Menjelang ASEAN Tourism Forum 2023, kesiapan Yogyakarta mencapai 70 persen - WisataHits
Yogyakarta

Menjelang ASEAN Tourism Forum 2023, kesiapan Yogyakarta mencapai 70 persen

KOMPAS.com – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) pada 2-5 Februari 2023. Saat ini, persiapan sudah mencapai 70 persen.

Ketua Panitia ATF sekaligus Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengatakan, persiapan event internasional ini berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

“Persiapannya sudah 70 persen selesai. Jika off LokasiYa, JEC diaktifkan jadwalDesember 2022 akan menyelesaikan perbaikan fasilitas yang ada di sana,” kata Bendara dalam keterangannya Surat mingguan dengan kata sandi Uno yang berlangsung pada Kamis (10/11/2022) di Jakarta hybrid.

Baca juga:

Meeting ATF 2023 akan diadakan di Royal Ambarrukmo sedangkan ATF Travel (Travel Experience) akan diadakan di Jogja Expo Center (JEC).

Ia juga berharap ATF kali ini dapat menjadi pintu gerbang sebagai destinasi unggulan di Asia Tenggara.

“Tentunya Yogyakarta sangat siap untuk lokasi MICE dan ATF ini menjadi pintu gerbang program kami di tahun 2025 yang bertujuan untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara,” ujarnya.

Persiapan Yogyakarta menyambut ATF 2023

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) DIY telah melakukan sejumlah persiapan lain, mulai dari menyiapkan hotel hingga menyiapkan Bandara Internasional Yogyakarta.

“Yang menarik, Bandara Internasional Yogyakarta paling siap. Begitulah ketika saya sampai di sana Bandara Internasional kelas dunia. Kami berharap semakin banyak penerbangan langsung untuk mendukung suksesnya ATF 2023,” ujar Menparekraf.

Bandara YIAKOMPAS.com/Bandara Ni Nyoman Wira YIA

Sandiaga melanjutkan, persiapan ATF 2023 dilakukan oleh pemerintah daerah bersama dengan industri, seperti ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Yogyakarta sebagai liaison officer untuk tingkat pejabat senior dan dukungan UMKM lokal dalam memberikan souvenir. untuk delegasi.

Pemerintah Daerah Yogyakarta juga telah berkomitmen menjadi tuan rumah Royal Dinner bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X di Keraton Yogyakarta.

Baca Juga: 10 Wisata Malam di Yogyakarta, Banyak Spot Instagramable

Menparekraf mengatakan Yogyakarta dipilih sebagai lokasi ATF 2023 karena merupakan salah satu destinasi prioritas utama (DSP).

Kota Gudeg juga memiliki infrastruktur MICE yang paling siap untuk menggelar pertemuan internasional di tingkat menteri.

Mulai dari sumber daya manusia yang besar, akomodasi dan tempat pameran, tempat wisata yang memiliki keaslian budaya yang kental, kuliner yang khas dan destinasi wisata alam yang indah.

Baca Juga: 15 Wisata Pantai Terkenal di Yogyakarta dengan Panorama Indah

Persiapan terkait akomodasi seperti hotel dan staf juga sudah disiapkan, kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button