNESCO.

Informasi yang Dikumpulkan Solopos.com, sampai dengan akhir Agustus 2022 penyerahan kekuasaan MKI belum selesai. Diketahui, Badan Geologi Kementerian ESDM dan Kabupaten Wonogiri masih terlibat dalam pembahasan soal pengalihan aset senilai Rp 28 miliar tersebut.

Simak berbagai berita terpilih dan terbaru dari Solopos.com di grup Telegram “Berita Terbaru Solopos.com”. Klik linknya lalu join/gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: m.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button