Masjid Agung Sheikh Zayed Solo yang diresmikan oleh Jokowi dan MBZ - WisataHits
Jawa Tengah

Masjid Agung Sheikh Zayed Solo yang diresmikan oleh Jokowi dan MBZ

solo

Kota Solo menambah destinasi wisata religi lainnya yaitu Masjid Raya Syekh Zayeh Al Nahyan. Masjid yang terletak di Jalan A. Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Peresmian dilakukan pada Senin (14/11). Waktu peresmian dimajukan beberapa hari dari rencana semula, yakni Kamis (17/11). Serangkaian prosesi dilakukan sebelum peresmian, dimulai dari Masjid Tahiyatul palsu yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Presiden UEA MBZ.

Usai salat, Jokowi dan Mohamed bin Zayed menandatangani prasasti yang telah disiapkan. Usai tanda tangan, pembacaan doa dilanjutkan. Pembacaan doa dipimpin langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Setelah pembacaan doa selesai, prosesi dilanjutkan dengan penanaman pohon. Kedua tokoh nasional tersebut menuju areal penanaman pohon yang telah disiapkan panitia. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 3,6 hektar ini terlihat begitu megah bahkan menjadi yang terbesar di wilayah Solo.

Tampilan masjid ini juga sangat indah dengan gaya arsitektur Islam modern. Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan merupakan hadiah dari Pangeran UEA Mohamed bin Zayed kepada Jokowi di Solo.

Masjid Syekh Zayed Solo, Senin malam (14/11/2022).Masjid Syekh Zayed Solo, Senin malam (14/11/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJawa Tengah

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Jokowi langsung terbang ke Solo untuk meresmikan Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan setelah melakukan kunjungan kerja dari Kamboja. Usai peresmian, warga antusias berdatangan ke masjid.

Tak jarang kesibukan warga ini membuat lalu lintas di Jalan A. Yani tersendat.

Ruang untuk 10.000 orang

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa sebelumnya mengatakan masjid ini mampu menampung 10.000 orang.

“Biasanya sampai 10.000 (orang) masuk ke aula luar kalau (gedung) inti ada 4.000 (orang), lantai atas dan bawah,” kata Teguh saat mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed, Rabu (18/10).

Masjid pemberian Pangeran UEA ini dibangun dengan dana sekitar Rp 300 miliar. Selain sholat, masjid bernuansa putih dan emas ini bisa digunakan untuk pengajian dan wisata religi.

dilaporkan detik NewsMasjid Agung Sheikh Zayed yang terletak di Jalan A Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari ini luasnya sekitar 8.000 meter persegi. Seperti dilansir surakarta.go.id, terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk wudhu putra dan putri.

Arsitektur bangunannya mirip dengan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo juga disebut-sebut memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Kubah-kubah kecil dan ornamen khas bangunan Timur Tengah. Arsitektur Islam modern ini menunjukkan persahabatan antara Uni Emirat Arab dan Indonesia.

Baca KH Abdul Rozaq Shofawi Jadi Imam Besar Masjid Sheikh Zayed di halaman berikutnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button