Masjid Agung Cirebon merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1498 - WisataHits
Jawa Barat

Masjid Agung Cirebon merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1498

Masjid Agung Cirebon merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1498

INSIDEN24.COM – Cirebon, salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat, banyak menawarkan tempat wisata terutama dari segi budaya yang terkenal di luar wilayah Cirebon, salah satunya Masjid Raya Cirebon yang terletak di kompleks keraton Kasepuhan di Kota Cirebon.

Masjid Raya Cirebon sendiri terletak di kawasan Jl. Kasepuhan No.43 Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon merupakan salah satu masjid bersejarah dan peninggalan Kerajaan Cirebon masa lampau yang dibangun pada tahun 1498 M pada masa Sunan Gunung Jati.

Dalam informasi Masjid Raya Cirebon yang kami himpun di laman disbudpar.cirebonkota.go.id, saat itu masjid ini dirancang oleh Sunan Kalijaga atas nama Sunan Gunung Jati.

Baca juga: Gunung Muria Jepara Perpaduan antara wisata religi dan panjat layang menghadirkan panorama yang Instagramable

Keunikan Masjid Raya Cirebon antara lain terdapat mimbar masjid yang disebut Sang Rengga, dimana mimbar pada umumnya berbentuk seperti kursi dan memiliki tiga tingkat yang menyatu dengan lantai di sekeliling mimbar, serta terdapat berbagai hiasan berupa bunga dan bunga. motif daun di mimbar Sang Rengga.

Beberapa keunikan lain yang ada di Masjid Raya Cirebon adalah pada saat adzan pada saat sholat Jum’at dimana azan dikumandangkan oleh 7 muazin atau lebih, hal ini dikenal dengan tradisi azan pitu, kemudian sholat 5 terkadang sampai Shaf untuk shalat biasanya hanya bagian depan bangunan masjid.

Kemudian ada sembilan pintu yang berarti sembilan wali atau wali songo dan memiliki simbol sembilan wali atau wali songo yang membantu membangun masjid yang sekarang menjadi simbol keagamaan khususnya di Cirebon dan sering digunakan oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah yang dikunjungi. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button