Permata Tersembunyi Waikelo Sawah, gua tersembunyi di Sumba - WisataHits
Jawa Timur

Permata Tersembunyi Waikelo Sawah, gua tersembunyi di Sumba

Klik TIMES.COM | Malang – Waikelo Sawah merupakan salah satu destinasi tersembunyi di Sumba yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, khususnya di Sumba.

Waikelo Sawah dulunya adalah bendungan yang dirancang oleh Camat Lele Umbu Zogara pada tahun 1976 untuk keperluan irigasi dan pembangkit listrik.

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terletak di kaki bukit, tempat ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan persawahan penduduk setempat, sehingga suasana Waikelo Sawah sangat rindang dan segar. Sekilas Waikelo Sawah berbentuk goa alam dengan lebar 4 meter dan tinggi sekitar 3 meter.

Di pintu masuk goa terdapat sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Gemericik air yang keluar dari mulut goa batu membuatnya terlihat seperti air terjun yang sangat jernih.

Terkadang Anda akan melihat beberapa penduduk setempat datang hanya untuk mandi dan mencuci pakaian sambil menikmati pemandangan sekitar. Apalagi saat musim kemarau, tempat ini ramai dikunjungi warga sekitar untuk melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci.

Selain itu, pengunjung dapat melihat panorama hijaunya hutan di sekitar Waikelo Sawah.

Mulai dari indonesiakaya.com untuk memulai perjalanan explore Sumba dari arah Bandara Tambolaka menuju pusat Kota Waikabubak, Anda akan melewati Waikelo Sawah dengan jarak sekitar 12 km dari Tambolaka. Perjalanan menuju lokasi memakan waktu 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Tidak ada fasilitas seperti warung makan atau toilet yang memadai di lokasi ini, sehingga pengunjung bisa membawa makanan dan minuman sebelum menuju wisata Waikelo Sawah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button