Persiapan ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta Mencapai 95 Persen: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Persiapan ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta Mencapai 95 Persen: Okezone Travel

Persiapan ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta Mencapai 95 Persen: Okezone Travel

PERSIAPAN ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2-5 Februari 2023 kini sudah mencapai 95 persen.

“Dari sisi persiapan venue, persiapan jalan sudah mencapai 95 persen,” kata Ketua Panitia Pelaksana ATF 2023 GKR Bendara usai rapat koordinasi persiapan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023. Diantara.

Adapun sisa 5 persen, menurut Bendara, tinggal memastikan tanggal kedatangan delegasi dan pesawat yang terbang ke Yogyakarta. “Ini masih menunggu konfirmasi dari beberapa negara,” katanya.

Menurut Bendara, beberapa agenda sudah matang, antara lain opening ceremony Hall A di Jogja Expo Center (JEC) yang akan dibuka pada 2 Februari 2023 oleh GKR Hemas dan Ibu Nur Asia Sandiaga Uno.

Wisata malam di infografis Yogyakarta

Selanjutnya agenda di Candi Prambanan pada 3 Februari yang akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. “Persiapannya sudah cukup matang, tinggal berkoordinasi dengan Paspampres untuk menentukan hasil akhir,” ujarnya.

Pameran di Keraton Yogyakarta itu, kata Bendara, juga akan menggelar jamuan makan kerajaan pada 5 Februari yang akan dihadiri ratusan delegasi.

“Tanggal 5 bertepatan dengan hari Minggu karena rombongannya cukup banyak, sekitar 600 orang, jadi perlu dicek peraturan lalu lintasnya. Tapi sejauh ini persiapan sudah dilakukan, baik dengan pihak kepolisian maupun dinas perhubungan,” ujarnya.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Ia berharap gelaran ATF 2023 ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku industri pariwisata DIY untuk menggenjot promosi agar wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta semakin beragam setelah acara tersebut.

“Ini kesempatan besar bagi Yogyakarta untuk menjadi lebih ‘internasional’, bahkan wisatawan mancanegara setiap tahunnya cukup banyak, apalagi sebelum pandemi. Setelah ATF ini diharapkan semakin banyak variasi dari wisatawan,” ujarnya.

Kepala Biro Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan ATF 2023 akan menampilkan sekitar 310 peserta pameran pariwisata, 150 pembeli dan 190 delegasi dari negara-negara ASEAN termasuk Uni Eropa dan Timur Tengah.

Infografis Wisata Favorit Yogyakarta

“Ini memang dorongan yang bagus untuk investasi periklanan. Yang terpenting kita siapkan produk-produk berkualitas untuk pariwisata dan industri kreatif,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 telah mengubah tren pariwisata di Indonesia, sehingga perlu dilanjutkan dengan penyiapan paket perjalanan yang akan ditawarkan kepada pembeli di ATF.

“Paket wisata sangat perlu menyesuaikan dengan trend pariwisata saat ini,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button