Masyarakat dan Antam melestarikan sungai Ciguha dan Cikaniki di wilayah Pongkor - WisataHits
Jawa Barat

Masyarakat dan Antam melestarikan sungai Ciguha dan Cikaniki di wilayah Pongkor

Suara.com – Berkat kerjasama antara masyarakat, pemerintah daerah dan PT Antam Tbk (Antam), warga di sekitar sungai Ciguha dan Cikaniki, kawasan Pongkor, Bogor, Jawa Barat telah dapat memetik hasil berupa pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Kawasan Wisata Sungai Ciguha yang berada di kawasan izin pertambangan Antam. Ia berharap keindahan kawasan tersebut menjadi berkah bagi masyarakat.

“Pengelolaan lingkungan di sekitar Gunung Pongkor sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semoga berkah dan tidak celaka,” ujarnya, Jawa Barat, Jumat (14/1/2022).

Tidak hanya Ciguha, ada juga Sungai Cikaniki. Sungai ini terletak di Kecamatan Nanggung yang radiusnya lebih jauh dari wilayah Antam dibandingkan Ciguha.

Baca Juga: Turun Dari Rp 5.000, Harga Emas Antam Hari Ini Rp 957.000/Gram

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli bernama Dr. sc agr Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., yang kemudian diikutsertakan dalam Kajian Kualitas Air Sungai Cikaniki, menyatakan bahwa kualitas air di sungai tersebut masih alami.

Sampel air didistribusikan di aliran Sungai Cikaniki dari lima lokasi pada Maret 2022. Wilayahnya didominasi oleh pemukiman dan persawahan di sekitar sungai.

Secara umum, berdasarkan kajian analisis parameter di bidang fisika, kimia dan biologi, dapat dikatakan bahwa kondisi perairan Sungai Cikaniki masih dalam kondisi baik. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya zat pencemar baik dari kegiatan pertambangan maupun domestik dan pertanian.

Sementara itu, Antam yang memiliki wilayah operasional di sana juga telah memastikan bahwa pengelolaan lingkungan di wilayah operasionalnya telah sesuai dengan baku mutu yang berlaku dan telah menerapkan kebijakan dan prosedur pengelolaan limbah sesuai dengan karakteristiknya.

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menegaskan bahwa Antam UBP Emas melakukan pengawasan pengelolaan lingkungan yang ketat.

Baca Juga: MIND Group Raih Top Series of Energy and Minerba Sector Awards

“Sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan, kami selalu melakukan pemantauan lingkungan secara berkala. Khusus untuk pengelolaan air, berbagai program pengurangan pencemaran air dan efisiensi air dilaksanakan untuk memastikan air yang mengalir dari wilayah operasi memenuhi baku mutu,” kata Faisal.

Ditambahkannya, Antam juga memanfaatkan instalasi instalasi pengolahan air canggih untuk meningkatkan kualitas air olahan dari instalasi pengolahan limbah tersebut, sehingga menjadi air bersih yang aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, cuci dan kakus.

Pada tanggal 29 September 2022, Antam UBP Emas menerima penghargaan “Aditama” dari Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM sebagai pengakuan atas keberhasilan pengelolaan lingkungan yang baik. Antam UBP Emas juga meraih dua penghargaan untuk kategori lainnya, yaitu peringkat “Mayor” dalam aspek Manajemen Teknis dan Manajemen Pemeliharaan.

Pada 13 Oktober 2022, Antam UBP Emas juga menerima penghargaan ISDA 2022 Platinum kategori atas kontribusinya terhadap pencapaian SDGs 15 untuk ekosistem di daratan dengan program berbasis perlindungan lingkungan di Desa Cisangku Desa Malasari melalui pemberdayaan masyarakat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button