Maknyussss…Mencicipi Durian di Kampung Durian Gempolan Desa Wisata Kerjo Karanganyar – Jawa Tengah Fokus - WisataHits
Jawa Tengah

Maknyussss…Mencicipi Durian di Kampung Durian Gempolan Desa Wisata Kerjo Karanganyar – Jawa Tengah Fokus

Maknyussss…Mencicipi Durian di Kampung Durian Gempolan Desa Wisata Kerjo Karanganyar – Jawa Tengah Fokus

FOKUS KARANGANYAR TENGAH– Musim durian telah dimulai. Petani durian sibuk memanen di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Yakni jenis durian ketan, durian sukun, durian unggul, bawor, montong dan yang paling fenomenal di sentra durian Karanganyar adalah jenis musangking yang terkenal dengan dagingnya yang tebal dan rasa manis hingga pahit yang khas.

Bang Madit, salah satu petani durian Gempolan mengatakan, saat ini panen raya durian sudah dimulai di Desa Durian Gempolan. “Saat ini durian di Dusun Gempolan banyak dan sudah mulai panen, namun untuk puncak panen durian sudah benar-benar masak sekitar 2 minggu,” ujarnya, Minggu 8 Januari 2023.

Maknyussss…Mencicipi Durian di Kampung Durian Gempolan Desa Wisata Kerjo Karanganyar – Jawa Tengah Fokus

Pengunjung menikmati durian di Desa Wisata Durian Gempolan Kerjo Karanganyar.

Menurutnya, ada 100 pohon buah durian di kebun Bang Madit tahun ini yang siap dipanen dan dikunjungi wisatawan. “Alhamdulillah, tahun ini ada 100 pohon durian di kebun saya yang siap dipanen dan dikunjungi wisatawan pak. Untuk reservasi dan informasi rute ke desa durian Gempolan, nomor wa saya 081386730530,” jelasnya.

Tak hanya itu, Madit juga mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Gempolan tidak perlu khawatir dengan harga durian karena harga durian sangat bersahabat. “Untuk Durian Gempolan harganya bervariasi mulai dari Rp 20.000, Rp 25.000, Rp 50.000 hingga Rp 100.000 dengan kualitas jumbo per buah,” jelasnya.

Warga Gempolan juga ingin menggelar festival durian, namun masih ada larangan. Menurut warga, buah durian Gempolan yang digelar akhir Januari hingga Februari ini merupakan puncak panen buah durian yang sudah masak.

“Saya ingin mengadakan Festival Durian di Desa Lawu Lereng Utara, dengan diadakannya festival bisa menambah pemasukan dan kunjungan wisatawan ke Gempolan,” ujarnya.

Terpisah, Asih Diharjo (48) dan Naryati (36), wisatawan asal Sangiran, Kalijambe, Sragen, saat ditemui wartawan di lokasi Kebun Durian, mengatakan, pertama kali datang ke Gempolan dan penasaran dengan buah Durian di Gantung dari Lawu.

“Saya datang ke sini bersama anak-anak saya, keponakan saya dan saudara perempuan saya. Saya dulu pernah mencicipi semua jenis durian di kebun Pak Madit, yang paling saya suka adalah durian Musang King dan durian ketan, buahnya tebal dan manis,” kata Asih.

Menurut Asih, durian di Desa Gempolan tepatnya di Desa Gempolan berbeda dengan durian dari daerah lain. “Rasanya benar-benar berbeda dan lebih kencang, dagingnya tebal dan keras, harganya sangat terjangkau, dan akses ke lokasi Kebun Durian mudah dengan sepeda motor atau mobil,” ujarnya. (pelacur)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button