Masjid Agung Sunan Ampel didirikan pada tahun 1421 dan sekarang ber... - WisataHits
Jawa Timur

Masjid Agung Sunan Ampel didirikan pada tahun 1421 dan sekarang ber…


300x250-detailbody1 (Desktop & Seluler – Langit7.id)

LANGIT7.ID, Jakarta – Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki sejumlah masjid bersejarah sebagai saksi penyebaran Islam di Nusantara. Salah satunya adalah Masjid Agung Sunan Ampel yang didirikan pada tahun 1421.

Menurut World of Mosques, Masjid Sunan Traffic Light merupakan salah satu wisata religi yang paling populer. Selama Ramadan, jumlah pengunjung meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa yang rata-rata mencapai 2.000 orang.

Dari segi arsitektur, masjid bersejarah ini memadukan gaya Jawa kuno dan Arab. Pada musala, pilar dan langit-langit masih mempertahankan gaya klasik dengan kayu jati yang didatangkan dari Jawa Timur.

Baca juga: Hukum membuka kain kafan pada saat proses penguburan

Nama Masjid Sunan Traffic Light berasal dari penggagasnya yaitu Raden Muhammad Ali Rahmatullah atau lebih dikenal dengan Sunan Traffic Light. Pada abad ke 15 M Sunan Ampel menyebarkan Islam ke tanah Jawa yang pada saat itu mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu dan Budha.

Sunan Ampel adalah salah satu Wali Songo yang berjasa menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Berdasarkan jejak sejarah, tokoh Sunan Ampel memiliki garis keturunan dari Ibrahim Asmarakandi, salah satu raja Champa yang kemudian menetap di Tuban, Jawa Timur.

Pada tahun 1972, Pemerintah Kota Surabaya mendirikan Masjid Raya Sunan Traffic Light sebagai tempat wisata religi. Masjid berusia 601 tahun ini dibangun di atas sebidang tanah seluas 120 x 180 meter persegi.

Baca juga: Ansu Fati: Keyakinan pada Islam membawa kesembuhan

(jd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button