Ayo ke Puncak Darajat Pass, wisata alam yang indah dan pemandian air panas - WisataHits
Jawa Barat

Ayo ke Puncak Darajat Pass, wisata alam yang indah dan pemandian air panas

PeekLifestyle Celebrities– Daerah pegunungan selalu menjadi tujuan liburan populer bagi wisatawan. Salah satunya adalah kawasan pegunungan di Jawa Barat yang memiliki banyak kawasan sejuk yang menjadi tujuan para wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan.

Ada daerah pegunungan di Jawa Barat yang dijuluki “Swiss Van Java”. Inilah Puncak Darajat Pass Garut karena pemandangan alamnya yang begitu indah, sejuk dan menakjubkan sehingga julukan itu berasal.

Darajat Pass Garut terkenal dengan sumber mata air panas yang digunakan untuk pembangkit listrik. Makanya ada objek wisata disini berupa kolam air panas. Dari sini Puncak Darajat Pass menjadi tempat wisata yang berbeda dari yang lain.

Di Puncak Darajat Pass, Anda bisa menikmati banyak spot keindahan alam yang indah serta beberapa spot wisata lainnya yang harus Anda kunjungi. Memang mengunjungi Puncak Darajat Pass dari ibu kota cukup jauh, Anda perlu meluangkan banyak waktu untuk berkendara menuju tempat wisata tersebut.

Namun, bagi Anda yang berdomisili di wilayah Garut, Tasikmalaya atau Bandung, lokasinya mudah dijangkau. Namun, tetap membutuhkan tenaga karena Puncak Darajat Pass terletak di atas Gunung Darajat yang tinggi.

Penasaran apa saja wisata yang tersedia di Puncak Darajat Pass? Baca artikel berikut.

Berkendara di Puncak Darajat Pass

Instagram/@danikasihlea

Foto: Instagram/@danikasihlea

Wisatawan yang datang ke objek wisata Darajat Pass dihadapkan pada pemandangan yang sangat indah. Panorama pegunungan dan perbukitan yang dibalut suasana sejuk menjadi primadona Jalur Darajat.

Selain itu, berbagai aktivitas dengan wahana yang berbeda juga bisa dilakukan di sini. Objek wisata ini buka selama 24 jam setiap hari. Jadi pengunjung bisa menikmati atraksi ini di waktu yang berbeda.

Tiket masuk dibedakan menurut pengunjung dewasa dan anak-anak. Meski demikian, tiketnya tidak terlalu mahal dan masih sangat ramah di kantong. Biaya masuk sudah termasuk taman air dan jacuzzi.

Harga tiket masuk Garut Darajat Pass

– Tiket masuk dewasa Senin sampai Jumat (10+) Rp30.000
– Tiket anak Senin s/d Jumat (3-10 tahun) Rp25.000
– Tiket Dewasa/Anak di akhir pekan dan hari libur nasional Rp30.000

Harap dicatat bahwa biaya masuk sudah termasuk wahana air (kolam renang). Wisatawan yang datang harus memiliki aplikasi PeduliLinden dan sertifikat vaksinasi. Selain itu, wajib menghormati protokol kesehatan di kawasan wisata.

Berikut beberapa wahana yang tersedia, antara lain:

Pemandangan indah

Instagram/@brquelee

Foto: Instagram/@brequelee

Selama perjalanan menuju Darajat Pass, wisatawan disuguhi pemandangan hijau yang memanjakan mata. Sawah yang luas, kebun sayur hingga perbukitan indah yang memukau mata dengan takjub akan keindahan ciptaan Tuhan.

Juga, pepohonan di kedua sisi jalan tampaknya menyambut Anda dari kota yang jauh. Udara sejuk menyapa lembut dan membelai tubuh setibanya di kota Garut.

Namun demikian, uap putih naik di beberapa tempat. Alhasil, udara sekitar juga tidak terasa panas, namun tetap terasa sejuk.

Keindahan pemandangan seperti ini membuat Puncak Darajat Pass mendapat julukan “Swiss Van Java”. Seperti pemandangan hijau di Swiss yang menawan.

fasilitas keluar

Instagram/@puncak_darajapass

Foto: Instagram/@puncak_darajapass

Fasilitas outbond yang cukup lengkap juga tersedia bagi wisatawan yang menyukai kegiatan outdoor di Puncak Darajat Pass. Ada berbagai pilihan outbond baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Juga dibagi menjadi permainan yang memompa adrenalin dan permainan santai. Permainan adrenalin seperti sepeda ATV, trampolin, flying fox, ice breaking dan paintball. Sedangkan game kasual seperti menunggang kuda, skuter, kereta mini, dan game edu excavator.

Bagi wisatawan rombongan, sekolah atau perusahaan, mereka biasanya mengikuti team building dan fun games. Anda bisa membawa keluarga, rekan kerja, juga sangat cocok untuk liburan bersama mahasiswa.

Air panas

Puncak Darajat Pass terkenal dengan pemandian air panasnya yang layak untuk dikunjungi. Jika ingin bersantai, wisatawan bisa menikmati kolam rendam yang hangat. Ada kolam mendayung dari mata air alami Gunung Darajat yang harus Anda kunjungi.

Saat Anda mengunjungi Puncak Darajat Pass, Anda bisa menikmati kolam renang sepuasnya. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena airnya mengandung belerang. Meskipun belerang dianggap baik untuk kulit, ia dapat menyebabkan masalah bahkan untuk yang tidak berpengalaman. Seperti mual, pusing, hingga lemas.

Dalam hal ini Anda harus segera meninggalkan kolam dayung dan mengeringkan diri. Jika gejalanya menetap, silakan kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

ledakan air

Bagi Anda yang tidak ingin mandi air panas, Darajat Pass menawarkan wahana waterpark. Ada beberapa kolam yang dilengkapi dengan luncuran dan seluncuran air lainnya.

Belum lagi, wahana ember raksasa siap memercikkan air ke kepala Anda jika Anda berdiri tepat di bawahnya. Kolam renangnya terbagi menjadi dua area, untuk anak-anak dan dewasa, dengan kolam renang anak-anak tentunya lebih dangkal dari kolam renang dewasa.

Selain itu, kolam renang anak menawarkan wahana permainan lainnya.
Kolam renang di sini memiliki air hangat, cocok untuk udara sekitar yang dingin. Air panas ini berasal dari sumber alami, pengaruh panas bumi.

panas bumi

Uniknya saat Anda berkunjung ke Puncak Darajat Pass adalah sumber energi panas bumi. Di berbagai titik di Darajat Pass, pengunjung akan melihat asap mengepul. Asap ini berasal dari energi panas bumi dan mengandung belerang.

Tak heran, di kawasan ini banyak terdapat sumber air panas alami. Kesemuanya tentu saja belerang dan bermanfaat bagi kulit.

Berikut adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dikelola oleh Amoseas Indonesia Inc, anak perusahaan Chevron. Kemitraan manajemen dengan PT Pertamina dan PT PLN melalui Indonesia Power.

Fasilitas di Darajat Pass

Jika Anda sedang berlibur dan ingin mengunjungi Darajat Pass, jangan ragu untuk datang karena banyak fasilitas umum di sini seperti mushola, ruang kesehatan, ruang cuci piring, toilet dan tempat parkir.

Ditambah dengan fasilitas lain berupa pendopo atau lesehan saung, Sentra Kerajinan Kulit Garut. Tidak ketinggalan, ada fasilitas WIFI, ruang family gathering, organizer dan studio foto.

Aksesibilitas

Anda dapat mengunjungi titik Puncak Darajat Pass dengan mengakses kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Lokasi tepatnya berada di Jalan Puncak Darajat nomor 14 Kilometer, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan tujuan utamanya adalah Kota Garut. Kemudian dari Kota Garut bisa mencapai Jalan Bratayudha-Jalan Pasundan-Jalan Raya Bandung dan Garut-Jalan RSU DR.Slamet-Jalan Cikamiri-Jalan Raya Samarang-Jalan Pasirwangi-Jalan Puncak Darajat-Darajat Pass

Jika menggunakan kendaraan umum, turun di terminal Guntur Garut dari arah Bandung/Jakarta. Dari Terminal Guntur, naik angkutan umum hijau (Terminal Guntur-Cibodas) dan turun di Sub Terminal Samarang.

Dari Samarang, naik angkutan pedesaan kuning ke Pasir Wangi. Dari perhentian angkutan pedesaan terakhir, tidak ada angkutan umum, kita bisa menyewa jasa ojek yang berkeliaran di sekitar kawasan Pasirwangi.

Tarif rata-rata Rp 5.000 untuk angkutan kota, sedangkan ojek bisa mencapai 15.000.

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button