Bermas mendukung BUMDes Pengkol - WisataHits
Yogyakarta

Bermas mendukung BUMDes Pengkol

GUNUNG KIDULDesa Pengkol di Kecamatan Nglipar, Kegubernuran Gunungkidul memiliki potensi desa wisata yaitu di Gunung Ghent. Dengan banyaknya aset dan keunikannya, gunung Ghent ditetapkan menjadi desa wisata. Pengelolaan desa wisata tersebut ditangani oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Pengkol.

Pendirian BUMDes bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat menambah nilai ekonomi desa. Saat ini BUMDes di Desa Pengkol masih dalam kategori dasar sehingga masih membutuhkan dukungan dan bimbingan bagaimana memulai dan mengelola BUMDes.

Untuk meningkatkan potensi BUMDes di Kelurahan Pengkol, Biro Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (Bermas) Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pelatihan Badan Usaha Milik Desa atau Kantor Desa di Desa Pengkol, Kapanewon Nglipar, Kegubernuran Gunungkidul.

Acara yang digelar di kantor pemerintah desa Pengkol ini dihadiri hingga 30 orang. Turut hadir Staf Ahli DPRD DIY, Anisa Herdaningtyas; Gerakan Kantor Bermas Setda DIY, Murti Maharani; Lurah Pengkol, Agus Sunarjo, dan Praktisi Syncore, Azfa Mutiara Ahmad Pabulo, dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa Pengkol.

Murti Maharani menjelaskan fungsi Bermas, salah satunya untuk memberikan pembinaan dan pelatihan BUMDesa di DIY. Dengan pembinaan ini, wawasan, keterampilan ditambah dan pengetahuan ditingkatkan. “BUMDesa dari Desa Pengkol masih kategori basic. Mereka masih membutuhkan bantuan dan bimbingan,” katanya, Senin (12/12/2022).

Lurah Pengkol Agus Sunarjo mengatakan, BUMDes masih dalam tahap perintisan di wilayahnya. Pemerintah desa, kata Agus, akan mendukung BUMDes dengan anggaran Rp 50 juta tahun depan. “Jadi ini lokasi kita di Gunung Ghent yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat wisata yang menurut masyarakat setempat mengandung sejarah,” ujarnya.

Master trainer Bumdes.Id Azfa Pabulo mengatakan bahwa Desa Pengkol memiliki banyak potensi antara lain pertanian dan perkebunan. “Untuk meningkatkan BUMDes Pengkol, diperlukan kerja sama dan sinergi,” ujarnya. (ADV)

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button