Manfaatkan Daur Ulang Sampah Menjadi Cinderamata, DLH Pemkot Batu Gelar Pameran Daur Ulang ke-2 - WisataHits
Jawa Timur

Manfaatkan Daur Ulang Sampah Menjadi Cinderamata, DLH Pemkot Batu Gelar Pameran Daur Ulang ke-2

Manfaatkan Daur Ulang Sampah Menjadi Cinderamata, DLH Pemkot Batu Gelar Pameran Daur Ulang ke-2

Kadis LH Pemkot Batu Aries Setiawan, S.STP saat rapat membahas daur ulang sampah menjadi souvenir bernilai ekonomi tinggi. (Eko)

READMALANG.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu mencanangkan berbagai program, salah satunya adalah daur ulang sampah yang diubah menjadi pernak-pernik dan cinderamata yang bernilai ekonomis.

Tentunya dengan pembuangan yang tepat, limbah terutama plastik dan sejenisnya bisa menjadi sesuatu yang bisa dijual dan bernilai, dengan karya yang bernilai seni tinggi.

Keberadaan sampah di lingkungan khususnya sampah rumah tangga harus disikapi dengan pengelolaan sampah yang bertujuan agar sampah tersebut menjadi barang yang bernilai dan dapat dipasarkan.

Kadis LH Pemkot Batu Aries Setiawan, S.STP, menyatakan sampah yang didaur ulang sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali atau dijual untuk kepentingan masyarakat Kota Batu.

“Berkaitan dengan pengelolaan sampah, DLH Kota Batu berencana mengadakan pameran karya seni daur ulang sampah organik dan anorganik. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan saat menggunakan sampah daur ulang,” ujarnya kepada awak media, usai rapat pengelola Sampah di Kawasan Perkotaan, Jumat (27/01/2023).

Ia mengakui jika pihaknya akan berinisiatif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah dan memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga dengan mengubah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi.

“Mitra kerjasama kegiatan ini adalah Kudu Batu (Komunitas Usaha Daur Ulang), ketuanya Pak Klemin. Dalam hal pelatihan cara membuat tas, dompet atau souvenir dari sampah, kami bekerja sama dengan Kudu Batu,” kata Aries.

Menurutnya, jika ada masyarakat yang membutuhkan untuk membuat oleh-oleh dari sampah, akan bekerja sama dengan Kudu Batu.

“Selain itu, kami juga mengajak bank sampah untuk bekerja sama menciptakan daur ulang sampah. Karena jika semua produk berkualitas tinggi, maka secara ekonomis sangat bernilai. Tapi dengan kualitas yang bagus,” kata Widder.

Mantan Bupati Batu itu menambahkan, baru-baru ini DLH Kota menggelar pameran kreasi berbahan dasar sampah daur ulang di Lippo Plaza Batu, Batos.

“Jadi dulu, setelah kami pamerkan di pameran daur ulang, ternyata banyak produk yang dibeli dari sampah daur ulang. Insya Allah kami merencanakan kegiatan serupa tahun ini. Yang nanti akan kami tampilkan lagi di Lippo Plaza Batu, Batos,” imbuhnya.

Ia berharap dengan diadakannya pameran daur ulang yang kedua ini, wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu dapat membeli produk yang terbuat dari sampah daur ulang.

“Jadi ini memang salah satu cara atau langkah kita untuk memanfaatkan sampah melalui daur ulang, yang nantinya berguna dan memiliki nilai jual yang tinggi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu, sehingga dapat memperkuat masyarakat khususnya di.” Memanfaatkan daur ulang sampah , ”pungkasnya di Aries. (Eko)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button