Menggiurkan, Ini 5 Makanan Khas Tasikmalaya - WisataHits
Jawa Barat

Menggiurkan, Ini 5 Makanan Khas Tasikmalaya

Sabtu, 19 November 2022 – 23:43 WIB

PITA – Tasikmalaya memiliki beragam destinasi wisata yang indah seperti wisata pantai, antara lain Pantai Cipatujah, Pantai Karang Trawulan, hingga kawasan wisata Gunung Galunggung.

Selain itu, Tasikmalaya juga terkenal dengan kuliner khasnya yang enak. Makanan khas Tasikmalaya juga menjadi primadona di kalangan wisatawan yang berkunjung ke daerah di Jawa Barat ini.

Bukan hanya kota Bandung, kota Bogor atau kota Cirebon yang merupakan surga kuliner di Jawa Barat. Kota Tasikmalaya juga bisa disebut sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Lalu apa saja makanan khas Tasikmalaya yang menjadi primadona wisatawan tersebut? Mari kita lihat tes VIVA sebagai berikut.

1. Sambal Goang

Makanan khas kota Tasikmalaya yang pertama adalah sambal goang. Sambal goang biasanya disajikan sebagai pendamping masakan tradisional sunda. Salah satu makanan yang cocok untuk sambal goang adalah ikan goreng.

Sambal goang dibuat dari cabai yang dihaluskan, kencur dan bawang putih kemudian minyak panas. Tak hanya nikmat jika disantap bersama ikan goreng, sambal goang juga cocok untuk mencelupkan ayam goreng ke dalam masakan kukus.

2. Kupat Tahu Singapura

Selanjutnya ada Singapore Tofu Kupat. Sepertinya tidak ada yang tidak mengenal Tahu Kupat Tasikmalaya yang asli.

Satu porsi Kupat Tahu Singaprana Tasikmalaya terdiri dari ketupat, potongan tahu dan tauge yang sudah dicampur. Bahan-bahan tersebut kemudian ditambahkan saus kacang. Kupat Tahu singaparna juga biasa disajikan dengan tambahan kecap manis, bawang goreng dan kerupuk bawang.

Sebagai saran, saya tahu Singapura enak untuk sarapan. Selain itu, sebenarnya ada dua jenis tahu kupat yang berasal dari Tasikmalaya. Salah satunya adalah Kupat Tahu Mangunreja yang rasanya sama dan pastinya bisa menggiurkan lidah Anda.

3.Cilok Goang

Tasikmalaya juga memiliki cilok olahan khusus bernama cilok goang. Ya, nama goang sendiri diambil dari nama sambal khas Tasikmalaya yaitu sambal goang yang sudah dijelaskan sebelumnya. Satu porsi cilok goang terdiri dari cilok yang disajikan dengan kuah kaldu.

Tak hanya cilok, terkadang seporsi cilok goang disajikan dengan tambahan siomay, siomay, dan ceker ayam. Cilok Goang ini cocok untuk Anda yang menyukai makanan berkuah dengan rasa pedas dan gurih yang nikmat.

4. Buah jeruk

Makanan khas Tasikmalaya lainnya adalah Citruk. Nama Citruk sendiri merupakan kependekan dari aci ngajetruk.

Citruk adalah makanan sejenis kerupuk. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih yang akan membuat Anda ketagihan. Citruk sendiri terbuat dari tepung tapioka atau aci dan tepung terigu yang dibentuk menjadi lempengan-lempengan bulat. Jajanan tradisional ini juga menggunakan rempah-rempah sehingga kaya rasa.

5. Titik dua

Makanan manis khas Tasikmalaya lainnya yang bisa bikin ketagihan adalah kolontong atau sembako. Makanan elips ini dibuat dengan beras ketan dan gula merah.

Kolontong mudah ditemukan di Tasikmalaya, terutama di kawasan Cisayong, sentra produksi masakan khas Tasikmalaya yang paling banyak diminati masyarakat, apalagi menjelang musim liburan.

Oh iya, sekedar informasi saja, bisnis tangan kosong ini bahkan seharusnya memungkinkan pemiliknya untuk menciptakan lapangan kerja bagi tetangganya lho. Ini bagus, bukan?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button