Menerima undangan Walikota, Kaltim tetap semarak pesona pariwisatanya - WisataHits
Yogyakarta

Menerima undangan Walikota, Kaltim tetap semarak pesona pariwisatanya

Peragaan Batik Melayu Kutai dipamerkan pada acara Semarak Pesona Pariwisata Kalimantan Timur di kota Solo. (Foto: Istimewa)

SAMAINDA NIAGA ASIA – Dalam rangka promosi pariwisata dan memenuhi undangan Walikota Solo Gibran Rakabuming, Dinas Pariwisata Kaltim menggelar Pesona Semarak Pariwisata Kaltim di Solo pada 2-6 Desember 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah mengatakan, kegiatan promosi pariwisata Kaltim dalam bidang pengembangan industri kreatif ini akan digelar di Balai ISI Solo, arena car free day di Jalan Selamat Riyadi Solo, Gedung Batik Danarhadi dan Yogyakarta. Desa Wisata Mangunan Kaki Langit.

“Beberapa venue akan menampilkan materi khas Kaltim, seperti fashion show tie-dye dan busana adat, kreasi tari dan musik daerah, serta pementasan teater rakyat,” kata Ahmad Herwansyah.

Menyinggung undangan Wali Kota Kaltim Gibran Rakabuming Raka untuk menggelar event pariwisata di Solo, Ahmad Herwansyah mengatakan, undangan sudah disampaikan beberapa bulan lalu saat bertemu dalam sebuah acara di Samarinda.

“Saat berbicara dengan Mas Gibran tentang pariwisata, beliau mengajak Kaltim untuk mempromosikan pariwisata Kaltim di Solo. Ajakan tersebut kami sambut dengan Semarak Pesona Pariwisata Kaltim. Mas Gibran menyambut kami selama acara berlangsung Hari tanpa kendaraan bermotor Solo,” kata Ahmad Herwansyah.

Secara rinci, Ahmad Herwansyah mengatakan, motif ikat celup khas Kaltim akan menampilkan empat pembuat ikat celup, Wiji Rahayu (Nasi Basah), Hendri Astuti (Shaho), Desi Saleha (Putra Syafril) dan Imam Pranawa (Batik Melayu Kutai). ). Sepuluh pemodel dari Kalimantan Timur akan berdemonstrasi di lokasi Hari tanpa kendaraan bermotor dan Gedung Batik Danarhadi Kota Solo.

Materi seni pertunjukan dipamerkan di Balai ISI Solo, tari kreasi daerah (Dara Tenggarong Dance Studio), musik Kalimantan Timur (etnomusikologi FEB Unmul) dan Teater Rakyat (Teater Matahari Samarinda). Sementara itu, Tari Hudoq Kawit digelar di acara Solo Car Free dan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan di Yogyakarta.

penulis : Hamdani | Penerbit : Saud Rosadi

Anda mungkin juga menyukai…

Tags: Ekonomi Kreatif, Kalimantan Timur, Budaya, Pariwisata, Samarinda

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button