Masyarakat pulau terpencil menerima layanan kesehatan - WisataHits
Jawa Timur

Masyarakat pulau terpencil menerima layanan kesehatan

BERITA KEMENANGAN MANGARAI BARAT– Dalam rangka mengatasi masalah kesehatan masyarakat di pulau-pulau terpencil di Kabupaten Manggarai Barat, Yayasan Ksatria Medika Airlangga akan memberikan pelayanan kesehatan dan pemeriksaan gratis kepada masyarakat.

Berbasis di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, yayasan tersebut akan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di atas kapal terapung bernama Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga.

Direktur RS Terapung Ksatria Airlangga, Dr. Agus Hartanto mengatakan, Rabu (24/8/2022) kegiatan yang bertemakan ekspedisi ke pulau-pulau perbatasan itu dilakukan di pulau-pulau kecil di Manggarai Barat hingga 12 September 2022. Setelah itu hanya bergeser ke wilayah utara pulau Flores, Alor dan Timor.

Selain mengatasi masalah kesehatan masyarakat di pulau itu, survei medis di atas rumah sakit terapung ini bertujuan untuk membantu meningkatkan dan meratakan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil.

Baca Juga: Kapal Wisata di Labuan Bajo Dianggap Kurang Menjaga Kebersihan Laut

Dikatakannya, kegiatan ekspedisi medis bagi masyarakat Kepulauan Manggarai Barat tersebut berupa program pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, program gizi dan makanan keluarga yang cukup, serta promosi dan edukasi pengelolaan sampah nusantara dan perlindungan mangrove.

Dokter dan tenaga medis berada di atas RS Terapung Ksatria Airlangga untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kami akan kelilingi seluruh wilayah NTT untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis. Peralatan medis di atas Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga sangat lengkap. Melalui ekspedisi ke pulau-pulau terpencil ini, kami ingin memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di pulau tersebut yang selama ini menderita kekurangan obat dan fasilitas. Kesehatan,” kata dr.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paulus Mami mengatakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terpencil di Manggarai Barat akan dipusatkan di pulau-pulau di kawasan Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Komodo.

Baca Juga: Perumda Air Minum Wae Mbeliling Pasang Meteran Gratis untuk Panti Asuhan Binongko

Jadwal pemeriksaan kesehatan belum bisa dipastikan karena masih menunggu persetujuan Bupati Manggarai Barat terkait lokasi pemeriksaan kesehatan.

Ia mengatakan kegiatan ekspedisi medis di pulau-pulau terpencil nantinya akan bekerja sama dengan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Manggarai Barat untuk melakukan berbagai kegiatan. Ini termasuk layanan kesehatan atau pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat pulau.

Pelayanan pengobatan medis yaitu operasi gratis bagi penduduk pulau yang membutuhkan operasi seperti:

Baca Juga: Masyarakat Diundang Ikut Program Keluarga Berencana

“Pelayanan kesehatan bagi masyarakat pulau di Manggarai Barat ini baru pertama kali. Selama ini masyarakat pulau tersebut telah mendapatkan pelayanan kesehatan dari tenaga kesehatan pulau tersebut. Selain itu, sampai saat ini masyarakat di pulau kecil di Manggarai Barat juga harus ke Labuan Bajo jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelas Paulus Mami.***

Source: mabar.victorynews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button