Sepanjang pantai, pesona pantai terindah di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Sepanjang pantai, pesona pantai terindah di Gunung Kidul Jogja

Dinamakan Pantai Panjang karena garis pantainya terlihat begitu panjang. Berbagai penawaran kecantikan bisa Anda temukan saat mengunjungi wisata tepi laut di Gunung Kidul.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam Alamat: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Nama unik pantai ini menggambarkan suasana asli dari pantai itu sendiri. Dinamakan Pantai Panjang, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu lebih dari 1 km. Terletak di ketinggian di sisi selatan kota Yogyakarta, pantai ini memiliki rute perjalanan yang cukup ekstrim.

Terlepas dari itu semua, keindahan yang ditawarkan sebanding dengan durasi perjalanan yang akan Anda lakukan. Ada juga banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di pantai. Selain itu, kondisi ombaknya tidak terlalu tinggi, sehingga aman bagi wisatawan.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata pantai ini, berikut beberapa informasi yang bisa anda simak terlebih dahulu. Akan lebih seru lagi jika ke sana bersama keluarga atau teman, suasana hari di pantai pasti akan lebih seru.

Atraksi pantai sepanjang

Daya tarik penuhKredit gambar: Twitter @traveloverside

1. Menjadi tempat bertelur penyu

Kawasan Pantai Panjang memang terkenal sebagai tempat yang sering digunakan penyu untuk bertelur. Bahkan penyu jenis langka pun terlihat menggali pasir untuk menyimpan telurnya yang berukuran cukup besar.

Penyu-penyu itu tak segan-segan melintasi kerumunan wisatawan yang sedang asyik bermain air maupun di pasir. Tak jarang wisatawan yang ke kawasan pantai juga menyempatkan diri untuk melihat satwa unik yang sedang mengubur telurnya.

Selain mendarat di siang hari, penyu ini juga sering memilih di malam hari karena suasananya akan lebih tenang bagi wisatawan. Jika tempat persembunyian penyu diketahui pengelola pantai, maka kawasan tersebut akan terlindungi. Hal ini dikarenakan penyu merupakan jenis hewan yang hampir punah.

2. Ada Wali Songo

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan, ada juru kunci songo petilasan yang berada di dekat lokasi wisata pantai. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi oleh penduduk setempat mengatakan bahwa tempat itu pernah digunakan untuk bersemedi pada salah satu tokoh Wali Songo.

Petisian ini berupa mata air yang di sekelilingnya terdapat kolam alami yang cukup besar. Air kolam digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari mandi hingga memasak.

Namun, wisatawan yang ingin melihat pantai di sepanjang petilasan Banyusepuh membutuhkan bantuan pejabat setempat untuk memandu mereka jalan. Lingkungan yang ditumbuhi banyak pepohonan membuat jalan menuju tempat itu tertutup rimbunnya dedaunan. Bahkan kolam air petilasan terlihat kotor karena kurang terawat.

3. Memiliki garis pantai yang panjang

Jadi umumnya pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang berbeda dengan pantai tunggal ini. Meskipun ada dua tebing karang di sisi timur dan barat, panjang garis pantai lebih dari 1 km.

Hal ini menjadikan kawasan wisata ini sebagai salah satu destinasi pantai terpanjang di Gunung Kidul. Banyak wisatawan yang datang penasaran dengan pantai dengan keindahan garis pantai pasir putihnya.

Objek wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun wisatawan yang datang dari luar daerah. Tak jarang para wisatawan ini rela menginap hingga beberapa hari agar bisa menikmati keindahan pantai lebih lama.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk seluruh pantai

Alamat pantai di sepanjangKredit gambar: Google Maps Shafa Lyana Nareswari

Terletak di kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, pantai ini berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Yogyakarta. Dengan waktu tempuh rata-rata 2 jam, jika menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda pergi dengan kendaraan roda dua, waktu yang Anda tempuh pun akan lebih singkat.

Rute dari kota adalah melewati Jalan Wonosari yang kondisi jalan menanjak. Setelah menemukan rute jalan lingkar selatan dari pusat kota, kendaraan Anda cukup berjalan ke timur mengikuti jalan tersebut.

Begitu sampai di Jalan Piyungan, Anda harus menuju Pantai Baron terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Pantai Panjang. Pulang pergi akan sampai di sebuah TPR yang mengharuskan Anda membayar biaya masuk kawasan wisata sebesar Rp25.000.

Tidak jauh dari tempat pembayaran retribusi, terdapat pertigaan dengan nama pantai yang akan Anda tuju. Arahkan kendaraan Anda untuk belok kiri di pertigaan, sampai Anda menemukan pintu masuk ke belokan pantai tujuan Anda.

Rutenya cukup mudah meski dilakukan oleh pemula, karena jalan yang Anda lewati sudah beraspal dan kondisinya bagus. Namun jika Anda masih ragu untuk bergabung dengan tempat wisata tersebut, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk yang akan Anda temui selama perjalanan.

Harga tiket masuk ke pantai ini dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Tentu saja harganya tidak terlalu mahal, mengingat keindahan yang ditawarkan dan beberapa fasilitas pantai yang memadai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Long Beach

Aktivitas di Pantai PanjangKredit gambar: Twitter Hyacinthe Zard

1. Berfoto dengan pemandangan laut yang indah

Pesona pemandangan laut biru kehijauan dengan pasir putih pantai Panjang ini mampu memikat mata siapa saja yang melihatnya. Kawasan pantai yang masih terjaga karakter alamnya ini bisa menjadi ide tempat untuk berfoto.

Mengambil latar belakang keindahan suasana pantai yang bisa memberikan nuansa eksotis, foto-foto ini bisa menjadi unggahan yang bagus di media sosial. Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris seperti topi pantai atau kacamata, foto Anda akan lebih sempurna.

Apalagi ada beberapa spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola yang baik untuk wisatawan yang suka fotografi. Salah satu spot foto favorit saya adalah pohon sakura buatan dengan kursi di tengahnya.

Anda bisa mencoba spot foto keren lainnya tanpa harus membayar ekstra. Tentunya dengan berbagai spot foto menarik tersebut, wisatawan yang suka mengabadikan setiap momen di pantai akan merasa puas dan lebih nyaman.

2. Perkemahan

Aktivitas menarik lainnya seperti camping bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan Anda di kawasan Pantai Panjang. Jarak antara pantai dengan tempat yang digunakan untuk mendirikan tenda cukup besar, sehingga aman bagi anda yang ingin merasakan malam di pantai.

Segala perlengkapan dan kebutuhan untuk berkemah bisa dipersiapkan terlebih dahulu, meski di sekitar pantai Anda akan menemukan beberapa toko yang menyewakan perlengkapan berkemah. Namun dengan membawa peralatan sendiri, biaya yang dikeluarkan tentunya akan lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan peralatan sewa.

Hal lain yang perlu diingat adalah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, atau lebih baik dibawa pulang. Jaga kebersihan pantai, karena wisatawan lain juga berhak menikmati keindahan pantai ini.

3. Nikmati keindahan bawah laut

Aktivitas menarik di Long BeachKredit gambar: Twitter Dimas Witjaksana

Di pantai ini Anda bisa berlatih aktivitas olahraga bawah laut seperti snorkeling di perairan. Kegiatan ini akan menampilkan keindahan bawah laut dengan biota dan terumbu karang yang terlihat di kedalaman 1 meter.

Bagi Anda yang masih tergolong pemula untuk melakukan aktivitas ini, akan ada pendamping ahli yang siap menemani Anda selama aktivitas. Jadi, untuk menikmati keindahan bawah laut pantai sambil snorkeling, Anda tidak perlu khawatir atau takut.

Sebelum bisa melakukan aktivitas seru ini, kamu perlu mengenakan jaket pelampung dan kacamata khusus agar mata tidak perih saat terkena air asin. Namun, biaya snorkeling sendiri masih cukup mahal, karena masih jarang melakukan aktivitas ini di wilayah pesisir.

Penginapan murah di sekitar pantai

Pantai PanjangKredit gambar: Google Maps Lare Segoro

1. Akomodasi di Pantai Rukun

Di kawasan pantai ini sendiri banyak terdapat hostel yang bisa Anda temukan, salah satunya adalah hostel sederhana ini. Jaraknya cukup dekat dengan lokasi pantai, hanya beberapa meter ke arah barat pantai.

Asrama yang masih mempertahankan bangunan lama ini terlihat unik jika dilihat dari sisi desainnya. Tipe kamar yang ditawarkan kepada tamu rata-rata memiliki single bed, dengan kipas angin di setiap kamar.

2. Akomodasi Victoria

Berjarak kurang dari 150 meter dari pantai, hostel ini menjadi favorit para wisatawan yang ingin menginap di dekat pantai. Keramahan juga menjadi salah satu kelebihan dari hostel Victouris ini.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan setelah memesan kamar adalah TV, AC dan kamar mandi dengan kamar yang bersih. Apalagi di depan hostel ada resto yang menyajikan seafood yang enak.

3. Pondok Asmoro Nglolang

Terakhir, ada penginapan bergaya klasik bernama Gubuk Asmoro Nglolang. Sekitar 2-3 menit berjalan kaki dari pantai yang indah ini, Anda dapat menemukan hostel ini dengan tanaman di halaman depan.

Harga sewa kamar juga cukup murah, namun fasilitas yang diberikan pasti tidak murah. Anda akan mendapatkan kamar yang luas dengan segala fasilitasnya jika Anda memilih untuk menginap di hostel ini.

Fasilitas yang tersedia di pantai sepanjang Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai PanjangKredit gambar: Twitter Berkunjung ke Jogja

Fasilitas yang tersedia di Pantai Panjang sendiri bisa dibilang cukup lengkap. Dari toilet, ruang ganti baju, mushola untuk ibadah umat Islam, sudah ada beberapa titik di pantai ini.

Tak hanya itu, di sepanjang tepi pantai terdapat gazebo-gazebo yang berjajar rapi dari timur ke barat. Fasilitas ini dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat atau berteduh dari terik matahari.

Jika ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, terdapat kios-kios yang khusus menjual berbagai dekorasi dan pernak-pernik yang terbuat dari kerang. Selain itu, para pedagang ini juga menawarkan olahan rumput laut goreng yang menjadi favorit para pengunjung pantai.

Demikian informasi mengenai Pantai Panjang di Gunung Kidul Yogyakarta. Lalu bagaimana ? Sudahkah Anda merencanakan liburan di kawasan pesisir?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button