Promosi Wisata Sepeda dan Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Promosi Wisata Sepeda dan Bantul

BANTUL— Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bekerjasama dengan Jogja Pit Ringkes Community (JPR), menggelar acara bersepeda bertajuk Mangkat Gasik di Pantai Cemara Sewu, Minggu (13/11/2022). Acara yang dimulai di Hotel Grand Inna Malioboro ini juga sebagai upaya untuk mempromosikan wilayah selatan Bantul dalam mendukung tema Visi dan Misi Gubernur DIY, yaitu Menghormat Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan harkat dan martabat manusia Jogja. .

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan Gubernur DIY fokus di wilayah selatan Kabupaten Bantul.

“Secara umum, fokus gubernur ada di wilayah pantai selatan. Sisi selatan merupakan prioritas pembangunan. Jadi pariwisata juga harus bisa menangkap itu,” kata Singgih dalam pertemuan, Minggu (13/11/2022) di Pantai Cemara Sewu.

Kawasan pantai selatan termasuk Cemara Sewu memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata yang lebih berkualitas dan berwawasan lingkungan. Selain itu, Pantai Cemara Sewu dipilih sebagai titik akhir bersepeda karena pantai dengan luasnya yang cukup dikenal masyarakat. Akses dari pusat kota menuju Pantai Cemara Sewu tidak begitu jauh.

“Kita perlu mengurangi atau mengelola masalah seperti sampah dengan baik agar keberlangsungan destinasi ini dapat bertahan lebih lama. Juga sehubungan dengan tidak banyaknya event di Kabupaten Bantul, kami ingin Bantul ikut memeriahkan destinasi wisata ini. Pada saat yang sama untuk ekonomi [warga sekitar] naik,” katanya.

Mangkat Gasik diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai daerah, meskipun mayoritas berasal dari masyarakat DIY sekitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo menegaskan, Kabupaten Bantul memiliki beberapa kawasan wisata pantai unggulan.

“Cemara Sewu ini belum tua. Mungkin tiga atau empat tahun [sejak dibuka]. Namun dalam hal pengelolaan kegiatan dan kekompakan, menjadi tanggung jawab masyarakat untuk menciptakan suasana destinasi yang relatif cukup baik untuk dikunjungi baik wisata massal maupun wisata keluarga,” kata Kwintarto, sambil duduk di Pantai Cemara Sewu. bertemu.

Selain itu, masyarakat setempat rutin membersihkan pantai agar Cemara Sewu terlihat bersih dan rapi.

“Tidak salah Mangkat Gasik memilih Cemara Sewu karena berdampak ke banyak destinasi juga. Cemara Sewu di Ikan tidak jauh dari Parangtritis yang dulu terkenal. Kemudian ada pantai-pantai baru yang digagas oleh masyarakat,” ujarnya.

Hal ini menjadi pendorong semangat masyarakat dan pengelola bahwa pariwisata dapat digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi atau sosial.

Kwin mengimbau untuk tetap waspada terhadap Covid-19, meski sudah banyak masyarakat yang menerima vaksin sambil menunggu booster.

“Pesan kami, meskipun Covid-19 tidak virulen seperti dulu, setidaknya bagi wisatawan, mereka perlu memastikan mereka tidak memiliki gejala yang relatif menyedihkan sebelum mereka pergi sehingga mereka dapat tiba dan pulang dalam keadaan sehat juga. Sehat dan bahagia,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button