Menikmati sejuknya udara pagi di Pantai Cemara Sewu Kebumen - WisataHits
Jawa Tengah

Menikmati sejuknya udara pagi di Pantai Cemara Sewu Kebumen

Senang rasanya bisa kembali mengunjungi wisata pantai selatan. Seperti di pagi yang cerah dan dingin pada Sabtu (20/8/2022) saya kembali mengunjungi (salah satu) wisata pantai di daerah saya.

Banyak sekali peluang wisata pantai yang berkembang jika kebetulan melewati jalur selatan Kebumen. Persisnya jalan beraspal mulus dan lebar yang mengarah ke Bandara Yogyakarta.

Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan nama-nama pantai yang bisa dikunjungi sejenak. Bayangkan beristirahat sejenak dari kelelahan berkendara, menikmati semilir angin pantai dan deburan ombak pantai selatan yang terlihat biru saat langit cerah dan biru.

Pagi ini saya mengajak salah satu saudara saya untuk mengunjungi pantai yang baru-baru ini dibuat oleh para perintis setempat. Yaitu Pantai Cemara Sewu yang terletak di Desa Karangreja, Kecamatan Petahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Omong-omong, jarak dari rumah saya tidak terlalu jauh, sekitar empat kilometer.

Dengan sepeda onthe, kami segera pergi ke tempat pantai dan bersepeda melalui persawahan di mana matahari terbit pada waktu itu dan terlihat begitu indah dan cerah. Saya berhenti sejenak lalu mengambil kamera saya untuk mengabadikan momen ‘matahari terbit’ tersebut, yang sayang sekali jika tidak didokumentasikan.

Saat kami tiba di pantai, cuaca sangat cerah. Udaranya cukup dingin saat disentuh, tetapi masih terasa agak dingin, jadi berjalan-jalan santai dan sesekali berjalan-jalan di pasir abu-abu kehitaman yang terasa begitu halus di telapak kaki saya adalah tepat.

Keadaan pantai saat itu cukup tenang, belum banyak orang yang mengunjunginya. Mungkin karena bukan hari libur dan pantai terlihat begitu tenang. Tidak ada biaya masuk atau tiket yang diperlukan untuk mengunjungi Pantai Cemara Sewu. Hanya ada biaya parkir, juga tidak mahal.

Setelah berjalan-jalan di pantai dan sesekali mengambil foto dan video, saya memutuskan untuk pulang. Tapi sebelum pulang, saya mengajak adik saya untuk mencari Mendoan, salah satu kuliner khas yang biasa dijual di pinggir pantai. Dari deretan warung di sekitar pantai, saya memilih yang dekat dengan jalan umum.

Singkat cerita, saya langsung memesan dua Tempe Mendoan yang ukurannya cukup besar. Untuk minuman saya memesan kopi hitam sedangkan kakak saya memilih teh manis (gelas besar). Ternyata harganya sangat murah. Dua Tempe Mendoan plus kopi dan teh, totalnya hanya 12.000 rupiah. Ini benar-benar murah, di luar prediksi saya.

Nah itulah pengalaman singkat saya hari ini mengunjungi salah satu pantai di Kebumen. Oh ya, sebagai informasi saja, letak Pantai Cemara Sewu tidak begitu jauh dari arah Pantai Petahanan, tepatnya ke arah barat, kurang dari dua kilometer. Jangan khawatir tersesat karena ada petunjuk arah di pinggir jalan. Saya harap ulasan ini bermanfaat.