Ini 5 Tradisi Unik dari Seluruh Indonesia Merayakan HUT RI - WisataHits
Jawa Tengah

Ini 5 Tradisi Unik dari Seluruh Indonesia Merayakan HUT RI

Pacu Kudu di Aceh (Foto: Antara)

JAKARTA, Lightning.com- Hari Kemerdekaan Republik Indonesia telah tiba, masyarakat di seluruh Indonesia merayakannya dengan berbagai kegiatan.

Hari Kemerdekaan Indonesia sudah dua tahun tidak diperingati karena masih dalam kondisi pandemi, namun kemeriahan perayaan HUT RI bisa dilakukan secara besar-besaran pada tahun ini dan seterusnya.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, ini dia beberapa pengetahuan unik diselenggarakan oleh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia:

1. Tirakatan

Tirakatan adalah tradisi wajib, biasanya dilakukan setiap malam pada tanggal 16 Agustus. Acara ini biasanya dihadiri oleh sesepuh dan aparat desa, serta warga sekitar. Rancangan acaranya antara lain membaca puisi atau memperingati pelayanan pahlawan, mengheningkan cipta, berdoa bersama dan kemudian makan bersama di desa. Biasanya di acara ini juga ada hadiah dari berbagai lomba yang pernah diadakan sebelumnya.

Baca juga:
Berikut Potret Ibu Negara Iriana Jokowi dalam balutan busana adat Buton pada HUT RI ke-77

2. Pacu Kude di Aceh

Tradisi pacu-kude atau pacuan kuda merupakan tradisi yang dimainkan oleh masyarakat Aceh pada masa penjajahan Belanda setelah musim panen. Namun, setelah kemerdekaan pada tahun 1956, pemerintah daerah secara resmi mengambil alih pelaksanaan tradisi Pacu Kude. Sejak saat itu, masyarakat Aceh menganggap Pacu Kude sebagai simbol perjuangan rakyat untuk kemerdekaan. Oleh karena itu, tradisi pacu kude terus dilakukan setiap tahun untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Lomba Dayung Perahu Naga ke-3 di Banjarmasin

Kompetisi Dayung Perahu Naga merupakan kompetisi hiburan dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Lomba yang rutin digelar setiap tahun ini digelar di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain Hari Kemerdekaan, Lomba Dayung Perahu Naga juga menjadi ajang mencari bibit-bibit pendayung handal. Perlu diketahui, lomba dayung perahu naga, meski digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, sudah digelar sejak tahun 1924.

4. Relay obor di Semarang

Baca juga:
Cantik banget, istri Panglima TNI pakai baju adat Papua dan hadiri HUT RI

Tradisi lebih dari 30 tahun ini dilanjutkan dengan menggelar Esrafe Torch bersama para pelari terbaik di Semarang. Obor itu sendiri dianggap sebagai simbol semangat kepahlawanan yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan melalui tradisi estafet obor, masyarakat dapat mengikuti semangat para pahlawannya dan melanjutkan perjuangan kemerdekaannya.

Parade Jampana ke-5 di Bandung

Masyarakat Bandung, Jawa Barat menggelar pawai tradisional Jampana untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Parade Jumpana adalah parade puluhan kendaraan hias besar yang membawa berbagai produk, kerajinan, dan makanan yang berbeda. Nantinya, panen dilakukan di tandu oleh warga mengikuti pawai. (ulf)

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button