Disparpora Batang mempersembahkan 20 karya foto esai terbaik - WisataHits
Jawa Tengah

Disparpora Batang mempersembahkan 20 karya foto esai terbaik

Selasa, 18 Oktober 2022 | 10:33 WIB

| penulis:

Buku Catatan: Kuznadi

Stamm, InfoPublik – Kabupaten Batang memiliki potensi destinasi wisata, ekonomi kreatif dan kearifan lokal yang luar biasa.

Untuk merevitalisasi dan menampilkan potensi yang ada di Kabupaten Batang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar lomba foto esai bertema Discover Batang terkait pariwisata, industri kreatif dan kearifan lokal.

Dari 87 karya, terpilih 20 foto terbaik untuk dipamerkan di Galeri Batik Rifa’iyah, Desa Kalipucang, Kabupaten Batang.

Kepala Disparpora Batang Yarsono mengatakan, “Ada 17 subsektor yang kami mampu.” Alhamdulillah kali ini kami mengadakan lomba foto yang terbuka untuk umum untuk menggali potensi yang terjadi di Kabupaten Batang hadir.

“Saat pertama kali digelar, antusiasmenya cukup luar biasa, bahkan lebih dari 80 pengirim yang ikut,” ujarnya saat mengumumkan, Senin (17/10/2022).

Dalam rangka mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Batang, pihaknya bekerja sama baik secara internal maupun eksternal.

“Kita kerja sama misalnya dari internal marketing departemen ada industri kreatif, pariwisata dan olahraga untuk gencar melakukan promosi, kemudian secara eksternal misalnya beberapa waktu lalu kita undang IPI untuk jelajahi Batang,” ujarnya. dijelaskan.

Jurinya adalah Rifani dari Komite Industri Kreatif, konsultan media Shohirin, mantan jurnalis Tempo, dan Deta Widyananda, pendiri Tripvologue, seorang fotografer profesional.

Sedangkan juri menilai dari foto-foto yang dikirimkan masyarakat, Rifani dan Shohirin menilai potensi yang ada di Kabupaten Batang cukup banyak dan beragam. Namun dalam lomba foto esai masih ada peserta yang kurang paham.

“Ini edukasi bersama karena masih ada yang belum paham seperti apa foto esai itu. Saat dipamerkan, mereka bisa melihat contoh esai foto dari karya-karya terbaik ini,” jelasnya.

Shohirin menambahkan, kegiatan ini merupakan awal yang baik bagi para fotografer untuk menggali potensi cerita yang dikemas dalam sebuah gambar atau foto.

Pesisir utara Jawa Tengah merupakan hal baru di Kabupaten Batang, yang menawarkan tempat bagi para fotografer untuk mengeluarkan potensi mereka.

“Beberapa peserta tidak melakukan penelitian yang cukup, tetapi itu bagus dan langkah awal yang baik, jika kita memahami bersama dengan fotografer, kita dapat menindaklanjuti sebuah cerita,” katanya. (MC Batang, Jawa Tengah/Roza/Jumadi)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button