Libur Nataru, lebih dari 10.000 orang meninggalkan Bandung dengan kereta api - WisataHits
Jawa Barat

Libur Nataru, lebih dari 10.000 orang meninggalkan Bandung dengan kereta api

TEMPO.CO, bandungMahendro Trang Bawono, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 Bandung, mengatakan, tercatat 10.485 orang diberangkatkan dengan kereta api di Daerah Operasi 2 Bandung dengan kereta api jarak jauh.

“Tiket kereta api unggulan seperti Argo Wilis, Turangga, Malabar, Lodaya, Cikuray, Kutojaya Selatan, dan Kahuripan dianggap sudah habis terjual untuk pemberangkatan hari ini,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Desember 2022.

PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung mengoperasikan 22 KA reguler dan 2 KA tambahan selama libur Natal dan Tahun Baru mulai 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Total tiket yang disediakan adalah 214.887 tiket.

“Selama masa angkutan Nataru saat ini, sejauh ini sudah terjual 101.483 tiket,” kata Mahendro.

Hari ini, Kamis 22 Desember 2022, merupakan hari pertama libur Natal dan Tahun Baru. PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung menggelar aksi unjuk rasa menandai dimulainya masa posko angkutan Natal dan Tahun Baru untuk melayani masyarakat pengguna angkutan kereta api.

Acara tersebut dipimpin oleh Heru Kuswanto, Kepala Pengelolaan Infrastruktur PT KAI. Conference call tersebut dihadiri sejumlah pihak yang akan terlibat dalam Pos Angkut Nataru 2022/2023. Diantaranya staf PT KAI, aparat keamanan dibantu TNI/Polri, Pramuka, Komunitas Railfans Daerah Daop 2 Bandung.

Mahendro mengatakan, Badan Narkotika Nasional Jawa Barat juga terlibat dalam melakukan tes urine terhadap 90 awak kereta api, seperti masinis, kondektur, teknisi, dan satpam. “Pemeriksaan ini tidak hanya dilakukan untuk mewujudkan lingkungan kerja yang bersih dan bebas narkoba, tetapi juga merupakan wujud keseriusan PT Daop 2 Bandung dalam menyediakan perjalanan kereta api yang aman dan nyaman,” ujarnya.

PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung menyiapkan 26 lokomotif dan 147 kereta penumpang untuk musim angkutan Natal dan Tahun Baru. Sejumlah perangkat AMUS (alat kesiapsiagaan material) ditempatkan di 12 titik untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan layanan kereta api. Diantaranya, stasiun ditempatkan di Cibeber, Cianjur, Cibungur, Purwakarta, Padalarang, Bandung, Kiaracondong, Cicalengka, Cibatu, Ciawi, Tasikmalaya dan Banjar. Posko kesehatan telah didirikan di Stasiun Kereta Api Bandung, Kiaracondong, Cipeundeuy, Cibatu, Banjar, Purwakarta dan Cianjur.

Vaksin booster salah satunya wajib diberikan kepada calon penumpang dewasa yang melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh. PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung menyediakan layanan vaksinasi WIB di Stasiun Bandung setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 14.00.

Baca juga: Cari tahu tentang persyaratan saat ini untuk perjalanan kereta api jarak jauh untuk anak-anak

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button