Jasa Marga siapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru, perhatikan lokasinya - WisataHits
Jawa Tengah

Jasa Marga siapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru, perhatikan lokasinya

TEMPO.CO, jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk., memperkirakan hingga 2,73 juta kendaraan akan meninggalkan Jabotabek pada puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru). Guna mencegah terjadinya kemacetan, Jasa Marga mengaku sedang mempersiapkan serangkaian tindakan rekayasa lalu lintas.

Namun, menurut Direktur Utama Jasa Marga, Subekti Syukur, pada libur hari raya Nataru kali ini, pihaknya tidak menyangka akan membutuhkan sistem satu arah atau sekali pakai. Jasa Marga sudah memiliki sejumlah strategi untuk mengurangi kemacetan kendaraan.

“Kami menghitung itu. Alhamdulilah keluar Lalu lintas apa yang kami harapkan selama Nataru ini tidak harus ada sekali pakai. Tapi bukan berarti kami belum menyiapkannya,” kata Subekti dalam acara BUMN Coffee di Kementerian BUMN, Senin, 12 Desember 2022.

Dalam rekayasa lalu lintas yang disiapkan, Jasa Marga memiliki sejumlah ruas jalan yang menjadi perhatian khusus. Salah satunya Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 48 hingga KM 66 dan KM 70 hingga KM 72.

Kemudian juga di tol Cikampek-Palimanan KM 185 hingga KM 188. Jasa Marga juga akan melakukan operasi fungsional penambahan lajur dua arah tol Jakarta-Cikampek seksi KM 50 hingga KM 66.

“Kami juga akan mengoperasikan jalan tol yang belum beroperasi, sehingga tidak ada kendala. Karena jalan tol akan berfungsi lancar jika rasio kapasitasnya di bawah 0,8,” jelas Subekti.

Sebelumnya, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 6 ruas tol yang akan dioperasikan Nataru selama musim liburan.

Jalan tol tersebut adalah Tol Semarang-Demak Seksi 2 sepanjang 16,31 km, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 sepanjang 20,4 km, Tol Jakarta Cikampek Selatan Paket 3 ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. km.

Kemudian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 2 sepanjang 17,05 km dan Seksi 3 sepanjang 4,05 km, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 sepanjang 5 km, serta Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 sepanjang 5 km. Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringanom Tahap 1 sepanjang 7,45 km.

Baca Juga: Kota Bogor Akan Terapkan Ganjil Genap Saat Libur Nataru

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram GoOto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button