Profil Masjid Agung Sheikh Zayed Solo yang akan diresmikan besok dan menampung 10.000 orang - WisataHits
Jawa Tengah

Profil Masjid Agung Sheikh Zayed Solo yang akan diresmikan besok dan menampung 10.000 orang

Profil Masjid Agung Sheikh Zayed Solo yang akan diresmikan besok dan menampung 10.000 orang

Berikut Profil Masjid Syekh Zayed Solo yang Akan Diresmikan Besok Oleh Presiden Joko Widodo dan Pangeran Mohamed Bin Zayed

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Banyak orang yang belum mengetahui profil Masjid Syekh Zayed Al Nahyan Solo yang akan diresmikan besok, Senin 14 November 2022.

Profil Masjid Syekh Zayed Solo sangat diminati oleh masyarakat karena merupakan masjid terbesar di kota Solo. Bahkan masjid tersebut merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed.

Lantas seperti apa profil Masjid Sheikh Zayed Solo?

Muhammadiyah Jawa Timur ingin membeli gereja di Spanyol, kata Anwar Abbas heran

Berikut ini profil Masjid Syekh Zayed Solo yang akan diresmikan besok oleh Presiden Joko Widodo dan Pangeran Mohamed Bin Zayed. Yang pertama berlokasi di Jalan A Yani No 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dengan luas bangunan 8.000 meter persegi.

Masjid Sheikh Zayed Solo juga dapat menampung 10.000 orang. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 3,6 hektar.

“Biasanya sampai 10.000 (orang) tiba di aula luar ketika inti (bangunan) 4.000 (orang) di atas dan di bawah,” kata Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Rabu saat berkunjung ke Masjid Syekh-Zayed di Solo (10 /18/2022).

Masjid Sheikh Zayed Solo, kata Teguh, bisa digunakan untuk pengajian dan wisata religi. Selain itu, masjid yang memiliki anggaran Rp 300 miliar ini memiliki tempat parkir yang luas bahkan mampu menampung 28 bus.

Menurut surakarta.go.id, Masjid Sheikh Zayed Solo terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan dengan luas 20 meter persegi dan basement yang digunakan untuk wudhu bagi pria dan wanita.

Masjid Sheikh Zayed Solo dirancang mirip dengan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid terbesar di Solo ini juga didesain dengan 1 kubah utama dan 4 menara.

Arsitektur Masjid Sheikh Zayed Solo khas Timur Tengah dengan kubah dan ornamennya yang kecil. Arsitektur modern ini menunjukkan persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Peresmian Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo

Peresmian Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo akan dilakukan besok, Senin (14/11/2022).

Jadwal peresmian Masjid Syekh Zayed Al-Nahyan Solo dimajukan yang sebelumnya dijadwalkan pada 17 November 2022.

“Peresmiannya akan dilakukan pada 14 November 2022, pada pagi hari tanggal 14,” kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (10/11/2022) di Balai Kota Solo.

Gibran mengatakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan sendiri bersama Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed bin Ziyed. Pelantikan itu dilakukan setelah Jokowi kembali dari Kamboja usai melakukan kunjungan kerja.

Dia mengatakan UEA tidak keberatan dengan jadwal peresmian Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo yang dimajukan besok.

“Pulang langsung dari Kamboja sebelum ke Bali untuk G20, ternyata jam 7 pagi (pagi) malah lebih enak,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, Menteri PUPR mencatat minimnya pembangunan. Namun, dia memastikan akan selesai sebelum peresmian Masjid Syekh Zayed Al-Nahyan Solo pada Senin 14 November 2022.

“Ya, kita semua bisa berakselerasi. Pepohonan sudah diganti, sekarang rimbun, kita cek font Asmaul Husna. Cuma tulisannya kurang keliatan, jalannya juga sudah diaspal,” terangnya.

Selain itu, Gibran mengatakan, di Denbekang sudah disiapkan lahan parkir yang mampu menampung 200 mobil.

Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo Hadiah dari Pangeran Mohamed bin Ziyed dari Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan Solo diketahui merupakan hadiah dari UEA Pangeran Mohamed bin Ziyed. Anggaran pembangunan masjid tersebut sebesar Rp 300 miliar.

Hasilnya menakjubkan, Masjid Syekh Zayed Al-Nahyan di Solo menjadi masjid terbesar di kota Solo. Suasananya mirip dengan di Abu Dhabi, ibu kota dan kota terbesar di UEA.

Revitalisasi Taman Candi Mangkunegaran era MN VII menjadi inspirasi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button