Rekomendasi wisata gedung-gedung tua di Solo yang indah lho.... - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi wisata gedung-gedung tua di Solo yang indah lho…. – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Suasana Komplek Gedoeng Djoeang ’45, Jl. Walikota Sunaryo, Desa Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (20/9/2019). (Solopos- Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, Solo — Kota Solo yang kini berusia lebih dari 270 tahun memiliki banyak bangunan tua atau kuno yang bernilai sejarah tinggi. Beberapa bangunan tua kini telah direvitalisasi dan menjadi objek wisata.

Meski ada juga bangunan yang dibiarkan kosong dan terbengkalai sehingga memberikan kesan seram. Hal ini sangat disayangkan karena ketika direvitalisasi, bangunan tersebut bisa menjadi indah dan Instagrammable.

Promo hotel paling direkomendasikan dekat pantai di Jepara, Yes d’Season Premiere

Berdasarkan pengamatan Solopos.comBaru-baru ini ada sekitar tujuh bangunan tua di Solo dan sekitarnya yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu liburan sambil belajar sambil mengenal sejarah dan keindahan bangunan-bangunan tua tersebut.

Bagi mereka yang suka mengambil foto dan membagikannya di media sosial, ada baiknya juga mencari foto-foto indah untuk dibagikan di media sosial. Berikut ini adalah bangunan-bangunan tua yang kini telah menjadi bangunan indah yang bernilai sejarah:

1. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45 adalah kompleks bangunan era kolonial yang telah diubah menjadi karya seni dan taman. Wisata gedung tua ini berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi No. 113, Pasar Kliwon, Solo. Jam operasional mulai Minggu hingga Jumat pukul 11:00 WIB – 23:00 WIB. Khusus Sabtu buka 24 jam.

Baca Juga: Balekambang Taman Termewah di Asia Tenggara? Gibran: Leh Uga Sis

Tempat ini cukup strategis dan mudah dijangkau dengan es krim gelato di area gedung Djoeang 45. Banyak spot foto baik indoor maupun outdoor yang instagramable. Sejumlah pengunjung telah menuliskan pengalamannya dalam ulasan di laman Google gedung tua di kota Solo ini.

“Gedung tua di pusat kota Solo, sekarang dijadikan objek wisata. Untuk masuk ke sini Anda harus membeli gelato terlebih dahulu. Ada banyak spot foto di sini, baik indoor maupun outdoor. Tidak disarankan datang ke sini saat hujan karena area outdoor harus benar-benar basah,” tulis Rama Rendra Prayoga.

“Instragamable, lokasi strategis, dekat keraton, pasar Klewer, PGS,” tulis Bibi Wahyu Citra. Berkunjung ke tempat ini pada malam hari pun tak kalah indahnya. “Tempat yang bagus, instagramable, cukup romantis, semoga banyak tempat seperti ini di Solo,” komentar Qonita Naser.

2. Benteng Vastenburg

Tepat di sebelah utara Gedung Djoeang 45 terdapat Benteng Vastenburg.Benteng ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda dan merupakan objek wisata tua yang layak dikunjungi jika Anda sedang berwisata di Solo. Jam operasional 24 jam dengan free entry.

RS Lapangan Benteng Vastenburg Solo, Personil TNI AD Positif Pemeriksaan Gedung Lama Covid-19Pintu masuk Benteng Vastenburg Solo yang akan menjadi lokasi Rumah Sakit Lapangan Kodam Warastratama. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Baca Juga: Balekambang Disulap Jadi Taman Megah, TACB Solo: Prioritaskan Konsep Ruang Terbuka Hijau!

Tempat ini cukup instagramable dan fotogenik. “Tempatnya instagramable banget, cocok buat yang suka foto-foto,” tulis Bang Syad di review Google.

“Salah satu tempat bersejarah sekaligus referensi untuk mencari foto bagi wisatawan yang ingin instagramable,” komentar Fitria Diyah Ayu Pangerti di review Google.

3. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata lama ini merupakan ikon kota Solo, sebuah tonggak sejarah lahirnya kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan istana resmi penguasa Kerajaan Mataram yang sebelumnya berada di kawasan Kartasura.

Bangunan istana ini dibangun pada tahun 1740-an. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai bangunan tua sambil belajar tentang sejarah dan nilai-nilai budaya Jawa.

Baca Juga: Menikah Bak Bangsawan di Kereta Kencana Keraton Solo? Begini caranya

Bangunan bersejarah di Baluwarti, Pasar Kliwon ini buka pada hari Sabtu hingga Kamis dari pukul 09:00 WIB hingga 14:00 WIB. Tutup sementara hari Jumat. Tiket masuknya seharga Rp15.000 per orang.

Kecamatan Terpadat di Jawa Tengah, Keraton Raja Solo, kota terkecil di Indonesia, Keraton Kasunanan, Surakarta tutup, Kompleks Seniman Solo, Konferensi Pers Keraton Solo, PB XIII, Putra Mahkota Permaisuri, Gedung Solo Lawas .Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Solopos/Dok)

Museum Keraton juga cukup lengkap dan arsitektur yang indah membuat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menarik untuk dikunjungi. “Istana Bersejarah di Surakarta, Jawa Tengah. Gerbang utama sangat unik dan platform penglihatannya sangat antik. Cantik,” tulis Ikhsan Arrahman dalam ulasan di laman Google.

4. Ndalem Gondosuli

Wisatawan yang ingin mengunjungi bangunan kuno yang instagramable dan edukatif di Solo bisa menggunakan Ndalem Gondosuli sebagai referensi. Museum Batik yang dapat digunakan sebagai tempat pelatihan ini terletak di 125 Jl Gondosuli, Laweyan, Solo.

Museum yang bertempat di sebuah bangunan berusia 100 tahun ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Di Ndalem Gondosuli, pengunjung bisa berfoto karena tempatnya yang instagramable sambil belajar tentang tie-dye dan cara membuat tie-dye.

Baca Juga: 6 Ciri Pasar Kliwon, Kabupaten Terpadat di Solo dan Jawa Tengah

“Tempat yang bagus… Instagrammable… Kamu bisa menikmati makanan, kopi, gelato, dan selfie (!) semua di rumah tua yang indah,” tulis Suryo Prasetyo dalam ulasan di halaman Google.

“Interiornya cocok untuk selfie. Di sini pengunjung bisa belajar tie-dye dengan pilihan beberapa paket,” kata Kasiyanta Deka di halaman yang sama.

5. Pura Mangkunegaran Solo

Pura Mangkunegaran adalah istana tempat tinggal Adipati Mangkunagoro, dibangun pada tahun 1757. Saat ini, KGPAA Adipati Mangkunagoro yang bertahta adalah Mangkunagoro X.

Kompleks Wisata Peninggalan Bangunan Purbakala Pangeran Sambernyawa terletak di kawasan luas Keprabon, Banjarsari, Solo. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan bangunan tua tetapi juga berbagai atraksi seperti Sekolah Tari Mangkunegaran.

Baca Juga: Mangkunegaran Solo Luncurkan Roadshow Ke 3 Negara, Malaysia Destinasi Pertama

Jangan lewatkan kuliner khas seperti Apam yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Wisatawan dapat menikmati keindahan kompleks istana ini dari pukul 08:00 WIB – 15:00 WIB setiap hari kecuali hari Kamis hanya sampai pukul 14:30 WIB.

6. Istana Pusaka Solo

Tempat wisata lama ini tidak berada di kawasan Kota Solo. Lokasinya tidak terlalu jauh dan layak dikunjungi bagi Anda yang senang menjelajahi gedung-gedung tua.

wisata indah di solo travel dekat bandara adi soemarmo wisata sukoharjo buka gedung tuaPujawisata bersama Fave Hotel Solo berfoto bersama di The Heritage Palace (Solopos/Nugroho Meidinata).

Tempat wisata ini berada tepat di Jl Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT 002/RW 008, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Dulunya The Heritage Palace adalah pabrik gula yang dibangun pada tahun 1899.

Baca Juga: Balekambang Solo Dirombak Dan Jadi Taman Termewah Di Asia Tenggara

Bangunan tersebut kemudian direvitalisasi dan diubah menjadi tempat wisata yang menarik untuk wahana indoor dan outdoor. Di Heritage Palace Solo terdapat taman bermain, gedung pertemuan dan museum seni. Tempat ini buka setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 09:00 WIB – 16:00 WIB.

Pengunjung biasanya ramai sekitar pukul 12.00 WIB dan 13.00 WIB. Tiket masuk The Heritage Palace Solo seharga Rp 65.000/orang.

“Tempat dengan banyak spot foto yang Instagramable. Biaya masuk untuk semua area adalah Rp 65.000/orang. Ada spot foto 3D, mobil tua tapi tetap keren, jeep merah untuk dikendarai dan gedung-gedung tua yang epic,” tulis Andre Khrisna Adityo Priyono dalam ulasan di laman Google.

7. De Tjolomadoe

Tempat wisata kuno ini juga berada di luar kota Solo, tepatnya di Jl Adi Sucipto, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, tidak terlalu jauh dari kota Solo. De Tjolomadoe dulunya merupakan kompleks pabrik gula yang dialihfungsikan menjadi objek wisata.

Di dalamnya terdapat museum, gedung konser, gedung pertunjukan, restoran, serta toko retail yang menjual berbagai jenis kerajinan tangan dan suvenir. Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi di gedung tua setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tempat ini tidak hanya memiliki spot foto yang instagramable, tapi juga cukup modern meski memiliki nuansa antik.

Baca Juga: Ikut Pawai Obor, Sandiaga Uno: APG 2022 di Solo Tingkatkan Ekonomi

“Salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi. Ilmu baru, dapatkan. Foto-foto instagramable juga oke. Tempat lama terasa modern. Bangunan kokoh tidak lekang oleh waktu. Bersih nyaman dan sangat rapi. Ramah difabel. Ada ruang sholat. Tersedia tempat untuk souvenir. Ada juga tiga kafe. Lelah mengambil foto setelah bermain, saya bisa duduk dan minum kopi. Tempat ini bisa dibilang lengkap untuk liburan keluarga. Ramah anak juga. Lokasi yang terjangkau. Recommended,” komentar El Nurlia di laman Google.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button