Mengapa Garut disebut Swiss Van Java? Ini asalnya: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Mengapa Garut disebut Swiss Van Java? Ini asalnya: Okezone Travel

DAERAH Garut adalah salah satu tujuan wisata di Jawa Barat. Dengan pemandangan alam yang indah seperti pegunungan, air terjun dan pantai, Garut menarik banyak wisatawan. Belum lagi kulinernya yang terkenal.

Tak berlebihan jika Garut dijuluki Paradijs van het Oosten atau Surga dari Timur dan Swiss Van Java atau yang dikenal dengan Swiss di Pulau Jawa.

BACA JUGA:Apa saja 4 julukan paling populer untuk Kabupaten Kudus?

Swiss Van Java dikhususkan untuk Garut yang mengacu pada pemandangan alamnya yang indah seperti Swiss. Garut memiliki bentangan yang luas mulai dari pegunungan hingga persawahan yang luas. Mirip dengan Pegunungan Alpen di Eropa.

Swiss Van Java adalah julukan yang diberikan kepada Garut oleh wisatawan Eropa pada abad ke-19. Mereka percaya bahwa Garut memiliki banyak kesamaan dengan Swiss dalam hal keindahan alam.

Garut juga memiliki julukan lain seperti Garoet Mooi yang artinya Ganteng Garut.

Bahkan saking indahnya, Garut pernah menjadi wilayah primadona bangsa Eropa pada masa penjajahan Belanda.

BACA JUGA:5 Julukan Unik Yang Pernah Dimiliki Kota Jakarta, Nomor 2 Serem Banget!

Saking indahnya alam pegunungan di Garut, seorang sastrawan atau ulama, Ahmad Abdullah Assegaf, mengabadikan keindahan Garut dalam bukunya yang berjudul Fafat Garoet pada tahun 1928.

Artis kenamaan dunia Charlie Chaplin juga dua kali berlibur ke Garut, pada tahun 1932 dan 1936, jauh sebelum Indonesia merdeka. Pantomim terkenal itu terkagum-kagum dengan keindahan alam Garut.

Baca juga: Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan donasi rambut, Save the Date!

Dikelilingi oleh banyak gunung seperti Papandayan, Guntur dan Cikuray, hal ini mendukung julukan Swiss Van Java untuk Garut. Karena keindahannya, Garut menjadi salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi.

Terutama bagi para pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Cikuray. Gunung Cikuray adalah salah satu gunung di Garut yang paling banyak diminta oleh para pendaki.

ilustrasi

Jadi siapa yang belum pernah kesini? Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati pesona alamnya yang luar biasa, bukan? Karena Garut juga memiliki pesona alam yang tidak kalah indahnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button