23 wisata kuliner solo yang enak dan terjangkau termasuk restoran favorit Jokowi - WisataHits
Jawa Tengah

23 wisata kuliner solo yang enak dan terjangkau termasuk restoran favorit Jokowi

17. Mbak terletak di Jalan Solo

Wisata kuliner Solo yang cukup terkenal adalah Selat Solo. Sajian kuliner ini merupakan “salad segar” ala solo. Anda yang berkunjung ke destinasi ini wajib mencoba jalan Solo di sekitar Jalan veteran Solo.

Lokasi wisata kuliner solo ini agak tersembunyi, tepatnya di Lorong II No 42, Serengan. Jangan khawatir, usaha Anda untuk menemukan lokasi ini pasti akan terbayar dengan nikmatnya Selat Solo.

Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi selat solo yang terdiri dari semur daging sapi, galantine, telur rebus, wortel, buncis, sawi, selada, acar, dan bawang merah cincang. Tak ketinggalan, kuah segar dan mustard berbahan cuka serta campuran kuning telur melengkapi kenikmatan kuliner ini.

Warung Selat Mbak Lies tidak hanya menyajikan makanan yang lezat tetapi juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya Anda akan menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring yang digantung di dinding, gelas hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

18. Sambal Pecel Bu Kis

Menu utama yang disajikan pada wisata kuliner solo ini berupa pecel. Bedanya, stand pecel di belakang PN Solo juga menyajikan sambal tumpeng. Terbuat dari irisan tahu putih, tahu goreng, bumbu, krecek, dan tempe kuno, Sambel Tumpang memiliki perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis.

Biasanya orang suka makan sambal dengan nasi putih hangat atau bubur ditambah tauge dan bayam segar. Anda bisa datang ke Sambel Tumpang Pecel Bu Kis setiap hari antara pukul 07:00-14:00.

19. Sate Kambing Hj. Bejo

Wisata kuliner solo ini menyajikan sate warna-warni yang menggugah selera. Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba Sate Bunter saat bersolo karier. Sate Bommel adalah daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dipanggang.

Anda bisa mengunjungi Sate Kambing Hj. Bejo untuk makan sate pompom. Sate Kambing Hj. Bejo sendiri terletak di Jalan Lojiwetan. Presiden Joko Widodo diketahui sudah berlangganan toko yang satu ini jauh sebelum menjabat Wali Kota Solo.

Selain kemungkinan memesan Sate Buntel, menu lain seperti Gule, Tongseng, Tengkleng juga tersedia di sini. Saat berkunjung ke Solo, sajian kuliner ini wajib masuk dalam daftar wisata kuliner Solo yang wajib dikunjungi.

20. Sate Kambing Pak Manto

Sate Kambing Pak Manto memiliki menu favorit berupa sate pompom dan tengkleng kambing. Selain itu juga ada sate kambing, nasi goreng kambing dan tongseng. Jika umumnya satai dibuat dari potongan daging kecil-kecil dan ditusuk satu per satu, pelanggan di stand sate ini dijanjikan tampilan satai yang sedikit berbeda.

Restoran ini terletak di Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Mereka buka dari jam 7 pagi – 9 malam WIB dengan nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu 0813-2900-0315.

21. Ayam Goreng Mbah Kartos

Presiden Jokowi juga tidak pernah melewatkan ayam goreng Mbah Karto Tembel saat kembali ke Solo. Didirikan pada tahun 1960-an, ayam goreng ini menjadi favorit Jokowi sejak menjadi walikota Solo.

Biasanya, seporsi ayam goreng Mbah Kartos disajikan dengan sepiring nasi hangat, kuah sayur, lalapan, dan sambal. Menu favorit Jokowi adalah ayam goreng dengan blondho atau sambal hitam.

Dibumbui dengan berbagai bumbu pilihan dan dimasak dalam oven berbahan bakar kayu. Ayam Goreng yang berlokasi di Jalan Kejaksaan Agung Raya Suprapto no.8, Gabusan, Jombor, Sukoharjo, tersedia mulai dari Rp 21.000 per porsi Satai Kere Mbak Tug

Satai kere Mbak Tug juga salah satu favorit Presiden Jokowi. Sate kere ini berisi jeroan sapi dan tempe.

Satai kere Mbak Tug terletak di Jalan Arifin 63, Jebres, Kota Surakarta. Satu porsi sate ini berharga Rp 30.000.

Biasanya warung sate ini buka jam 1 siang tapi biasanya tutup jam 4 sore. Saat berkunjung ke Sate Kere Mbak Tug, Presiden Jokowi biasanya memesan seporsi sate dengan potongan babat dan tetelan.

Sate kere Mbak Tug tak hanya menjadi favorit, tapi juga menjadi sajian dalam hajatan pernikahan Kahiyang Ayu tahun 2017 lalu.

22. Soto Triwindu

Soto triwindu merupakan salah satu makanan favorit Presiden Jokowi dan keluarganya. Soto ini terletak di kawasan Pasar Triwindu di Jalan Teuku Umar kecamatan Banjarsari.

Soto juga menjadi salah satu kuliner legendaris kota Solo. Soto ini berbeda dengan soto kebanyakan, soto ini menggunakan kuah kaldu sapi terbaik.

Untuk menikmati semangkuk soto dengan cita rasa khas tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 16.000. Agar lebih nikmat, soto juga bisa dinikmati dengan lauk lainnya. Seperti Iso, Kerikil, Babat, Mendoan.

23. Timlo Maestro

Timlo adalah sejenis soto yang dikenal dari kota Solo. Satu porsi timlo berisi tahu, telur, daging, dan jeroan.

Biasanya masyarakat Solo suka makan hidangan yang satu ini di malam hari. Saat berkunjung ke Solo, Presiden Jokowi kerap mampir ke toko utamanya. Timlo Maestro, di Jalan KH. Ahmad Dahlan 60 atau daerah Keprabon.

Resep timlo dari warung makan ini sudah turun temurun. Tak heran jika timlo yang satu ini memang sudah sangat terkenal sebagai solois.

Seporsi Timlo hanya seharga Rp 20.000 di sini. Timlo Maestro buka setiap hari mulai pukul 6 sore hingga tengah malam WIB.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button