Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dimulai, memastikan aspek keselamatan dan kesiapan - WisataHits
wisatahits

Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dimulai, memastikan aspek keselamatan dan kesiapan

Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dimulai, memastikan aspek keselamatan dan kesiapan

Piknikdong.com – Memastikan Aspek Keselamatan dan Kesiapan Sistem Operasional Jakarta – LRT Jabodebek melakukan uji coba operasional terbatas dengan penumpang untuk pertama kalinya pada Rabu (12/7).

Serangkaian uji coba akan dilakukan secara bertahap hingga siap beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023.

Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dimulai hari iniDimulainya uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek, foto: KAI.id

Tahap pertama dimulai dari 12 Juli 2023 hingga 26 Juli 2023.

Pada tahap ini yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari kementerian/lembaga, wartawan/media dan masyarakat.

Selain itu, selama uji coba tahap kedua mulai 27 Juli 2023 hingga 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link registrasi yang disediakan operator LRT Jabodebek.

“Uji coba ini akan terus dilakukan untuk memastikan aspek keamanan dan kesiapan sistem operasi.

Mudah-mudahan nanti tanggal 27 Juli nanti kalau sudah melibatkan masyarakat umum, sistem operasinya sudah lebih matang dan pelayanannya semakin baik.”

ujar Menhub saat menghadiri uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur.

Pada kesempatan itu, Menhub menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti, Depok hingga Stasiun Dukuh Atas, Jakarta.

Menhub mengatakan, kehadiran layanan LRT Jabodebek telah banyak dinantikan oleh warga Jakarta dan kota-kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi dan sekitarnya karena membantu mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta ke kota penyangga dan sebaliknya.

“Saat ini sudah puluhan ribu orang yang mendaftar untuk mencoba LRT Jabodebek,”

kata Menteri Perhubungan

Selain itu, Menhub meminta dukungan dari pemerintah daerah untuk mengoptimalkan integrasi antar moda dengan moda lain seperti: Transjakarta, Angkot, KRL dan moda lainnya.

Integrasi antarmoda yang baik akan memudahkan masyarakat dalam menggunakan LRT Jabodebek dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Pada kesempatan yang sama, Dirut KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, uji coba ini akan digunakan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan yang perlu dilakukan sebelum dieksploitasi secara komersial lebih lanjut.

Ia mengungkapkan pada uji coba tahap pertama ini, akan ada 22 perjalanan KA per hari.

Sedangkan pada uji coba tahap kedua, akan ada 434 perjalanan KA per hari, dimana 6 perjalanan akan mengangkut penumpang terdaftar.

“Melalui uji coba ini, kami sekaligus melakukan kegiatan penyadaran dan edukasi penumpang, serta pengujian sistem ticketing, integrasi antar moda, aksesibilitas dan penataan parkir di area stasiun.”,

dia berkata.

Ia mengatakan nantinya LRT Jabodebek akan melakukan perjalanan hingga 560 perjalanan sehari pada hari kerja, dengan rata-rata waktu menunggu atau menunggu kedatangan kereta api 3 hingga 6 menit.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Senior PT Transjakarta Welfizon Yuza, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris, Perwakilan Kemenko Kemaritiman . dan Investasi, serta perwakilan Kementerian BUMN.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button