Ridwan Kamil menyarankan agar Bangli tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil menyarankan agar Bangli tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil menyarankan agar perekonomian Bangli tidak hanya bertumpu pada sektor pariwisata.

Hal itu terungkap dalam replika Forkompimda Kabupaten Bangli kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Senin 12 September 2022.

Rombongan Forkompimda dipimpin oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. Tujuan studi mimik bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah untuk menjalin hubungan antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan ini Bupati Sedana Arta memaparkan profil Kabupaten Bangli yang terletak di tengah pulau Bali dan menjadi pusat peradaban Kerajaan Bali Kuno atau Sarining Padma Bhuana Bali. Selain itu, Kabupaten Bangli juga merupakan kabupaten yang memiliki sumber mata air terbanyak di Provinsi Bali dan digunakan oleh hampir seluruh kabupaten di Bali.

Namun, lanjut Sedana Arta, Kabupaten Bangli masih tertinggal jauh dengan kabupaten lain di Provinsi Bali. Misalnya dalam bidang infrastruktur, tata kota, pengembangan fasilitas wisata dan lain-lain. “Makanya kami melakukan terobosan dan lompatan untuk mengejar ketertinggalan,” ujarnya.

Berdasarkan pernyataan tersebut, Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil menilai Bangli tidak boleh hanya mengandalkan sektor pariwisata. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu, Bangli harus mulai memikirkan inovasi teknologi dalam suasana kerja yang santai untuk membuka jaringan.

Ia mengungkapkan, saat ini seluruh wilayah di Indonesia masih mengalami tiga guncangan dunia. Di sisi lain, sektor pangan, kesehatan, dan digital tidak akan terpengaruh oleh dampak ekonomi dari ketiga guncangan tersebut.

“Saya kira pertanian bisa dikembangkan dengan teknologi tinggi pada masa pemerintahan Bangli untuk meningkatkan produksi pertanian. Di sektor kesehatan, perbankan sangat senang berinvestasi di sektor ini, namun mengingat RS Bangli harus memiliki dokter spesialis permanen dan berkualitas di sektor digital “Mengingat respon terhadap pemanasan global, penggunaan mobil listrik sangat dianjurkan , dan yang terpenting Pemkab Bangli harus menjadi yang terdepan dalam ide,” ujarnya.

Kang Emil juga telah berjanji akan siap menjaga Kabupaten Bangli dengan sungguh-sungguh. Sebagai awal keseriusannya, ia akan datang ke Bangli dalam waktu dekat.

Source: bali.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button