MENGERIKAN, berpotensi gempa besar di Bengkulu, BMKG: gempa berkekuatan 8,9 M, tsunami setinggi pohon kelapa - WisataHits
Jawa Barat

MENGERIKAN, berpotensi gempa besar di Bengkulu, BMKG: gempa berkekuatan 8,9 M, tsunami setinggi pohon kelapa

DESKJABAR– Bengkulu merupakan daerah yang sering dilanda gempa, karena beberapa kali gempa bumi berkekuatan besar pernah terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan seringnya gempa di Bengkulu tidak lepas dari kemungkinan gempa yang sangat kuat dengan kekuatan hingga 8,9 SR.

Potensi ini terlihat jelas karena berasal dari hasil ilmiah, hanya saja BMKG tidak mengkonfirmasi hari dan tanggal D gempa berkekuatan 8,8 SR tersebut.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Camping di Bogor Nuansa Alam yang Menyegarkan Mata, Nomor 5 Ada Jembatan Gantung

Namun, berdasarkan kajian BMKG, gempa Bengkulu dengan magnitudo 8,9 diperkirakan terjadi di Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu.

Besarnya gempa, tentunya BMKG memprediksi akan terjadi tsunami. Bahkan ketinggian ombaknya diperkirakan setinggi pohon kelapa atau sekitar 15 meter.

Informasi keberadaan gempa terkuat itu disampaikan oleh Kepala Bidang Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Pulau Baai Bengkulu, Anang Anwar.

Ia secara khusus menyatakan bahwa Bengkulu memiliki potensi gempa berkekuatan 8,9 SR.

“Gempa 8,9 M menghasilkan tsunami dengan ketinggian 15 meter,” katanya, dikutip DeskJabar dari Antara, Sabtu 27 Agustus 2022.

Anang Anwar menjelaskan proses terjadinya gempa lebih detail. Ia menjelaskan, gempa terjadi saat lempeng tektonik di Laut Kabupaten Mukomuko dan Kepulauan Mentawai Sumatera Barat mengalami perpecahan.

Source: deskjabar.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button