Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia

LANGIT7.ID – , Jakarta Indonesia dikenal memiliki potensi kekayaan dan keindahan alam yang melimpah. Termasuk destinasi wisata selam sebagai salah satu tempat terbaik di dunia.

“Potensi wisata bahari khususnya wisata selam berpotensi untuk dikembangkan,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno, dikutip dari Antara, Sabtu (22/10/2022).

Melalui aktivitas menyelam ini, sahabat Langit7 bisa menikmati keindahan alam bawah laut. Mulai dari keindahan terumbu karang, biota laut, air jernih hingga suasana misterius bangkai kapal atau pesawat yang tenggelam ke dasar laut beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ikan Pari Terbesar Ada di Raja Ampat, Ditemukan Saat Snorkeling

Selain itu, alam Indonesia menawarkan banyak tempat menyelam yang keren dan menarik bagi para petualang. Bahkan sudah menjadi tujuan utama para wisatawan diving lokal maupun mancanegara.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 destinasi diving terbaik di Indonesia.


1. Karimunawa

Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia
Karimunjawa adalah sebuah kepulauan di Jepara, Jawa Tengah. Tempat ini sering dijadikan tempat menyelam oleh para penyelam karena potensi alamnya, kawasan ini juga ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2001.

Kawasan Karimunjawa memiliki keanekaragaman biota laut mulai dari penyu hijau, penyu sisik hingga ikan napoleon dan lain-lain. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai salah satu tempat penangkaran hiu yang ramai dikunjungi wisatawan.


2.Bali

Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia
Keindahan alam dan pesona lautnya membuat pulau dewata Bali menjadi tujuan wisata yang populer. Maka tak heran jika Bali terpilih sebagai tempat menyelam terbaik di Indonesia.

Ada banyak tempat yang bisa sahabat Langit7 jelajahi untuk melakukan aktivitas wisata diving di Bali. Mulai dari Nusa Penida, Manta Point, Penida Bay, Toyapakeh, Malibu Point hingga Crystal Beach dan lain sebagainya.

Beberapa area ini menawarkan pengalaman menyelam terbaik yang tidak akan pernah Anda lupakan. Selain diving, Sahabat Langit7 juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling dan lain-lain.


3. Halmahera Utara

Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia
Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara memiliki laut dengan terumbu karang terindah di tanah air. Bahkan, kabupaten ini pernah disebut sebagai jantungnya Segitiga Terumbu Karang dunia. Dengan ini, Halmahera dikenal sebagai tempat menyelam terbaik di Indonesia yang diakui dunia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Karimunjawa Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia

Salah satu tempat menyelam di Halmahera Utara adalah Tanjung Jere. Dikutip dari website Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara, Tanjung Jere memiliki keanekaragaman terumbu karang dan biota laut.

“Pantai atau titik penyelaman ini berada di pesisir Galela. Dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan 4wd/2wd,” tulis Dispar Halmahera Utara.

Selain itu, pengunjung juga bisa snorkeling dan langsung disambut dengan panorama perairan jernih yang dihiasi terumbu karang dan kehidupan laut yang sejuk.


4. Raja Ampat

Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia
Kepulauan Raja Ampat terletak di provinsi Papua Barat dan terdiri dari beberapa pulau besar seperti pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Masing-masing pulau ini dikenal dengan keindahan serta fitur alam yang berbeda.

Pegipegi, penyedia tiket dan akomodasi online, merekomendasikan 3 tempat menyelam di Ampat. Destinasi pertama di Selat Dampier di mana wisatawan penyelam dapat menemukan kapal perang yang tenggelam.

Kemudian Cross Wreck yang terletak 300 kilometer dari Sorong menawarkan panorama bawah laut kapal-kapal Jepang dari Perang Dunia II. Ke Chicken Reef, terkenal dengan keindahan terumbu karangnya.

Baca Juga: Benamkan Diri Anda Dalam Kehangatan Desa Tempuran, Desa Religius di Jawa Timur


5. Wakatobi

Menjelajahi 5 lokasi penyelaman potensial di Indonesia
Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang dikenal kaya akan jenis karang. Dari 850 spesies karang dunia, 750 ditemukan di Pulau Wakatobi. Kemudian ada 90 jenis ikan dan 112 jenis karang yang menambah keindahan alam bawah laut.

Dengan segala keindahan biota laut yang luar biasa ini, Pulau Wakatobi adalah tempat terbaik untuk menyelam. Sekitar empat titik di pulau ini dianggap sebagai tempat menyelam terbaik, yaitu Coral Garden, House Reef, Roma dan Cornucopia.

(Waktu Musim Panas Eropa)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button